Review Prolink USB Charger 5 Port IntelliSense, Cocok Buat Mabar Gaming! (6)

GadgetSquad.id – Sebentar lagi, sebagian besar PC portabel tidak perlu dilengkapi dengan jack barrel yang jelek dan power brick milik sendiri untuk mengisi daya. USB Implementers Forum (USB-IF) baru saja mengumumkan bahwa ini lebih dari dua kali lipat jumlah daya yang dapat dikirim melalui kabel USB-C menjadi 240 watt.

Sebagaimana dilaporkan The Verge, artinya pada akhirnya akan dapat menyambungkan jenis kabel USB-C multiguna yang sama yang saat ini digunakan pada laptop ringan, tablet, dan ponsel untuk mengisi daya semua kecuali laptop gaming paling tangguh. 

Sebelumnya, spesifikasi pengiriman daya USB-C mencapai 100 watt. Beberapa produsen telah menjual adaptor USB-C off-spec, tapi mereka tidak selalu dibundel dengan mesin dan umumnya memiliki kabel tetap yang tidak dapat dilepas untuk mencegah penyalahgunaan. 

Namun dengan daya 240W—sesuatu yang disebut USB-IF Extended Power Range atau singkatnya EPR—pengguna secara teoritis dapat mengisi daya laptop gaming Alienware m17 yang penuh lemak melalui USB-C. Pengguna memerlukan pengisi daya dan kabel USB-C baru untuk memanfaatkan spesifikasi baru.

“Semua kabel EPR harus terlihat jelas dengan item identifikasi kabel EPR,” tulis persyaratan USB-IF untuk spesifikasi baru. Kabel harus mendukung hingga 5A dan 50V agar sesuai. 

Namun, masih akan ada laptop besar yang membutuhkan daya lebih dari 240W, tentunya. Catu daya 330W masih menjadi standar pada beberapa mesin, dan selalu ada mesin eksotis yang membutuhkan lebih dari satu catu daya agar berfungsi.

Gaming desktop umumnya membutuhkan daya jauh lebih banyak, dengan 650W PSU atau PSU yang lebih tinggi diperlukan untuk kartu grafis desktop terbaru. Dan 240W mungkin tidak cukup untuk game konsol terbaru dari Sony dan Microsoft. 

Di sisi lain, beberapa komputer semakin efisien seiring berjalannya waktu. Contoh kasus: iMac baru yang penuh warna dilengkapi dengan adaptor daya 143W. Dalam satu atau dua tahun, ini akan menjadi kandidat yang layak untuk daya USB-C.