GadgetSquad.id – Samsung adalah perusahaan pertama di dunia yang meluncurkan kamera smartphone dengan sensor 108 MP. Melanjutkan pengembangan, raksasa Korea Selatan itu meluncurkan sensor kamera smartphone 200 MP pertama di dunia minggu lalu, Samsung ISOCELL HP1.

Sekarang, perusahaan sedang mengerjakan sensor kamera smartphone ambisius lainnya, 600 MP yang telah diungkapkan perusahaan tahun lalu. Namun, sensor jumlah megapiksel tinggi ini tidak akan diluncurkan dalam waktu dekat, seperti dilaporkan Gizmochina.

Selama presentasi di SEMI Europe Summit, Haechang Lee, Senior VP Automotive Sensor di Samsung Electronics mengungkapkan bahwa perusahaan berencana meluncurkan sensor kamera 576 MP pada tahun 2025. Gambar itu ditemukan oleh Image Sensors World.

Selain itu, tampaknya sensor kamera 576 MP tidak sedang dikembangkan untuk smartphone, tapi perusahaan sedang mengembangkannya untuk mobil. Itu juga bisa digunakan di drone dan peralatan medis, tapi kasus penggunaannya sebagai kamera smartphone tampaknya tidak menjadi prioritas. 

Tahun lalu, ketika Samsung mengonfirmasi bahwa ia sedang mengerjakan sensor kamera 600 MP, Yongin Park, VP Eksekutif Bisnis Sensor Samsung berbicara tentang ambisi perusahaan untuk melampaui 500 MP yang setara dengan mata manusia. 

Beberapa bulan yang lalu, bocoran bahwa Samsung sedang mengembangkan  sensor kamera 600 MP yang memiliki piksel 0,8µm dan besar 1/.0.57. Pada saat itu, dilaporkan bahwa kamera menghasilkan tonjolan 22mm. 

Perusahaan ini juga memperluas kategori penggunaan sensor kamera dari smartphone. Sekarang berencana untuk menyediakan sensor kamera untuk beberapa kategori, termasuk kendaraan otonom (AV), drone, dan perangkat IoT (Internet of Things).