GadgetSquad.ID – Keputusan Infinix untuk konsisten menggoda konsumen di Tanah Air dengan deretan hape andalannya, terutama yang datang dari kelas menengah, mulai membuahkan hasil. Merujuk data firma riset Canalys, Transsion yang merupakan induk dari Infinix, berhasil masuk dalam 5 besar pabrikan ponsel di Indonesia untuk kuartal II-2022. Infinix sendiri ada diurutan ke 5.

Data di atas seakan jadi cambuk bagi Infinix untuk kembali menghadirkan deretan hape kece di Indonesia. Terbaru Infinix resmi merilis Zero Ultra dan Zero 20 di Indonesia. Dalam peluncurannya, pihak Infinix mengklaim, seri Zero selalu mendorong batas-batas inovasi dan memberikan kinerja yang efisien dan pengalaman premium.

Nah kali ini Infinix Zero 20 sudah mendarati ke meja redaksi GadgetSquad. Mampukah Infinix Zero 20 menggoda dengan berbagai inovasi kece dan deretan fitur unggulan yang dimilikinya? Ok, review berikut akan coba menjawab semua rasa penasaran kamu, akan kualitas yang dimiliki Infinix Zero 20.

Desain
Hadir dengan desain bodi kotak dengan sudut-sudut yang di buat oval, tampilan fisik Infinix Zero 20 sepintas mirip, hape dari pabrikan berlogo buah. Tapi bagi GadgetSquad itu tidak masalah, karena sesama pabrikan hape biasanya saling menginspirasi satu sama lain. Pada proses bodi kotak Infinix Zero 20 tetap punya identitas sendiri yang membuatnya, terlihat begitu menggoda.

Racang bangun Infinix Zero 20menurut GadgetSquad terbilang proporsional. Bodi hape ini nyaman digenggam satu tangan, serta gak menggangu mobilitas ketika diselipkan dalam saku celana. Buat kamu yang pernah punya pengalaman hape jatuh kemudian rusak, lantaran terlepas dari genggaman. Resiko diatasi Infinix dengan memberikan bodi belakang Zero 20, material berbahan matte.

Material matte juga membuat body Infinix Zero 20, nggak gampang terlihat kotor oleh jejak sidik jari. Masih di area belakang, bodi matte Zero 20 semakin menarik dengan tata letak kamera berkonsep double-loop yang begitu kekinian. Sentuhan logo Zero di sudut bagian bawah, menambah menarik tampilan hape baru ini.

Dari hasil eksplorasi, hape ini punya bodi yang cukup tebal, namun masih dalam batas wajar, tidak sedikit pun mengurangi penampilan kece Zero 20. Secara keseluruhan Infinix Zero 20 punya total dimensi 164.43×76.66×7.98mm dengan berat 196 gram. Bagian sisinya sendiri, di kelilingi frame berlapis metal yang menambah kesan mewah.

Masih di wilayah yang sama, kamu akan menjumpai aneka tombol, slot sim, port charger serta jack audio 3,5mm. Infinix Zero 20 hadir dengan tiga pilihan warna yang terdiri dari Glitter Gold, Green Fantasy, dan Space Grey. Dalam pengujian kali ini, tim GadgetSquad mengulik Infinix Space Grey, tampilannya terbilang elegan dan macho.

Layar
Saatnya bermain-main mengeksplor Infinix Zero 20 di sektor layar. Pesona Zero 20 di sisi desain, coba diteruskan pihak pabrikan lewat layar berukuran 6,7 inci. Dari segi ukuran, layar tersebut menurut Gadget Squad sudah terbilang luas dan lebih dari cukup, untuk menopang aktivitas konsumen.

Konsep layarnya sudah kekinian dengan frame terbilang tipis, sehingga bidang pandang terasa luas. Layar yang luas menambah rasa nyaman, saat mata ini harus menatap layar hape dalam waktu luas. Saat di eksplor lebih jauh, semua gambar yang tersaji di layar Zero 20 nampak begitu nyata. Tone warna juga tidak berlebihan, hal ini tak lepas dari tipe layar yang digunakan Zero 20.

Yup, dari data yang didapat, layar Infinix Zero 20 ternyata sudah menggunakan panel AMOLED dengan resolusi AMOLED FHD+. Ketika digeber main gim, respon layar cukup ok, lantaran sudah memiliki refresh rate 90Hz. Menurut GadgetSquad, untuk bersaing di levelnya amunisi Zero 20 di area layar terbilang menjanjikan.

Performa
Berhubung bukan “ja’maah Antutu riah”, rasanya salah satu cara paling tepat menguji performa Zero 20 yakni dengan digeber nge-gim online. Apakah manuver Zero 20 memuaskan, saat digeber nge-gim? GadgetSquad menguji performa hape ini dengan bermain beberapa gim populer, salah duanya PUGB mobile dan FIFA 2022.

Hasil pengujian performa dengan bertempur di area PUGB, serta beradu kelihaian jemari di FIFA 2023, terbilang memuaskan. GadgetSquad tidak merasakan lag, tampilan grafis juga memanjakan mata. Buat kamu yang mungkin bukan gamer pro, performa hape ini bisa andalkan buat diajak nge-gim. Yang perlu dicatat, semua permainan tersebut menggunakan setingan normal.

