TSMC Diharapkan Mulai Produksi Chip 3nm pada Tahun 2023

GadgetSquad.id – Sudah beberapa tahun sejak produsen chipset mulai membuat chip unggulan menggunakan proses 5nm. Dengan perkembangan teknologi yang pesat, perubahan terjadi segera dan hal yang sama berlaku untuk proses manufaktur juga. 

Pembuat chipset seperti TSMC dan Samsung telah mengkonfirmasi bahwa mereka sedang mengerjakan proses 3nm dan 2nm generasi berikutnya untuk membuat chipset. TSMC, yang merupakan produsen kontrak chip terbesar di dunia, awalnya dikabarkan akan memproduksi chip berdasarkan proses 3nm tahun depan.

Sekarang, sebuah laporan dari DigiTimes mengklaim bahwa Perusahaan Manufaktur Semikonduktor Taiwan tidak hanya merencanakan chip 3nm, tapi juga akan memiliki versi yang ditingkatkan dari yang sama dalam bentuk N3E, yang akan mulai diproduksi pada tahun 2023, seperti dilansir Gizmochina.

Saat ini, TSMC menggunakan proses N5P, yang merupakan versi yang disempurnakan dari proses N5 atau 5nm dan teknologi tersebut digunakan untuk membuat chipset Apple A15 Bionic. Proses itu diklaim lebih hemat energi dibandingkan proses N5 standar. 

Laporan sebelumnya telah mengklaim bahwa Perusahaan Manufaktur Semikonduktor Taiwan akan memulai produksi massal chipset 3nm pada paruh kedua tahun 2022, dengan kapasitas untuk memproses 30.000 unit. Kemudian akan memperluas kapasitas produksi bulanan menjadi 55.000 unit pada tahun 2022 dan dalam setahun setelah itu, berencana untuk memperluas menjadi 105.000 unit per bulan. 

Dibandingkan dengan proses 5nm saat ini, proses 3nm baru mengurangi konsumsi daya sebesar 30 persen dan meningkatkan kinerja sebesar 15 persen. Bahkan dengan pesanan untuk chip 3nm, perusahaan akan terus fokus pada chip 5nm juga. 

Beberapa bulan yang lalu, dilaporkan bahwa sebagian besar kapasitas produksi 3nm TSMC telah diamankan oleh Apple, diikuti oleh AMD dan NVIDIA. Berita ini bertentangan dengan laporan sebelumnya, yang menyatakan bahwa bahkan Intel telah mengamankan sebagian besar kapasitas produksi 3nm TSMC.