Tak Cuma Foto, Tips Cara Mudah Bikin Video Potrait Pakai OPPO Reno6 Series!!!

GadgetSquad.ID – Berbicara konten potrait atau efek bokeh, biasanya identik dengan hasil karya foto. Padahal sob, efek bokeh juga bisa kamu aplikasikan untuk membuat konten video potrait.

Asiknya lagi dengan kecanggihan teknologi gadget saat ini, membuat video potrait bisa dilakukan hanya bermodal hape.

Lalu bagaimana cara mudah membuat video potrait kekinian yang artistik, layaknya hasil videografer profesional, hanya bermodal hape?

– Tentukan teknik pengambilan dan angle
Langkah pertama tentu saja adalah menentukan teknik dan angle atau sudut pandang video yang akan dibuat. Tahap sangat diperlukan agar hasil rekaman nyaman saat ditonton.

Jika ingin membuat video potrait, gunakan teknik depth of field (DOF). Teknik DOF mampu membuat objek utama tampak jelas dengan memiliki fokus yang baik dan membuat latar di sekitarnya terlihat bokeh.

– Atur komposisi cahaya.
Tak hanya sekadar sebagai penerangan, pencahayaan memiliki kekuatan lebih untuk membuat efek dramatis. Kamu bisa memfokuskan pencahayaan pada satu objek untuk menghasilkan efek kontras dengan tujuan untuk menetapkan mood pada video.

– Gunakan stabilizer
Jika video potrait yang kamu buat, ingin lebih nyeni dan dramatis, gak ada salahnya memberi sentuhan cinematik.

Nah saat membuat sentuhan cinematik agar gambar tidak goyang, sebaiknya kamu menggunakan alat bantu seperti gimbal atau bisa juga mengaktifkan menu stabilizer di hape.

Tips sederhana di atas bisa kamu coba untuk membuat video potrait. Selain tips di atas, hal lain yang perlu perhatikan agar video potrait kamu semakin paripurna, yakni perangkat yang digunakan dalam hal ini hape.

Hape apa yang bisa menghasilkan video potrait mumpuni?

Sejati banyak hape dengan kemampuan imaging berkelas di pasaran. Nah jika kamu binggung, hape kreasi OPPO bisa dijadikan target utama. Apalagi, OPPO mendapuk fitur potrait, sebagai menu andalan di tahun 2022.

Nah salah satu hape OPPO dengan kemampuan menghasilkan video potrait mumpuni, yakni seri Reno6.

Rahasia OPPO Reno6 mampu menghasilkan video potret berkelas, yakni adanya Fitur Bokeh Flare Video Effects. Menu ini bisa digunakan untuk kamera depan maupun belakang.

Bokeh Flare Portrait Video menggunakan algoritma kecerdasan buatan OPPO untuk menunjukkan dengan tepat sumber cahaya asli pada latar belakang dan menciptakan titik cahaya bokeh pada berbagai tingkatan kedalaman, meniru apa yang dihasilkan oleh kamera profesional.

Cara menggunakan fitur ini untuk merekam video bokeh yaitu : masuk ke fitur Kamera → Video → toolbar atas → Filter/Gaya → Bokeh Flare. Kamera pun siap untuk merekam video boleh Flare.

Agar bisa merekam video dengan hasil video potrait terbaik, menggunakan fitur Bokeh Flare Portrait di OPPO Reno6, ada beberapa tips yang bisa diikuti :

Ambil bidikan setengah tubuh atau close-up satu orang (hindari mengenakan aksesori seperti topi, kacamata, anting-anting, dll.)
– Jauhkan sumber cahaya latar belakang dari orang tersebut.

– Pastikan titik cahaya sekitar berada di latar belakang dan hindari terlalu kondisi yang terlalu terang atau gelap (gunakan fungsi “fill light” jika terlalu gelap di sekitar subjek orang tersebut.

Selamat mencoba!!!