GadgetSquad.ID – Setelah melalui proses seleksi serta kompetisi yang ketat, kompetisi film pendek di program Save Our Socmed (S.O.S), berhasil mendapatkan para jawaranya.

Kompetisi S.O.S sendiri, merupakan salah satu program Indosat Ooredoo Hutchison (IOH), dalam mendukung sineas muda Tanah Air bekerjasama dengan CGV.

Ajang kompetisi yang didukungan penuh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi ini, mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk memanfaatkan media sosial sebagai sarana untuk membuat konten positif.

Mengangkat tema “Waspada Flex Culture, Stay Humble!”, Kompetisi ini bertujuan untuk meningkatkan literasi digital masyarakat dengan mengkampanyekan kesadaran bahaya flex culture atau budaya pamer.

Muhammad Buldansyah, Director and Chief Regulatory Officer Indosat Ooredoo Hutchison,  mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi film pendek karya generasi muda indonesia terutama para peserta program Save Our Socmed.

“Banyak karya-karya kreatif yang menginspirasi kita untuk lebih bijak dalam menyikapi media sosial, flex culture, sehingga bisa berpikir serta bertindak lebih positif lagi.”

“Semoga program ini bisa terus mengedukasi generasi muda Indonesia dan menjadi wadah kreativitas bagi mereka. Saya ucapkan selamat untuk para pemenang dan terima kasih kepada seluruh peserta yang telah berpartisipasi dalam program kami,” tuturnya.

Sementara itu, Haryani Suwirman, Direktur CGV, menyampaikan, rasa terima kasih kepada para peserta yang sudah mengikuti program ini.

Kami melihat banyak sekali bakat-bakat dan ide kreatif anak muda yang potensial di Indonesia. Semoga dengan adanya program yang positif ini bisa menjadi penyemangat untuk generasi muda agar tidak menyerah dalam menggapai mimpi dan cita-cita, sekaligus menggali potensi diri dalam memajukan dunia perfilman tanah air.”

Dalam proses kompetisi, para peserta telah mendapatkan pelatihan mengenai tata cara pembuatan film dan dampak negatif flex culture

Petihan dilakukan oleh Badan Perfilman Indonesia yang diadakan di sepuluh kota di Indonesia yaitu di Jakarta, Bogor, Bandung, Surabaya, Solo, Palembang, Medan, Mataram, Makassar, hingga Balikpapan.

Medan, Mataram, Makassar, hingga Balikpapan. Setelah itu, peserta menuangkan ide kreatifnya dalam film pendek berdurasi 10 menit untuk diikutsertakan dalam lomba.

Secara keseluruhan, gelaran SOS kali ini, berhasil meraih animo tinggi dengan total 467 peserta pelatihan, 124 nominasi video, dan berhasil menembus 6,8 juta penonton di berbagai platform media sosial

Setelah melalui proses kompetisi yang ketat, tim ActFilm dengan judul film Bayangan, berhasil menjadi pemenang pertama kompetisi S.O.S kali ini. Sementara Juara II didapatkan oleh tim Unlimitale dengan judul film An Xin. Juara III diperoleh oleh tim Ruang Tengah Media dengan judul film FOMO.

Selain itu, terdapat berbagai kategori lain seperti Most Views, Most Likes, Most Shared, Best Director, Best Cinematography, Best Screenplay, Best Actor, Best Actress, Best Teaser, dan Best Poster. Pemenang dari kompetisi film pendek S.O.S mendapatkan total hadiah seratus juta rupiah.