GadgetSquad.id – Ramai diberitakan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencabut izin usaha PT OVO Finance Indonesia. Pencabutan izin tersebut dilakukan melalui Keputusan Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Nomor KEP-110/D.05/2021 tanggal 19 Oktober 2021.

OVO

PT OVO Finance Indonesia beralamat di Gedung Lippo Kuningan Lantai 17 Unit D, Jalan HR. Rasuna Said Kav. B-12 RT. 017 RW. 07, Karet Kuningan, Setiabudi, Jakarta Selatan, 12940. Dalam pegumumannya, seperti dikutip Kompas.com (10/11/2021), OJK mengungkapkan alasan melakukan pencabutan izin usaha OVO Finance Indonesia, karena pembubaran akibat keputusan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). “Pencabutan izin usaha tersebut berlaku sejak Surat Keputusan Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan pada tanggal ditetapkan,” tulis OJK dalam Pengumuman Nomor PENG-73/NB.1/2021.

 

Sontak saja kabar ini membuat sempat membuat kaget para pengguna uang digital OVO. Banyak yang bertanya seperti apa ke depannya layanan ini setelah keluarnya berita tersebut. Namun ternyata izin pencabutan izin usaha PT OVOFinance Indonesia tidak berhubungan dengan layanan uang digital OVO.

Baca juga : Begini Caranya Berlangganan Netflix Pakai GoPay !

Uang digital OVO merupakan layanan yang diselenggarakan oleh PT Visionet Internasional yang tidak ada kaitannya dengan PT. OVOFinance Indonesia. Dalam klarifikasi resminya, pihak PT Visionet Internasional menjelaskan bahwa layanan dompet digital OVO tidak ada kaitan dengan PT. OVOFinance Indonesia. Berikut isi klarifikasi resmi dari PT Visionet Internasional :

 

Menanggapi berita yang beredar terkait OVOFinance Indonesia (OFI), dengan ini kami sampaikan klarifikasi bahwa OFI tidak memiliki kaitan dan tidak pernah menjadi bagian dari kelompok perusahaan uang elektronik OVO (PT Visionet Internasional) yang mendapatkan izin resmi dari Bank Indonesia. Namun sejak awal pendirian , OFI juga menggunakan nama “OVO”.

Oleh karena itu, pencabutan izin OFI oleh OJK tersebut tidak memiliki kaitan sama sekali dengan semua lini bisnis di kelompok usaha uang elektronikOVO.

Semua operasional dan layanan uang elektronik OVO dan perusahaan-perusahaan di bawah OVOGroup berlangsung seperti biasa, normal, dan tidak memiliki masalah sama sekali.