samsung galaxy A30

GadgetSquad.id – Samsung meluncurkan Galaxy A30 pada awal 2019. Smartphone ini memulai debutnya dengan One UI 1.x berdasarkan Android 9.0 Pie. Perangkat tersebut kemudian diupdate ke One UI 2.x (Android 10).

Sekarang, sebagaimana dilaporkan Gizmochina, dua tahun setelah dirilis, hape ini telah mulai menerima pembaruan One UI 3.1 berbasis Android 11. Sistem operasi ini merupakan pembaruan perangkat lunak utama kedua untuk Samsung Galaxy A30.

Menurut SamMobile, pembaruan saat ini tersedia di India dengan versi firmware A305FXXU6CUE1. Bersamaan dengan fitur baru dan UI yang didesain ulang, pembaruan sistem baru untuk Galaxy A30 juga meningkatkan level patch keamanan hingga April 2021.

Samsung Galaxy A30

Artinya, seperti pembaruan OTA lainnya, pembaruan ini juga diluncurkan secara bertahap. Oleh karena itu, mungkin perlu beberapa saat untuk menjangkau setiap unit. 

Pengguna hape ini di India dapat melakukan pembaruan melalui menu Pengaturan, kemudian pilih Pembaruan perangkat lunak, lalu Unduh dan instal untuk memeriksa apakah perangkat mereka telah menerima pembaruan.

Sedangkan untuk wilayah lain, One UI 3.1 juga seharusnya akan tersedia di sana, tapi mungkin secara bertahap dalam beberapa hari mendatang.

Samsung Galaxy A30 tidak memenuhi syarat untuk tiga generasi update Android. Oleh karena itu, Android 11 adalah pembaruan sistem utama terakhir untuk hape ini. Namun, itu memenuhi syarat untuk setidaknya empat tahun patch keamanan.

cof

Samsung Galaxy A30 dipasang layar super AMOLED berukruan 6,4 inci full HD+ dengan desain Infinity U. Perangkat ini diperkuat dengan prosesor Exynos 7904. Soal kamera, hape ini dibekali lensa utama 16 MP dan ultra-wide 5 MP. Serta kamera selfie 16 MP.

Galaxy A30 memiliki RAM 4 GB dan ruang penyimpanan internal 64 GB yang bisa diperluas hingga 512 GB melalui microSD card. Untuk mendukung pengguna yang senang beraktivitas secara live di media sosial, Galaxy A30 disokong baterai 4.000 mAh dan mendukung pengisian daya cepat.