GadgetSquad.id – Perangkat terbaru yang menerima review kamera dari DxOMark adalah Smartphone for Snapdragon Insiders. Perlu dicatat bahwa gelombang ulasan awal untuk perangkat ini memang tiba pada Senin, 16 Agustus 2021. Namun, sebagian besar pengulas mendapai kualitas foto yang kurang bagus, sehingga beberapa pengguna berasumsi bahwa DxOMark melakukan pengujiannya dengan firmware yang belum dirilis. 

Smartphone hasil kerja sama dengan Asus itu dijanjikan pembaruan yang akan memperbaiki tekstur, noise, mode resolusi foto yang lebih tinggi, autofokus, HDR yang dioptimalkan. Termasuk pengurangan noise multi-frame, yang semuanya tampak baik-baik saja dalam pengujian kamera DxO, demikian dilaporkan Gizmochina.

Smartphone for Snapdragon Insiders memiliki kamera utama IMX868 1/1.73” 64 MP dengan lensa f/1.8, kamera ultra-wide 12 MP IMX363 1/2.55” dengan lensa f/2.2, dan kamera telefoto 8 MP dengan modul yang mampu melakukan 3X optical zoom dan lensa f/2.4. Sementara itu, kamera depan memiliki sensor 24 MP, tapi DxOMark tidak menguji kamera selfie. 

DxOMark memberi Smartphone skor keseluruhan 133. Selain itu menerima skor 142 di foto, mengutip autofocus yang cepat dan akurat, noise rendah, rentang dinamis yang bagus, dan white balance yang akurat. Itu menyebutkan beberapa ketidakakuratan dengan rendering warna, white balance yang tidak konsisten pada kamera telefoto, dan hilangnya tekstur. 

Dalam tes tekstur, rentang dinamis, dan fokus otomatis, DxOMark melaporkan semuanya bekerja dengan sempurna dan hasilnya terlihat lebih unggul dari Xiaomi MI 11 Ultra dan Apple iPhone 12 Pro. Sementara itu, detail Smartphone sedikit mengalami penurunan dalam kondisi cahaya redup. 

Skor 111 diterima video dengan autofocus yang kuat, warna yang akurat, dan stabilisasi yang layak, tetapi efek ghosting sebagian besar terlihat dalam video cahaya rendah.