GadgetSquad.id – Vivo baru-baru ini mendapatkan hak paten dari World Intellectual Property Organization (WIPO). Paten ini untuk desain baru dan inovatif yang menampilkan smartphone dengan modul kamera selfie di bawah layar yang dapat dilepas. 

Paten dari merek smartphone Cina itu, menurut laman Gizmochina, menjelaskan modul kamera dalam tampilan yang dapat dilepas dari badan ponsel. Modul kamera yang dapat dilepas ini akan ditempatkan di salah satu sudut atas smartphone, membuatnya mulus dengan bodi tanpa tonjolan yang terlihat.

Selanjutnya, perangkat masih akan menawarkan pengalaman layar depan penuh dengan atau tanpa modul ini terpasang. Di bawah layar teknologi kamera sudah menjadi kenyataan dan telah tersedia di pasar komersial untuk sekarang. Jadi desainnya, meski inovatif, tidak terlalu aneh. 

Meskipun, paten tersebut cukup rinci dengan skema yang mengungkapkan mekanisme pelepasan yang memungkinkan pengguna melepaskan unit kamera. Selain itu, ini juga menjelaskan dua prosedur bergerak yang memungkinkan modul berputar ke luar untuk berfungsi sebagai penembak selfie biasa.

Modul itu sendiri akan menampung elemen lensanya sendiri dan tidak bergantung pada lensa yang dipasang pada layar. Dengan kata lain, itu akan bekerja secara fungsional mirip dengan kamera pop up 

Meski desainnya menarik, kepraktisan dan penggunaannya masih dipertanyakan. Memiliki kamera yang dapat dilepas mungkin berguna karena dapat berfungsi sebagai kamera jarak jauh tempat seseorang dapat menempatkan dan mengambil gambar dengan mengontrolnya dari ponsel cerdas mereka.

Meskipun, tidak diketahui apakah modul tersebut mendukung teknologi nirkabel, perlu diingat bahwa ini hanya paten, dan mungkin saja merupakan upaya perusahaan untuk mencakup semua basis.