GadgetSquad,id – Buat kamu pengguna Hp Samsung, ada update software atau user interface terbaru, yaitu One UI 5.0. Pembaruan ini mulai bisa diupdate di Hp Samsung Galaxy secara bertahap. 

Samsung One UI 5

Update One UI 5.0 Terbaru

One UI 5.0 terbaru membawa sejumlah fitur-fitur baru yang memungkinkan pengguna Hp  Samsung untuk melakukan kostumisasi pada perangkatnya. Berikut ini beberapa pembaruan yang dibawa One UI 5.0 terbaru:  

  • Bixby Text Call

One UI 5 terbaru membawa fitur Bixby Text Call terbaru yang dapat menjawab panggilan telepon hanya dengan mengetik pesan. Bixby  mengubah teks menjadi audio dan mengirimkannya ke lawab bicara. Tidak hanya itu, Bixby Text Call  juga bisa mengubah apa yang dikatakan penelepon atau suara penelpon menjadi teks yang bisa ditampilkan di layar Hp Samsung kamu.

Fitur ini cocok untuk saat-saat ketika kamu butuh berkomunikasi tetapi tidak selalu dapat didengar, seperti saat di kereta yang sibuk atau di konser yang bising. Dengan fitur ini, Anda dapat menerima telepon di lingkungan apa pun tanpa mengganggu atau melewatkan apa pun.

 

  • Routines

Fitur baru lainnya yang dihadirkan One UI 5.0 yaitu Routines. Dengan fitur ini kamu dapat membuat urutan apa yang harus dilakukan Hp Samsung kamu berdasarkan aktivitas yang kamu ingin lakukan.

 

  • Modes

Dengan fitur Modes pada One UI 5, kamu dapat membuat setting yang dikustomisasi untuk berbagai bagian yang berbeda dari kehidupan kamu, mulai dari tidur dan bersantai hingga berolahraga dan mengemudi. 

Contohnya, saat berolahraga, prioritas Anda mungkin adalah mematikan notifikasi agar tetap fokus olahraga dan memutar musik. Pada saat waktunya tidur, mematikan suara dan menurunkan kecerahan layar adalah cara yang bagus untuk membantu Anda rileks.

 

  • Tampilan Baru

One UI 5 juga menawarkan tampilan atau user interface baru yang membuat penggunaan Hp Samsung lebih nyaman. Seperti ikon aplikasi yang lebih menonjol dan sederhana hingga skema warna yang disederhanakan.

Samsung juga menyempurnakan notifikasi di One UI 5 agar lebih intuitif, membuatnya mudah untuk dibaca sekilas serta menawarkan tombol jawab dan tolak yang lebih jelas untuk menerima panggilan telepon melalui pop-up call display yang didesain ulang.

Baca juga : Pakai Hp Samsung ? Update Software ke One UI 4, Tampilan Baru Fitur Lebih Seru!

  • Kustomisasi di Lock Screen

One UI 5 kini mendukung kustomisasi yang mudah dan beragam langsung di dalam lock screen. Hanya dengan beberapa ketukan, kamu dapat memangkas video untuk mengubah momen-momen paling berkesan menjadi kilasan yang menggugah di Hp kamu. Kamu juga dapat membuat lock screen ini terasa lebih dikustomisasi dengan mengubah wallpaper, gaya jam, dan pop-up notifikasi semuanya dari satu layar.

 

  • Stack widget

Widget di One UI 5 hadir dengan opsi baru yang menarik dan kemampuan untuk menjaga Home screen layar Hp Samsung tetap rapi dengan Stack widget terbaru. Fitur baru ini memungkinkan kamu melakukan drag and drop pada widget di atas satu sama lain dan swipe ke kiri atau ke kanan untuk menggulir setiap widget dengan cepat dan mudah, untuk mengosongkan ruang di Home screen dan menggunakannya dengan lebih efisien.

 

  • Smart suggestion

One UI 5 juga dilengkapi dengan Smart suggestion untuk widget. Berdasarkan pola penggunaan dan konteks aktivitas seluler Anda, Smart suggestions secara otomatis menyarankan aplikasi dan tindakan pada Hp Samsung kamu. 

 

  • Ekstrak Teks

Di One UI 5.0 kamu juga dapat dengan mudah mengekstrak teks dari gambar dan membagikannya ke dalam catatan. Baik menangkap detail acara secara cepat dari poster yang ingin dikirim ke teman, atau dengan mudah menyimpan nomor telepon dari kartu nama, One UI 5 membuat menjadi produktif lebih mudah dari sebelumnya berkat ekstraksi teks cerdas.

 

  • Connected Devices Menu

Selain itu, kamu juga dapat mengontrol semua perangkat yang terhubung ke smartphone di Connected Devices Menu terbaru. Di fitur ini kamu akan dapat mengakses semua fitur yang bekerja dengan perangkat lain seperti Quick Share, Smart View, dan Samsung DeX.

 

  • Auto switch Buds

Sekarang kamu juga mendapatkan akses mudah ke menu Auto switch Buds, yang memungkinkan Anda secara otomatis mengalihkan Buds dari satu perangkat ke perangkat lain untuk pengoperasian antar perangkat yang lebih lancar.

 

  • Security and privacy dashboard

Di One UI 5, kedua fitur pengaturan (Security dan Privacy) disatukan dalam satu dasbor yang jelas dan mudah dinavigasi, sehingga memudahkan kamu untuk melindungi perangkat dan menjaga privasi informasi sensitif kamu. 

Security and privacy dashboard terbaru ini telah dirancang sesederhana mungkin untuk mempermudah dan memahami status perangkat Anda dengan cepat dan mudah. Dalam sekilas pandang, kamu bisa cepat mendapatkan gambaran umum tentang keamanan perangkat kamu dan menemukan saran dan peringatan tergantung pada statusnya.

Untuk memastikan informasi pribadi tetap aman, One UI 5 juga memiliki notifikasi di Share Panel terbaru yang memperingatkan jika kamu akan tanpa sengaja membagikan foto yang berisi informasi yang berpotensi sensitif seperti gambar kartu kredit atau debit kamu , SIM, atau paspor.