Review realme Pad mini : Mini, Stlysh, Performa Bertaji!!

GadgetSquad.ID – realme terus menunjukkan “tajinya” di pasar gadget Tanah Air. Tak sekedar meramaikan pasar, menurut pengamatan GadgetSquad aneka gadget racikan realme, juga mendapat respon positif dari konsumen di Tanah Air. Bahkan kabar terbaru, pabrikan asal Cina itu mengklaim ada 15 juta konsumen di Indonesia, sudah menikmati kecanggihan gadget racikan realme.

Pencapaian tersebut tentu jadi pertanda baik bagi bisnis realme. Apalagi realme memiliki misi menjadi brand gadget nomor 1 di Indonesia. Nah, untuk merayakan keberhasilan itu, realme sudah mempersiapkan sederet amunisi berkualitas. Satu di antaranya sudah mendarat di meja redaksi GadgetSquad. Kenalin sob, ini dia realme Pad Mini.

realme Pad Mini, digadang bakal memberi warna baru dalam pertarung tablet di Indonesia. Sesuai namanya tablet andalan realme itu, punya bodi yang ringkas. Tapi bisa GadgetSquad pastikan, tak hanya fisik yang jadi daya pikat realme Pad Mini. Jadi apalagi keunggulan realme Pad mini? Kuy pantengin ulasannya berikut ini.

Desain
Kali pertama memandang realme Pad mini, GadgetSquad sudah bisa merasakan jika rancang bangun memang menjadi salah satu “kunci”, tablet ini dalam menarik hati konsumen. Konsep desainnya memang klasik tablet, hanya saja ukurannya sangat handy, sehingga ringkas dibawa kemana saja.

Tak sekedar mini, tablet ini juga punya bodi yang slim dan ringan. Dimana ketebalannya hanya 7,6 milimeter dan bobot hanya 372 gram. Merujuk komposisi tersebut, tak heran tim GadgetSquad, nyaman menggengam tablet ini dengan satu tangan dalam waktu lama.

Bodi belakangnya sendiri dibuat simple, namun tetap terlihat elegan dan berkelas. Membuat level penampilan mereka yang menggengam tablet ini, dalam berbagai aktivitas bertambah stlysh dan kekinian.

realme Pad mini sendiri, menggunakan material body Aluminum Alloy yang dirancang menggunakan teknologi tinggi termasuk CNC diamond cutting, anodisasi, sandblasting presisi, dan banyak lagi.

Semua proses itu menghasilkan bodi realme Pad mini yang terlihat premium. realme Pad mini hadir dalam dua pilihan warna Abu-abu dan Biru seperti yang GadgetSquad uji.

Layar
Masih terkait dengan sisi eksterior, kini giliran layar yang GadgetSquad eksplor. Bodi mini tablet andalan realme ini, tetap bisa menghadirkan layar luas, bergaris tengah 8,7 inci dengan teknologi WXGA+ (Wide Extended Graphics Array) Fullscreen.

Display tersebut dipadukan desain nano-edge dengan screen to ratio 84,59%, alhasil saat diuji mampu memanjakan mata dengan sudut pandang yang luas. Saat diuji lebih dalam, layar tersebut mampu menyuguhkan gambar yang tajam dan detail. Hal ini tak lepas dari tingkat resolusi layar, yang menyentuh level 1340×800 piksel.

Saat menatap lama layar realme Pad mini dalam berbagai aktivitas, ternyata mata ini tidak cepat lelah. Kondisi tersebut, lantaran realme Pad mini sudah dibekali amunisi fitur perlindungan mata.

Fitur perlindungan tersebut seperti “Sunlight Mode” akan mengatur kecerahan maksimum layar sehingga kamu dapat melihat konten dengan jelas saat berada di luar ruangan.

Tersedia juga Dark Mode (Mode Gelap), fitur ini membuat mata tidak silau ketika menatap layar di kondisi minim cahaya seperti di malam hari. Selain itu, Mode Malam juga menyesuaikan kecerahan layar minimal 2 nits yang mampu mengurangi kelelahan mata Anda saat lampu padam.

Terdapat pula Reading Mode memungkinkan pengguna untuk membolak-balik buku kertas dengan mensimulasikan tekstur halaman buku dengan jarak sedekat mungkin. Secara umum amunisi di sektor layar, terbilang sudah mumpuni untuk bertarung di levelnya.

Performa
Bodi boleh mini, tapi apakah performanya jadi ikutan terpangkas? realme Pad mini mengusung slogan “Mighty in mini”, bisa diartikan walau punya bodi kecil performanya tetap powerful, seperti tablet lain yang berukuran bongsor. Dari sini bisa dilihat pihak vendor, begitu pede dengan kualitas realme Pad Mini.

Merujuk spek dapur pacu yang tertanam di tablet mini ini, menurut GadgetSquad komposisinya terbilang menjanjikan. Untuk menghadirkan performa powerful, dapur pacu realme Pad mini dibenamkan prosesor Unisoc T616 octa-core dengan clock speed hingga 2.0GHz. Ditambah dengan GPU Mali G51 yang mencapai clock speed hingga 750MHz.

Berkat kombinasi tersebut, realme Pad mini menyuguhkan kualitas visual lebih tajam dan detail serta frame rate yang lebih stabil untuk bermain game berat sekalipun. Soal performa, realme Pad mini mampu memberikan performa optimal dengan raihan skor benchmark tertinggi di AnTuTu mencapai 204.454. Skor tersebut merupakan skor tertinggi di kelas tablet.

