Review Infinix Hot 12 : Hape Gaming 2 Jutaan, Performanya “Hot” Banget!!

GadgetSquad.ID – Hape gaming sepertinya semakin sexy untuk terus dikembangkan para vendor. Menariknya lagi, pilihan hape gaming itu terbilang bervariasi, mulai dari level menengah hingga kelas premium. Infinix menjadi salah satu vendor di Tanah Air yang terbilang konsisten, menghadirkan hape baru dengan kemampuan gaming mumpuni.

Bukti paling sahih, adalah seri Infinix Hot 12 yang sudah mendarat mulus ke meja redaksi GadgetSquad. Aura hape gaming, sudah kentara dari kotak penjualan Infinix Hot 12. Kotak penjualan hape baru ini nampak ikonik dengan hadirnya logo, sekaligus karakter dalam gim Arena Of Valor (AOV).

Hal tersebut tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi Infinix Hot 12. Se-“Hot” apa Infinix Hot 12 memanjakan kamu dengan kemampuan gamingnya? Apakah hanya gaming yang jadi daya pikat utama Infinix Hot 12? Yuk, kita panas-panasan mengeksplor Infinix Hot 12.

Desain
Soal tampilan, mengusung konsep “Durable Flat-Edge”, desain bodi hape ini dibuat mengotak dengan sudut sedikit oval. Rancangan bangun hape ini sedikit ada bongsor, namun terbilang masih cukup nyaman saat digenggam. Bobotnya juga terbilang ringan, sehingga kamu bisa betah menggeber hape ini dalam waktu lama saat nge-gim.

Sisi elegan tampilan hape ini, semakin kentara saat mengeksplor bagian belakang. Bodi belakangnya dibuat rata berlapis material glossy mirip kaca. Menariknya, material glossy tersebut, tak membuat hape ini licin saat digenggam. Hanya saja, bodi belakang Infinix Hot 12 jadi lebih mudah terlihat kusam oleh jejak sidik jari.

Masih di area belakang, tertanam serangkaian lensa kamera yang tersusun apik dalam area berbentuk persegi. Tampilan “hot” bodi belakang hape ini, dipermanis dengan sentuhan logo Infinix. Mengeksplor area sisi Infinix Hot 12, terdapat tombol power, pengatur volume, hingga corong speaker.

Masih di area sisi terdapat slot sim card, port charger type-c, serta jack audio 3,5 mm yang membuat kamu lebih leluasa menancapkan headset kesayang untuk keperluan gaming. Secara keseluruhan, sisi desain serta tampilan Infinix Hot 12, sudah sangat memuaskan.

Layar
Bergerak ke sektor layar. Sebagai hape yang diplot punya kemampuan gaming aduhai, sudah sepatutnya harus memiliki layar dengan kualitas mumpuni. Nah, jika kamu memang suka nge-game, Infinix Hot 12 siap memanjakan dengan layar berkonsep punch hole berukuran 6,82 inci.

Layar tersebut, memiliki resolusi 1640×720 pixel dengan refresh rate menyentuh level 90Hz. Dari komposisi yang ditawarkan, menurut GadgetSquad, layar tersebut sudah cukup untuk bersaing dengan hape gaming di kelasnya. Sebagai catatan, Infinix Hot 12 mencoba bertarung di kelas menengah.

Bagaimana saat diuji? Saat coba dieksplor, layar hape ini mampu menghadirkan sajian yang memanjakan mata. Gambar terbilang jernih dengan komposisi warna yang terbilang natural. Alhasil mata, tidak cepat lelah jika harus menatap layar hape ini dalam waktu lama.

Performa
Ditasbihkan sebagai hape gaming, tentu kamu nggak ingin dong saat asik menuntaskan misi, tiba-tiba hape yang digunakan suka nge-lag, serta gampang panas. Agar kamu yang memutuskan membeli Infinix Hot 12 tidak mengalami situasi tersebut, pihak vendor membekali dapur pacu hape ini dengan amunisi yang cukup menjanjikan.

Yup, untuk hape gaming kelas menengah komposisi dapur pacu hape ini memang terbilang menjanjikan. Hal ini bisa terlihat dari chipset yang digunakan. Infinix Hot 12 diotaki chipset MediaTek Helio G85. Varian MediaTek Helio G85 sendiri, diklaim sebagai salah satu chipset gaming terbaik di kelasnya.

Chipset MediaTek Helio G85 yang tertanam di bodi Infinix Hot 12, memiliki dua inti Cortex-A75 yang mencapai 2.0GHz high frequency, dimana menawarkan performa gaming yang cepat untuk para hardcore gamer. Agar performa Infinix Hot 12 semakin mulus dan stabil saat digeber nge-gim, dapur pacunya mendapat sokongan RAM 6GB.

Tak berhenti disitu, hape ini juga sudah dilengkapi fitur Extended RAM. Saat fitur tersebut aktif, hape ini akan memdapat tambahan RAM 5GB. Artinya secara keseluruh, RAM di Infinix Hot 12 bisa di push hingga 11GB. Masih soal dapur pacu, untuk kapasitas memori sudah disokong internal 128GB. lengkap dengan slot eksternal microSD.

