mac mini baru

GadgetSquad – Menjelang acara 10 November 2020 semua orang membicarakan tentang MacBook baru, tapi ternyata Apple juga meluncurkan Mac Mini baru dengan Apple Silicon M1. Sudah dua tahun sejak Mini terakhir diperbarui, tapi masih memakai chip Intel Core generasi ke-8, dan itu sudah terlalu tua. 

Namun sekarang tidak ada lagi Intel, komputer mungil Apple sekarang didukung oleh siliconnya sendiri, chipset Apple M1 baru yang juga merupakan jantung dari MacBook Air dan Pro baru. Dengan chip garapannya, perangkat tersebut dihargai mulai dari US$ 700 (Rp 9,8 juta) lebih murah US$ 100 (Rp 1,4 juta), sementara Mac Mini yang didukung Intel lama 4-inti yang sudah tidak diproduksi harganya mulai dari US$ 800 (Rp 11 juta).

mac mini baru

Dilaporkan GSM Arena, 10 November 2020, pengujian Apple menunjukkan bahwa CPU memberikan kinerja CPU 3x lipat dari chip Intel sebelumnya. Dan chip lama itu datang jauh sebelum Intel meningkatkan game GPU-nya, jadi GPU octa-core Apple 6 kali lebih cepat.

Keunggulan Mac Mini Baru

Secara keseluruhan, Mini 5x lebih cepat daripada PC terlaris, merek yang tidak disebutkan. Namun, kinerjanya meningkat secara keseluruhan dan perangkat dapat digunakan oleh pemrogram, pengembang game, editor musik dan video. Karena Mac Mini adalah alat profesional, bukan hanya komputer kantor atau HTPC. 

Performa pembelajaran mesin juga ditingkatkan 15x,membuat aplikasi dapat memanfaatkannya secara berlebih. Misalnya, fitur Pixelmator Pro meningkatkan gambar berbasis AI.

Baca juga: MacBook Pro 13 Chip M1 Jadi MacBook dengan Baterai Paling Tahan Lama

Neural Engine M1 bahkan mendukung kerangka kerja deep learning Tensorflow, yang sejauh ini menjadi domain eksklusif Nvidia (GPU AMD mendukungnya, tapi Nvidia masih merupakan pemimpin pasar di segmen ini). 

Mac Mini memiliki pendinginan aktif, memungkinkannya mempertahankan kinerja lebih lama, dan pengguna juga mendapatkan pilihan port yang layak. Ada dua port USB-C untuk USB 4 dan Thunderbolt (hingga 40 Gbps) serta dua port USB-A 3.1 Gen 2 (hingga 10 Gbps), ditambah port Ethernet gigabit (ada juga Wi-Fi 6, jika tidak ada kabel LAN di sekitar). 

Selain itu, ada port HDMI 2.0 untuk output 4K/ 60Hz dan DisplayPort (melalui USB-C) untuk monitor 6K / 60Hz tunggal, juga dapat memiliki dua monitor 4K/ 60Hz jika menggunakan HDMI dan DisplayPort. Mac Mini bertenaga M1 baru tersedia untuk pre-order sekarang, dengan harga tersebut sudah dibekali RAM 8 GB dan SSD 256GB. 

Pengguna juga bisa memutakhirkannya ke RAM 16 GB dengan tambahan US$ 200 (Rp 2,8 juta dan mendorong penyimpanan ke total 2 TB (dengan 512 GB dan 1TB berhenti di sepanjang jalan). Bagi yang pre-order maka pengiriman dimulai minggu depan.