Selain nge-gim, performa hape ini juga dites dengan menjalankan beberapa aplikasi dalam waktu bersamaan atau multitasking. Hasilnya gak mengecewakan. Performa apik hape ini dalam mengawal GadgetSquad, tak lepas amunisi yang diusung di sektor hardware. Menilik dapur pacunya, hape ini dikomandoi chipset Mediatek MTK Helio G99 Octa-Core 2,2 GHz.

Aktivitas gaming yang lancar jaya, tak lepas dari hadirnya fitur MediaTek HyperEngine 2.0 Lite, yang dapat mengoptimalkan performa dan jaringan ketika game sedang berjalan. Infinix telah membenamkan RAM 8GB pada perangkat ini. Terdapat juga fitur Extended RAM yang menyediakan RAM Virtual 5GB, sehingga Infinix Zero 20 memiliki RAM dengan kapasitas total 13 GB.

Ruang penyimpanan yang dimiliki Zero 20 terbilang lega, kapasitas internal memorinya mencapai 256 GB. Apabila kapasitas internal memori dirasa kurang, kamu dapat menambahkan microSD pada slot yang disediakan.

Kamera
“Dengan segala keunggulannya, kami berharap Infinix Zero Ultra dan Zero 20 dapat memenuhi kebutuhan kehidupan digital para konten kreator atau pengguna yang selalu Multitasking,” ucap Sergio Ticoalu selaku Regional Marketing Manager South East Asia Infinix Mobility. Merujuk pernyataan tersebut, bisa dikatakan kamera menjadi salah satu daya jual Infinix Zero 20.

Jika dilhat dari desain tata letak kamera belakang berkonsep double-loop yang kekinian dan ikonik, keputusan tersebut memang menambah daya tarik tampilan Zero 20. Tapi apakah berbanding lurus dengan hasil bidikan kamera, yang tertanam di bodi Zero 20? Sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya kamu mengetahui komposisi kamera Zero 20.

Infinix Zero 20 punya tiga kamera di bodi belakang dengan komposisi lensa utama 108MP, optik 13MP, dan kamera 2MP. Komposisi kamera depan Infinix Zero 20 juga cukup menawan, dimana kamu bisa berswa foto dengan lensa selfie 60MP OIS. Dalam mengawal sektor fotografi, GadgetSquad menilai amunisi Zero 20 terbilang mewah untuk bertarung di kelasnya.

Setelah melakuan eksplorasi, menurut GadgetSquad kamera Zero 20 mampu menghasil foto yang memanjakan mata. Singkat cerita, kompetitor lain layak waspada dengan kualitas foto Zero 20. Namun perlu dicatat, kemampuan Zero 20 menghasilkan foto apik, juga bergantung skill dan kreativitas kamu dalam mengabadikan gambar, seperti pepatah “man behind the camera”

Hasil foto :

Fitur lainnya
Zero 20 hadir dengan tampilan antar muka bawaan Infinix, XOS 12 berbasis Android 12. Layaknya user interface bawaan pada umumnya, XOS 12 memoles kinerja Zero 20 dengan berbagai menu unik khas Infinix. Salah satunya XOS 12 memberikan desain UI yang sederhana dan mudah dinavigasikan. Tak ketinggalan, Infinix Zero 20 juga sudah melengkapi dirinya dengan Fitur NFC.

Menu menarik lainnya yakni teknologi Erdal Engine, fitur ini dapat membuat koneksi internet menggunakan WiFi atau seluler menjadi lebih optimal. Zero 20 sudah dilengkapi VC Liquid-Cooled dengan area Vapor Chamber luas dan 11 lapisan material penyerap panas. Fitur tersebut membuat suhu Zero 20 tetap adem dengan kinerja stabil, saat digeber menjalankan aplikasi atau game dalam waktu yang lama.

Baterai
Daya tahan baterai menjadi salah satu poin vital bagi sebuah hape. Dalam menopang daya tahannya, Infinix Zdero 20 mempercayakannya kepada baterai berkapasitas 4500 mAh. Buat kamu yang aktif, apalagi doyan memaksimalkan hape sebagai sarana hiburan, baterai berkapasitas 4500 terbilang kecil.

Akan tetapi saat diuji dengan pemakaian normal, mulai dari nge-gim, menopang aktivitas kerja hingga streaming film maupun musik, cukup 1 kali pengisian Infinix Zero 20 tetap bisa aktif seharian. Hal lain yang perlu kamu ketahui, baterai Zero 20 mendukung fitur 45W Super Charge yang diklaim mampu mengisi daya baterai hingga 75% dalam waktu 30 menit saja.

Kesimpulan
Terlepas dari desainnya yang sepintas mirip hape tetangga, Infinix Zero 20 sejatinya punya fitur mewah, seperti kamera utama 108MP, lensa depan 60MP IOS, fitur HyperEngine 2.0 Lite dan masih banyak lagi.

Tak sekedar mewah, semua fitur itu punya kualitas mumpuni saat diuji. Contoh HyperEngine 2.0 Lite, membuat hape ini bisa mengoptimalkan performa dan jaringan saat digeber main gim. Hasil bidikan kameranya juga sangat memanjakan mata.

Merujuk amunisi serta kualitas fitur yang mumpuni selama pengujian, menurut GadgetSquad sebagai pendatang baru di kelas menengah yang bertarung di rentang 3 jutaan, Infinix Zero 20 layak menjadi salah satu “kuda hitam”.