GadgetSquad.ID – Tidak hanya memberi update yang membuat pengguna WhatsApp, kini bisa menonaktifkan notifikasi grup selamanya. WhatsApp kabarnya siap menarik uang kepada pengguna.

Dilansir dari Reuters, WhatsApp akan berencana untuk menarik uang dari pengguna WhatsApp Business.

Yup, layanan WhatsApp Business nanti tidak lagi 100% gratis. Platform milik Facebook tersebut akan mengharuskan perusahaan dan bisnis kecil yang menjadi penggunanya untuk membayar jika ingin menggunakan beberapa layanannya.

Kebijakan baru ini diumumkan bersamaan dengan diluncurkannya beberapa fitur baru WhatsApp Business yaitu layanan hosting, fitur Shopping yang lebih luas, membantu mitranya mengelola pesan, inventaris, dan lain-lain.

Chief Operating Officer WhatsApp, Matt Idema, mengatakan fitur Shopping tersebut akan mulai digulirkan tahun ini. Sedangkan layanan hosting pesan baru tersedia tahun 2021.

Laporan yang sama menginfokan, WhatsApp akan menawarkan layanan hosting secara gratis untuk menarik konsumen bisnis baru yang ingin menjajal fitur ini. Setelahnya WhatsApp akan menarik biaya 0,5 sen hingga 9 sen untuk tiap pesan yang dikirimkan.

Pemiliki akun WhatsApp Business bisa membayar untuk mengirimkan jenis pesan tertentu, seperti boarding pass atau struk belanja. Tapi biaya yang dipasang tergantung pada wilayah dan jumlah pesan yang dikirim.

WhatsApp Business sendiri memiliki jumlah pengguna yang cukup sedikit dibandingkan jumlah pengguna WhatsApp. Idema mengatakan saat ini WhatsApp Business memiliki puluhan ribu pengguna dan lebih dari 175 juta orang berinteraksi dengan akun bisnis di WhatsApp.

Lebih lanjut, Facebook sebagai pemilik WhatsApp mengatakan, mereka akan menggunakan sebagian pendapatan dari WhatsApp Business untuk terus menawarkan layanan gratis kepada lebih dari dua miliar pengguna WhatsAp