Vivo Patenkan Desain Hape dengan Kamera Pop-out Seperti Drone

0
18

GadgetSquad.id – Produsen smartphone Vivo, baru-baru ini mematenkan desain ponsel yang terlihat cukup liar. Dokumen paten pertama kali dipublikasikan oleh WIPO dengan judul “Electronic Device”, yang merupakan ponsel dengan kamera drone kecil di dalamnya.

Dari gambar ilustrasi desain yang beredar, jelas terlihat bahwa drone kecil dan tipis muncul dari baki kecil di bagian sisi atas hape. Kamera yang dinamai sistem pop-out akan berfungsi dengan cara lepas landas, karena memiliki alat mekanik baling-baling atau rotor, dan bisa terbang untuk mengambil foto atau video.

Dilaporkan Android Police, di dunia, ada banyak desain drone kecil, yang merupakan konsep, bahkan sudah ada juga yang berupa perangkat ritel yang lengkap. Namun, desain Vivo ini tidak mengingatkan kita pada drone laba-laba kecil milik Peter Parker yang muncul di film Marvel.

Paten Vivo secara teknis sebenarnya tidak merujuk pada desain sebagai ponsel, karena fokusnya pada kamera kecilnya yang bisa terbang. Selain baterainya bisa diisi ulang melalui smartphone, masuk akal jika ponsel itu sendiri akan menjadi pengontrol jika ingin melakukan pemotretan manual. 

Saat ini, hape modern dirancang untuk memanfaatkan setiap mikrometer kubik ruang internal untuk komponen bagian dalamnya seperti baterai, sensor sidik jari, radio canggih, dan kamera. Gagasan bahwa hape apa pun yang masuk ke pasar akan mengorbankan sepertiga dari volume internalnya untuk kamera drone baru memang agak konyol. 

Namun, tentu saja “konyol” tidak sama dengan “mustahil”, dan para pengembang ponsel sangat membutuhkan gimmick untuk membuat desain mereka menonjol dan menarik penggemarnya. Dan mungkin drone kamera ponsel pop-out tidak seaneh seperti yang dipikurkan.