GadgetSquad – Berbagai perusahaan riset telah merilis laporan mereka tentang pasar smartphone utama dalam beberapa hari terakhir. Strategy Analytics menerbitkan laporan tentang Pasar Ponsel Cerdas Amerika Serikat untuk kuartal ketiga (Q3) 2020 yang menyatakan bahwa Samsung mengalahkan saingannya Apple menjadi merek nomor satu untuk pertama kalinya dalam tiga tahun.

Berdasarkan laporan tersebut, Samsung merebut posisi pertama di Pasar Smartphone Amerika pada Q3 2020 dengan pangsa 33,7 persen. Sedangkan Apple menempati posisi kedua dengan pangsa pasar 30,2 persen, disusul LG di posisi ketiga dengan pangsa pasar 14,7 persen. 

Laporan itu juga menyebutkan bahwa pangsa pasar Samsung tumbuh 6,7 persen dibandingkan tahun lalu. Perusahaan asal Negeri Gingseng itu mencapai prestasi ini dengan bantuan anggaran dan perangkat kelas menengahnya, selain model andalan seperti Galaxy Note20 dan Galaxy Z Fold2.

Namun, yang terpenting adalah penundaan peluncuran seri iPhone 12 Apple semakin membantu raksasa teknologi Korea Selatan itu menjadi merek ponsel pintar terbesar di Amerika setelah 3 tahun. Sebelumnya, Samsung pernah berada di posisi ini pada Q2 2017. 

Bukan itu saja, Samsung juga menjadi merek smartphone terbesar di dunia pada kuartal terakhir. Meskipun demikian, pangsa pasar perusahaan mungkin turun pada kuartal ini di Amerika karena seri iPhone 12 diperkirakan akan terjual dengan sangat baik meskipun terjadi krisis ekonomi yang disebabkan oleh pandemi Covid-19 .