Sony Xperia 1 III dan Xperia 5 III Mulai Dapat Pembaruan Stabil Android 12

GadgetSquad.id – Sony telah secara resmi mendorong pembaruan sistem operasi Android 12 yang stabil ke ponsel Xperia 1 III dan Xperia 5 III-nya. Namun, pembaruan hanya tersedia untuk varian telepon dual-SIM, setidaknya untuk saat ini. 

Mereka yang memiliki Sony Xperia 1 III dan Xperia 5 III dengan nomor model XQ-BC72 dan XQ-BQ72 telah mulai menerima Android 12 baru. Tetapi saat ini hanya didorong ke perangkat di Rusia. Ini adalah pembaruan OTA dengan nomor build 61.1.A.1.149, seperti dikutip Gizmochina.

Pembaruan membawa fitur-fitur baru seperti tangkapan layar panjang, mode satu tangan, dan Berbagi Terdekat. Ini juga memiliki fitur yang disebut Extra Dim yang memungkinkan tampilan ponsel menjadi lebih redup daripada pengaturan kecerahan terendah. 

Termasuk juga menghadirkan fitur berguna lainnya di mana ia memberi tahu pengguna jika ada aplikasi yang menggunakan mikrofon atau kamera tanpa disadari. Dengan fitur ini, memungkinkan pengguna mendapatkan notifikasi jika sebenarnya ada beberapa aplikasi yang mengakses kamera atau mikrofon. 

Seperti yang dikatakan sebelumnya, Android 12 OTA saat ini hanya tersedia di Rusia, tapi diharapkan akan segera tersedia untuk perangkat di pasar lain. Jika memiliki salah satu ponsel ini dan belum menerima pemberitahuan pembaruan, cukup buka Pengaturan dan periksa tab Pembaruan Perangkat Lunak untuk pembaruan.

Sony Xperia 1 III dan Xperia 5 III diluncurkan pada kuartal ketiga tahun lalu dengan spesifikasi seperti Snapdragon 888 dan panel OLED. Xperia 1 III memiliki resolusi 4k dan menawarkan pengaturan empat kamera 12 MP + 12MP+ 12MP + ToF, sedang Xperia 5 III memiliki resolusi FHD+ dan sistem tiga kamera 12MP + 12MP + 12MP. Ponsel mengemas baterai 4.500 mAh.