GadgetSquad.ID – Kabar mengejutkan datang dari raksasa teknologi asal Cina, Huawei. Salah satu petinggi Huawei, Meng Wanzhou, yang menjabat Chief Financial Officer, harus berurusan dengan berwajib.

Meng Wanzhou, ditangkap kepolisian Kanada, atas permintaan Amerika Serikat. Penangkapan tersebut, buntut dari dugaan pelanggaran embargo Iran yang dilakukan oleh Huawei.

Wanzhou, yang juga adalah putri dari pendiri Huawei Ren Zhengfei, ditangkap di Vancouver pada Sabtu lalu dan terancam diekstradisi ke AS.

Dilansir laman Cnet, penangkapan tersebut, kabarnya membuat pihak Cina meradang. Imbasnya, membuat keraguan atas perjanjian damai selama 90 hari terkait perang dagang antara AS dan Cina

Laporan yang sama menginfokan, pihak pemerintah Cina, menyebut Kanada dan AS belum mengklarifikasi alasan penangkapan tersebut, dan menyebut pihaknya sudah memberikan bantuan hukum terhadap Wanzhou.

Terkait sanksi embargo terhadap Iran, Huawei pada 2012 lalu diduga terkait dengan rencana penjualan peralatan komputer terlarang ke pemerintah Iran. Hal itu merupakan pelanggaran terhadap embargo yang diberlakukan terhadap Iran.

Huawei sendiri saat ini adalah pabrikan ponsel terbesar kedua di dunia jika dilihat dari volume. Namun mereka tak bisa menembus pasar AS karena sikap anti Huawei yang digalakkan oleh pemerintahan Presiden Donald Trump.