beli huawei mate 20GadgetSquad.ID – Bagi kamu yang memiliki atau sedang tertarik membeli hape racikan Huawei, sebaiknya memikirkan ulang niatan itu.

Kenapa? Karena hape Huawei bakal terkena imbas perang dagang antara Amerika Serikat dan Cina.

Setelah dinyatakan masuk dalam daftar hitam oleh pemerintah AS, Huawei kini berpotensi kehilangan lisensi sistem operasi Android miliknya.

Langkah tersebut merupakan tindak lanjut atas peraturan pemerintah AS yang melarang Huawei membeli segala komponen dalam bentuk apapun dari perusahaan AS, tanpa persetujuan pemerintah setempat.

Menurut sumber terdekat, kebijakan pemerintah AS ini tentu akan berpengaruh besar pada lini bisnis ponsel pintar Android milik Huawei.

“Huawei hanya akan dapat menggunakan sistem operasi Android versi publik, dan tidak akan mendapatkan akses ke aplikasi dan layanan eksklusif dari Google,” ujar sumber tersebut.

Sementara itu, dikutip dari Reuters dengan kemungkinan dicabutnya lisensi itu, Huawei tidak akan lagi mendapat dukungan teknis dari Google. Artinya smartphone Android berikutnya yang digarap Huawei, akan kehilangan akses ke layanan utama milik Google termasuk Google Play Store, Gmail, hingga YouTube.

Laporan yang sama menyebutkan, pihak Huawei telah menyiapkan rencana alternatif, terkait masalah yang sedang dihadapinya.

Huawei dikabarkan telah menyiapkan sebuah “rencana B” yakni dengan membuat serta mengembangkan teknologi sendiri, seandainya Huawei diblokir dari penggunaan Android.

Menurut salah satu petinggi Huawei, Eric Xu, siapa pun sejatinya berhak mendapatkan dan mengembangkan Android karena Android merupakan sistem operasi terbuka yang berbasis komunitas.

“Apa pun yang terjadi, Android tidak memiliki hak hukum untuk memblokir perusahaan mana pun untuk dapat mengakses lisensi open-source,” kata Eric