GadgetSquad.id – Versi terbaru Apple iOS 15 beta tampaknya membuat peningkatan halus pada foto dengan memproses suar lensa hijau yang dapat muncul di gambar luar ruangan. Informasi ini diposting ke subreddit iOSBeta oleh pengguna Reddit Doubleluckstur, dan The Verge dapat melihat bagaimana menguji iPhone 12 Mini yang menjalankan beta publik.

Banyak pengguna iPhone akan terbiasa dengan gumpalan hijau, dan saat mengambil gambar sepertinya tidak ada yang berubah—suar masih muncul di jendela bidik. Tetapi ketika melihat gambar terakhir, suar tidak terlihat di mana pun.

Tampaknya itu adalah hasil dari semua pasca-pemrosesan yang dilakukan pada gambar, karena suar muncul di bingkai alternatif (dan kurang diproses) yang tersedia jika menggunakan fitur Foto Langsung Apple. Sejauh ini agak tidak jelas model iPhone mana yang memprosesnya.

Di utas Reddit, satu pengguna melaporkan juga melihat penghapusan titik hijau di iPhone XS mereka, sementara yang lain mengatakan itu tidak berfungsi di iPhone 8 Plus mereka. Menurut spekulasi 9to5Mac, fitur tersebut mungkin terbatas pada ponsel dengan prosesor A12 Bionic atau yang lebih baru (jadi XS dan XR dan seterusnya).

Fitur yang hanya tersedia di ponsel yang lebih baru tidak akan mengejutkan: beberapa fitur iOS 15, seperti mode Teks Langsung atau Potret untuk FaceTime, sudah mencantumkan A12 Bionic sebagai persyaratan. Tentu dengan penemuan ini datanglah orang-orang yang berusaha mengejarnya dan menemukan keterbatasannya.

Pengguna Reddit, DementedAvenger, memposting contoh suar yang masih muncul di atas pohon atau layar jendela, serta suar yang berasal dari lampu kamar mandi. Hasilnya terlihat mendapatkan beberapa suar dalam ruangan (walaupun perlu dicatat bahwa itu bukan suar gelembung hijau yang sama yang sering terjadi dari matahari).

Batasan lainnya adalah video, yang tidak dapat menemukan skenario di mana suar muncul secara berbeda di video akhir daripada di jendela bidik. Tentu saja, menghapus suar lensa dari 30 atau 60 bingkai per detik rekaman 4K akan sedikit lebih intensif secara komputasi, dan memiliki peluang lebih besar untuk terlihat agak aneh, jadi tidak mengherankan bahwa fitur tersebut tampaknya hanya untuk foto.

Seperti biasa dengan fitur beta, fungsi yang terlihat di sini bisa berbeda dengan rilis berikutnya, atau hilang sama sekali. Namun, tampaknya Apple setidaknya bereksperimen dengan menghilangkan gumpalan hijau yang dapat muncul dalam gambar dari waktu ke waktu, dan itu akan menjadi hal yang disambut baik untuk dilihat di versi final iOS 15.