“Jeroannya” sih sudah mumpuni, bagaimana dengan kualitasnya? Ok, saat GadgetSquad menguji kemampuan gaming Hot 12 dengan berpetualang di gim (AOV), performanya tidak mengecewakan. Aktivitas nge-gim, berjalan mulus dengan tampilan grafis yang memanjakan mata.

Secara umum kualitas gaming jagoan Infinix ini, tidak kalah dengan kompetitor di kelasnya. Bisa dikatakan, komposisi dapur pacu yang ditawarkan Infinix Hot 12, berbanding lurus dengan performanya.

Kamera
Nggak mau kalah dengan hape lain di kelasnya, walau hape gaming Infinix 12 Hot juga dibekali fitur lain yang tidak kalah berkelas. Salah satu fitur tersebut, tentu saja menu kamera. Infinix Hot 12 mencoba memuaskan hasrat para gamers yang suka fotografi dengan teknologi kamera kekinian.

Komposisi kameranya, di area belakang terdapat lensa utama 13MP yang ditemani optik 2MP, plus lampu flash. Sementara untuk keperluan swafoto, Infinix Hot 12 mempercayakannya kepada, kamera depan 8MP. Hal lain yang perlu dicatat, fitur kamera di hape ini sudah mendukung teknologi AI.

Hadirnya teknologi AI, digadang bisa menghasilkan foto yang lebih maksimal dalam berbagai situasi. Agar hasil foto semakin kece dan lebih bervariasi, kamera Hot 12 sudah memiliki fitur pendukung yang lengkap. Soal hasil, saat diuji dalam kondisi cahaya normal, kamera hape ini mampu mengabadikan foto dengan kualitas memuaskan.

Bahkan hasil bidikannya nggak kalah keren, dengan hape level premium. Ketika kamera Infinix Hot 12 diuji berburu foto dalam kondisi minim cahaya, hasil bidikannya terbilang standar. Beruntung, kamera hape ini sudah dilengkapi “moda malam”, alhasil kamu masih tetap berkreasi menghasilkan foto kece dalam kondisi minim cahaya.

Hasil foto Infinix Hot 12

Daya tarik lainnya
Hape ini memang belum mengadopsi teknologi 5G, akan tetapi hal tersebut tidak berpergaruh banyak dengan kemampuan Infinix Hot 12 secara keseluruhan. Absennya 5G bisa ditutupi dengan fitur lain yang tidak kalah menarik. Salah satu yang perlu dicatat, hape ini sudah bekerja dengan platfrom Android 12.

Daya tarik lainnya, saat kamu nge-gim atau memanfaatkan hape ini untuk sarana hiburan berbasis multimedia, seperti menonton streaming dan sejenisnya. Indera pendengaran akan dimanja dengan kualitas audio berkelas, lantaran sudah dibekal teknologi “Cinematic Dual Speaker with DTS”.

Hal spesial lagi yang ditawarkan hape ini, dalam paket penjualan Infinix Hot 12 sudah termasuk Starter Pack (SP) khusus gaming dari Smartfren. SP Gaming merupakan produk terbaru dari Smartfen yang ditujukan untuk para pengguna yang banyak menghabiskan waktunya dengan aktivitas gaming.

Baterai
Aneka gim mobile dikenal memiliki daya konsumsi baterai yang besar. Agar Infinix Hot 12 tidak menjadi, sahabat colokan listrik saat asik nge-gim. Pihak vendor mengatasinya dengan menyematkan baterai 5000 mAh ke dalam bodi Infinix Hot 12

Ukuran baterai 5000 mAh, sejatinya sudah terbilang umum tersemat ke dalam hape masa kini. Tapi bagi GadgetSquad, kapasitas baterai 5000 mAh sudah lebih dari cukup, dalam mengawal aktivitas gaming kamu.

Apalagi, kamu gak perlu waktu lama untuk mengisi kembali energi di hape ini. Infinix Hot 12 sudah dibekali pengisian cepat 18W, yang akan meningkatkan waktu charging. Hal ini tentunya akan berguna bagi pengguna yang memiliki mobilitas tinggi.

Kesimpulan
Dari hasil pengujian, harus diakui Infinix Hot 12 bakal menambah “hot” pertarungan hape gaming khususnya di kelas menengah. Pasalnya hape ini memiliki amunisi berkelas, yang membuatnya bisa menjadi salah satu hape gaming paling “panas” di kelasnya.

Bayangkan saja hanya modal 2 jutaan saja, kamu bisa merasakan teknologi berkelas mulai dari layar lebar yang tajam, dapur pacu bertenaga, desain yang fungsional dan masih banyak lagi. Selama diuji, semua teknologi itu bekerja baik, membuat pengalaman gaming di Infinix Hot 12 jadi lebih menyenangkan.

So! buat kamu yang sedang cari hape gaming ramah di kantong dengan performa menjanjikan, gak ada salahnya menjadikan Infinix Hot 12, sebagai salah satu target utama!!