Agar kinerja semakin stabil, realme Pad mini mendapat asupan memori cukup bertenaga. realme Pad mini yang dipasarkan di Indonesia tersedia dalam dua tipe, yakni versi WiFi only dan pilihan koneksi LTE.

Nah untuk koneksi WiFi only, ada pilihan RAM 3GB/32GB dan RAM 4GB/64GB. Sedangkan tipe koneksi LTE tersedia pilihan RAM 3GB/32GB dan RAM 4GB/64GB. Hal lain yang perlu dicatat, setiap tipe sudah memiliki slot eksternal memori, up to 1T.

Kamera
Kebanyakan perangkat tablet, tidak terlalu memperhatikan sektor imaging, hanya sekedar ada dengan kualitas standar. Bagaimana dengan kamera realme Pad Mini? Walau bukan menjadi menu utama, amunisi fitur kamera di realme Pad mini terbilang lengkap.

Sebagai media mengabadikan momen, realme Pad mini sudah kamera belakang 8MP AI HD. Untuk keperluan swafoto tertanam kamera depan 5MP beresolusi HD. Saat diuji baik kamera belakang maupun depan, kualitas foto yang dihasil nampak jernih dan nyata.

Ketika digunakan untuk belajar online, mengikuti konferensi video dan kegiatan lainnya, kualitas gambarnya memuaskan. Apa yang ditawarkan tablet ini di sektor kamera, terbilang sudah memadai. Soal kualitas, tidak kalah saat bersaing dengan tablet di kelas yang sama.

Hasil foto realme Pad mini :

Menu andalan lainnya
realme Pad mini menggunakan platfrom Android 11, serta hadir dengan UI realme baru yang dirancang khusus untuk Pad. Tampilan UI di tablet ini, sangat user frendly, begitu responsif, serta dibekali aneka menu bawaan yang fungsional.

Menu keren lainnya, yakni fitur Multi-Window Mode, dimana kamu dapat membuat dua aplikasi berjalan secara bersamaan. Jadi, kamu dapat melakukan banyak tugas dengan mudah, browsing internet dan mengobrol dengan teman pada saat yang bersamaan.

Untuk mendukung perkembangan anak yang sehat, realme telah mengintegrasikan Google Kids Space langsung ke dalam sistem, menyediakan serangkaian aplikasi, video, dan buku yang cocok untuk anak-anak pada realme Pad Mini.

Ada juga fitur Nearby Share, Cast Screen dan masih banyak lagi. Serunya lagi, saat digunakan untuk streaming musik, video hingga game online, realme Pad mini ternyata sudah dibenamkan speaker stereo, dan Sertifikasi Dirac, sehingga suara yang dihasilkan jadi lebih jernih.

Baterai
Slogan Mighty in mini, kembali tercermin saat mengulik area baterai. realme Pad mini disokong dengan baterai berkapasitas besar 6400mAh. Kabarnya, kapasitas baterai di realme Pad mini yang terbesar di segmennya.

Berdasarkan klaim dari pihak vendor, realme Pad mini dapat digunakan untuk menonton video YouTube online selama 12 jam, berpartisipasi dalam ZOOM meeting selama sekitar 15 jam, atau bermain game selama 8 jam. Ketika GadgetSquad membukti langsung daya tahan baterai realme Pad Mini, klaim pihak vendor ternyata tidak meleset jauh.

Nah, walau punya baterai jumbo, mengisi daya tablet ini gak bikin membuat kamu mati gaya. realme Pad mini didukung fitur pengisian cepat 18W Quick Charge untuk mengisi ulang dengan cepat saat daya baterai rendah. Disamping itu, realme Pad mini juga dilengkapi fitur Reverse Charging.

Kesimpulan
Menjadi tablet perdana yang diboyong realme ke Indonesia, realme Pad mini diposisikan sebagai “The Most Powerful Mini Tablet in 2022”. Sepintas mungkin positioning tersebut terdengar terlalu percaya diri, namun itu sah-sah saja.

Nah, dari hasil eksplorasi GadgetSquad, performa yang diberikan realme Pad mini berbanding lurus dengan klaim pihak vendor. Fiturnya sangat lengkap dan yang pasti bodi mininya, tidak menghalangi realme Pad mini memberikan kinerja powerful selama dieksplor.

So tablet mini yang lain minggir dulu, kini saatnya realme Pad mini beraksi!!!

realme Pad mini yang dipasarkan di Indonesia sendiri tersedia dalam dua versi yaitu Wi-Fi dan LTE. Varian WiFi tersedia dalam pilihan storage 3+32GB dan 4+64GB. Sementara versi LTE pun hadir dalam pilihan storage yang sama yaitu 3+32GB dan 4+64GB.

realme Pad mini versi WiFi (3+32GB) dibanderol dengan harga khusus selama masa flash sale dari tanggal tanggal 23 – 31 Agustus 2022, setiap jam 10:00 WIB melalui official e-commerce partner realme di Shopee dan Tokopedia yaitu Rp1.999.000.

Sedangkan realme Pad mini versi WiFi (4GB+64GB) dilepas dengan harga khusus yaitu Rp2.499.000 dengan periode flash sale yang sama di official e-commerce partner realme di Lazada dan Tokopedia.

Selain official e-commerce partner realme, semua varian realme Pad mini WiFi sudah tersedia secara online di situs resmi realme Indonesiarealme Indonesia.

Untuk realme Pad mini versi LTE (3GB+32GB) dipasarkan dengan harga Rp2.699.000. Sementara versi Pad mini versi LTE (4GB+64GB) dijual dengan harga Rp2.999.000. Keduanya bisa didapatkan secara offline di seluruh realme Brand Store mulai tanggal 26 Agustus 2022.