GadgetSquad.ID – Walau masih jauh dari kata sempurna, gelaran MotoGP Mandalika di Mandalika International Street Circuit, Lombok – Nusa Tenggara Barat, pada 18-20 Maret 2022 lalu, terbilang berjalan lancar.

Salah satu bukti gelaran balap dunia itu berjalan lancar, bisa dilihat dari akses komunikasi yang bisa diakses tanpa banyak hambatan. Padahal di waktu bersamaan, pengunjung tumpah ruah di gelaran tersebut.

Telkomsel menjadi salah satu operator yang mengklaim sukses memberikan layanan terbaiknya, bagi konsumen yang menonton MotoGP Mandalika.

Dari keterangan yang diterima, selama gelaran MotoGP Mandalika total payload trafik komunikasi layanan broadband Telkomsel secara keseluruhan, mencapai lebih dari 297 TB (Terabyte) atau melonjak hingga 96 persen dibanding hari biasa.

Sedangkan, khusus untuk layanan data jaringan 5G Telkomsel, tercatat terjadi lonjakan trafik payload mencapai lebih dari 7815 persen.

Nugroho, Direktur Network Telkomsel, menjelaskan, guna mengawal lonjakan trafik layanan data selama perhelatan MotoGP 2022 berlangsung di Mandalika. Telkomsel telah melakukan upaya optimalisasi jaringan broadband terdepan melalui penguatan 382 unit BTS 4G/LTE termasuk tambahan 16 unit BTS 5G, yang telah melayani kebutuhan akses komunikasi masyarakat di Kabupaten Lombok Tengah .

“Kami mengapresiasi seluruh dukungan para pemangku kepentingan terutama seluruh masyarakat di Nusa Tenggara Barat sehingga Telkomsel dapat memberikan layanan telekomunikasi terdepan yang dapat semakin #BukaSemuaPeluang kemajuan serta menguatkan komitmen dalam melanjutkan percepatan adopsi gaya hidup digital masyarakat, sekaligus membangkitkan potensi ekonomi dan pariwisata lokal melalui pemanfaatan teknologi.”

Untuk di wilayah Kabupaten Lombok Tengah sendiri, yang nota bene tempat berlangsungnya MotoGP 2022, Telkomsel juga mencatat terjadi lonjakan kunjungan pelanggan dari berbagai daerah mencapai lebih dari 27 persen.

Sedangkan kunjungan pelanggan Telkomsel dari berbagai wilayah ke Lombok, secara keseluruhan meningkat hingga 11 persen, dengan total mencapai lebih dari 76 ribu pengunjung dari berbagai wilayah di seluruh Indonesia.

Pertumbuhan tersebut turut didukung dengan tinggi minat wisatawan mancanegara yang menggunakan layanan kartu Telkomsel Prabayar Tourist dan turut mendorong tumbuhnya pengguna layanan 4G/LTE Telkomsel mencapai lebih dari 123 persen dan layanan 5G Telkomsel hingga 3900 persen.

Selama gelaran MotoGP 2022 di Mandalika, sebanyak lebih dari 30 ribu wisatawan mancanegara memanfaatkan layanan roaming dari Telkomsel.

Kehadiran wisatawan mancanegara tersebut merupakan para wisatawan, pebalap, kru tim balap, dan panitia acara  yang didominasi dari negara Hongkong, Amerika Serikat, Singapura, Korea Selatan, dan Malaysia.