Melengkapi jajaran A series, OPPO Menghadirkan Oppo A16e sebagai varian dengan harga lebih murah dari Oppo A16 yang dirilis pada Juli 2021 lalu. Kali ini,kami pun berkesempatan untuk mencicipi pengalaman menggunakan HP Oppo A16e melalui hands-on. Berikut ini ulasan singkat kami. 

Paket Penjualan

Dari segi kemasan Oppo A16e mengusung desain yang sama dengan seri A lainnya yang didominasi warna hijau tosca. Sedangkan di bagian belakang tertera tentang info nilai jual utama perangkat. Untuk paket penjualan, Oppo A16e sudah dijual dengan aksesoris pendukung standar seperti kabel charger, kepala charge, casing, panduan penggunaan, serta SIM ejector.

Hands On

Kesan pertama kami ketika menggenggam perangkat ini sangat nyaman digunakan dengan satu tangan dalam waktu yang lama. Hal tersebut lantaran OPPO A16e lebih ringan dari pendahulu dengan bobot hanya 175 gram dan ketebalan 7,85 mm.

Oppo A16e menawarkan desain yang menurut kami tidak terasa seperti hp dengan harga terjangkau. Desain pada cover bagian belakang semakin segar berkat dua sentuhan warna yang stylish hitam dan biru seperti unit yang kami coba. Tak hanya itu, saat bagian belakang terpapar cahaya memberikan kesan elegan dan mewah, dan tidak terasa seperti ponsel entry level.

Di sisi kanan ponsel, terdapat dua buah tombol untuk daya dan volume. Sementara, sisi kiri dihuni oleh tombol volume dan laci SIM Card yang dapat memuat dua buah kartu nano SIM, berikut kartu memori microSD yang dapat memperluas kapasitas penyimpanan hingga 1TB. Selain itu, berbagai macam jenis port bisa ditemukan dibagian bawah perangkat, termasuk girl speaker,  konektor Micro USB, microphone, dan port jack audio 3.55 mm.

Beralih pada sektor layar, Oppo A16e memiliki ukuran 6,52 inci dengan resolusi HD Plus (1.600 x 720 piksel). Pada bagian atas layar, ponsel ini memiliki desain poni waterdrop sebagai penempatan kamera selfie dengan resolusi 5M. Berbeda dengan Oppo A16 yang memiliki tiga kamera belakang, kamera utama Oppo A16e hanya memiliki kamera tunggal dibagian belakang dengan resolusi 13 MP.

Di bagian dapur pacu, OPPO A16e disokong dengan prosesor Mediatek Helio P22 yang dipadankan dengan RAM 3 GB dan penyimpanan 32 GB. Selain itu, ponsel yang menyasar segmen entry level  ini menjalankan sistem operasi ColorOS 11.1 yang diadopsi dari Android 11.

Sedangkan untuk daya tahan hidupnya sendiri, Oppo A16e dibekali dengan Kapasitas baterai sebesar 4230 mAh yang sudah didukung dengan beberapa fitur pengisian daya yakni, Super Nighttime Standby, Optimized Night Charging, dan Super Power Saving Mode.

Harga & Ketersediaan

Bagi anda yang tertarik dengan Oppo A series terjangkau ini, Oppo A16e sudah tersedia di Indonesia dengan banderol Rp 1,799 juta dalam konfigurasi 3GB RAM dan 32GB ROM.