GadgetSquad.id – Tokopedia kembali menghadirkan konferensi teknologi tahunan START Summit pada Sabtu, 16 Juli 2022 pukul 09.00-16.15 WIB. Acara ini gratis dan bisa disaksikan daring melalui kanal video streaming Tokopedia Play, Official YouTube Tokopedia dan Inside Tokopedia, serta website Tokopedia Academy. Konferensi tahun ini bertemakan Driving Innovation at Scale.

Co-Founder and Vice Chairman Tokopedia, Leontinus Alpha Edison, menjelaskan, “Lewat konferensi ini, Tokopedia akan berbagi cerita dan pengalaman mendorong inovasi dalam skala besar untuk menjawab berbagai tantangan, khususnya pandemi.”

Puluhan pembicara ahli – termasuk Leontinus, CTO Tokopedia Herman Widjaja, COO Tokopedia Melissa Siska Juminto, SVP of Data Protection and Privacy Office Tokopedia Leny Suwardi – akan memaparkan cerita di balik inovasi Tokopedia, yang berkaitan dengan Core Engineering, Data, Infrastructure and Productivity, Front-End, serta Security/Data Protection and Privacy Office/Risk.

“Berbagai inovasi Tokopedia tidak lepas dari kolaborasi bersama para mitra strategis, salah satunya talenta digital. Kami percaya, dibutuhkan talenta terbaik untuk menciptakan produk dan layanan terbaik, yang dapat mempermudah kehidupan masyarakat, maka Tokopedia fokus mengembangkan talenta digital melalui berbagai upaya, salah satunya START Summit,” jelas Leontinus.

START Summit bertujuan meningkatkan kuantitas dan kualitas talenta digital Indonesia serta memajukan industri teknologi nasional agar semakin mampu bersaing di kancah global. Upaya ini juga sejalan dengan komitmen pemerintah memenuhi kebutuhan akan 9 juta talenta digital dan mencapai target 113 juta talenta digital pada tahun 2030 mendatang.

Software Engineer Lead Tokopedia, Tika Widiati, salah satu pembicara mengenai API Monitoring di START Summit 2022, mengatakan, “Lewat Tokopedia Academy, dalam hal ini START Summit, seluruh pegiat teknologi di Indonesia memiliki kesempatan yang sama untuk belajar, berkolaborasi dan mendapatkan kurikulum yang relevan terkait teknologi, langsung dari para ahli di bidangnya.”

Di sisi lain, Engineering Manager Tokopedia, M. Ilham Jamaludin, yang akan membahas mengenai Stabilitas Aplikasi pada START Summit 2022, menjelaskan, “Peserta START Summit 2022 bisa memperoleh ilmu berdasarkan praktik nyata Nakama (sebutan karyawan Tokopedia), berbagi ide inovasi yang solutif, serta networking dengan sesama pegiat teknologi hingga para ahli.”

START Summit 2022 dapat diakses masyarakat dengan melakukan registrasi melalui situs Tokopedia Academy. START Summit merupakan salah satu inisiatif di bawah naungan Tokopedia Academy; wadah untuk mengasah kemampuan talenta digital Indonesia, sekaligus upaya Tokopedia mewujudkan pemerataan pengetahuan lewat teknologi.

Baca Juga: Di Jakarta Hajatan ke-495, Tokopedia Ajak Masyarakat Dukung UMKM Lokal

Tokopedia Academy telah menyelenggarakan sederet program lainnya, misal konferensi teknologi untuk talenta digital perempuan START Women in Tech, berbagi pengetahuan seputar pengalaman pengguna lewat START CX First Summit, kerja sama dengan universitas untuk pembuatan pusat AI, modul perkuliahan hingga Tokopedia Goes to Campus dan masih banyak lagi.

Selain itu, Tokopedia Academy juga bersinergi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI melalui SIBERKREASI, mengadakan Tokopedia NextGen. Ada pula program Magang Bersertifikat dan Hackathon DevCamp berkolaborasi dengan Kampus Merdeka Kemendikbud Ristek RI.