Biasanya fitur-fitur khusus gaming cuma hadir di smartphone yang memang didesain untuk gaming. Tapi sekarang, fitur tersebut hadir di smartphone kelas menengah yang harganya lebih terjangkau dari smartphone gaming. Salah satunya adalah OPPO A16 yang datang dengan berbagai fitur dan spesifikasi yang sangat mumpuni.

Perangkat yang berada di kelas menengah ini hadir dengan menawarkan paket yang mampu memenuhi hampir semua kebutuhan konsumen. Pada kesempatan kali ini, kami menguji OPPO A16 dengan varian RAM 4GB dan kapasitas penyimpanan 64GB untuk bermain game. Lantas bagaimana dengan performa yang dihasilkan ? simak ulasanya berikut ini.

Layar Luas

Layar OPPO A16 ukurannya cukup lega di 6,52 inci dengan desain waterdrop notch dan memiliki resolusi HD+. Bagi pengguna yang senang memandang layar lebih lama, seperti menonton film streaming favorit atau bermain gim, perangkat ini didukung dengan fitur AI Eye Care yang bisa mereduksi rasa lelah dan iritasi.

Performa Ngebut Main Game

Untuk mendukung performanya, OPPO A16 dibekali dengan prosesor Helio G35. Chipset tersebut menawarkan sejumlah keunggulan jika dibandingkan dengan chipset lain di kelasnya. Helio G35 menggunakan CPU Arm Cortex-A53 berkecepatan 2,3GHz dengan fabrikasi 12nm yang punya delapan core. Soal pengolahan grafis, perangkat ini mengandalkan pengolah grafis PowerVR GE8320 dengan kecepatan 680MHz. Chipset tersebut diklaim memiliki efisiensi daya optimal berkat proses produksi FinFet 12nm.

Gaming Tes

Untuk menguji performa nya, ada dua gim yang saya coba mainkan yaitu, PUBG Mobile dan Mobile Legend. Kedua gim ini cukup populer dan memerlukan spesifikasi yang mumpuni agar dapat berjalan dengan optimal.

Ketika bermain Mobile Legends, OPPO A16 bisa menjalankan game ini dengan grafis tinggi yang masih relatif lancar. Sedangkan untuk game COD Mobile, perangkat ini bisa berjalan dengan settingan grafis bawaan dan opsi frame rate High.

Agar game semakin lancar di mainkan, tak lupa OPPO turut membenamkan teknologi System Booster yang bisa mengurangi lag hingga 18%. Selama memainkan kedua game ini selama 1 jam lamanya, suhu dari perangkat ini menurut kamu terbilang stabil.

Selain itu, agar bermain gim semakin nyaman OPPO A16 dilengkapi dengan sederet fitur untuk mendukung optimasi daya yang lebih baik melalui fitur Game Space.

Game Focus Mode

fitur ini memungkinkan untuk memblokir atau menonaktifkan semua gangguan termasuk notifikasi chat atau telepon masuk saat bermain gim.

Performance Mode

Selain didukung dengan prosesor yang mumpuni, untuk meningkatkan performa nya terdapat tiga opsi yang bisa dipilih yakni Competition Mode, Balanced Mode, dan Low Power Mode. Pada Competition Mode membuat seluruh resource memori hp untuk performa gaming yang lebih maksimal.

Bullet Screen Message

Notifikasi dari instant messaging akan tampil di layar sebagai overlay di dalam gim. Hal ini memungkinkan pengguna bisa melihat isi pesan tanpa harus keluar dari permainan.

Quick Start Up

Pada fitur mampu mengidentifikasi gim favorit yang paling sering dimainkan dan membuatnya tetap aktif pada latar belakang. Alhasil jika pengguna ingin kembali memainkan gim itu, secara otomatis perangkat akan membuat jalan pintas untuk langsung berada pada halaman beranda gim dalam satu kali klik. Dengan demikian hal Ini diklaim bisa menghemat waktu saat ingin bermain gim.

Walaupun berada di ponsel kelas menengah, tapi OPPO A16 bisa memaksimalkan performanya untuk digunakan bermain game kekinian dan memberikan kenyamanan lewat berbagai fitur yang dibawanya.