Tips Menemukan iPhone yang Hilang Meskipun Tidak Aktif

0
9

GadgetSquad.id – Aplikasi Find My Apple telah menjadi fitur yang sangat berguna (dan meyakinkan), memungkinkan Anda menemukan ponsel yang hilang atau dicuri sehingga dapat mengambilnya kembali (atau menghubungi pihak berwenang, jika itu lebih aman). Dengan perluasan Find My ke berbagai objek lain, terutama melalui AirTags Apple, ini menjadi lebih berguna. 

Sekarang sistem operasi terbaru Apple, iOS 15, membawa serta kemampuan untuk menemukan ponsel Anda bahkan jika baterai telah habis atau sudah dimatikan. Jika Anda memiliki ponsel yang tepat kesempatan menemukan iPhone dengan Find My menjadi lebih besar, demikian dilaporkan The Verge.

Namun, fitur tersebut hanya berfungsi pada beberapa iPhone yakni iPhone 11, iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max, iPhone 12, iPhone 12 Mini, iPhone 12 Pro, iPhone 12 Pro Max, serta yang terbaru iPhone 13, iPhone 13 Mini, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 Pro Max. Anda akan mengetahui bahwa fitur ini aktif, saat mematikan ponsel, Anda melihat frasa “iPhone Findable After Power Off” di bawah tombol matikan. 

Jika Anda baru menggunakan iPhone atau belum pernah mengatur aplikasi Find My, cara memulainya adalah buka pengaturan, ketuk nama, lalu pilih “Find My iPhone” untuk diaktifkan. Jika Anda telah meningkatkan ke iOS 15, Anda juga dapat mengaktifkan “Find My iPhone”, yang memungkinkan menemukan ponsel meskipun sedang offline.

Sete;ah itu, ketuk Kirim Lokasi Terakhir dan akan mengirimkan lokasi iPhone ke akun Apple Anda saat baterai hampir habis. Setelah itu, jika tidak dapat menemukan iPhone Anda, maka Anda dapat melacaknya baik dengan menggunakan aplikasi Find Mydi Mac (atau iPhone lain, jika Anda memilikinya) atau di browser apa pun dengan membuka iCloud.com/find dan masuk menggunakan ID Apple Anda. 

Jika menggunakan versi web, Anda akan melihat titik hijau yang menunjukkan lokasi iPhone Anda. Pilih titik dan kemudian “i” yang dilingkari (untuk informasi), dan Anda akan diberikan pilihan untuk membuat ponsel Anda memutar suara, menghapusnya, atau meletakkannya di “Lost Mode”.

Dalam “Lost Mode”, Anda dapat memasukkan nomor telepon yang dapat dihubungi dan pesan misalnya “Tolong kembalikan telepon ini secepatnya!”. Setelah itu, ponsel akan terkunci sampai Anda memasukkan kembali kode sandinya. 

Jika menggunakan aplikasi Find My, pada dasarnya Anda akan mendapatkan fitur yang sama (kecuali dalam bentuk yang lebih estetis), bersama dengan petunjuk peta tentang cara menuju ke ponsel Anda. Dan jika Anda menggunakan iOS 15 di iPhone, Anda akan dapat menemukannya meskipun daya baterai habis atau telah dimatikan.