GadgetSquad.ID – Setelah diperkenalkan di ajang CES 2018, QLED TV terbaru Samsung resmi hadir di Indonesia. Samsung mengklaim TV tersebut membawa kemampuan layaknya bunglon. Kemampuan tersebut tidak lepas dari perilaku konsumen, yang sudah berubah.

Ubay Bayanudin, Senior Product Marketing Manager TV & Audio, mengatakan, sebuah riset mendapati saat ini masyarakat di Indonesia makin jarang menonton televisi. Dalam sehari, mereka hanya menghabiskan kurang dari dua jam.

Samsung menyadari itu, karenanya mereka tidak hanya meningkatkan kualitas gambar, tapi turut menghadirkan fitur yang membuat televisi tidak hanya sebagai kotak hitam yang terpajang di dalam ruangan. “Kami menghadirkan televisi yang dapat menjadi bagian interior ruangan,” kata Ubay dalam keterangan resminya.

Vendor asal Korea Selatan itu membesut fitur Ambient Mode. Fitur inilah yang membuat televisi Samsung menjadi seperti bunglon. Jadi dengan menggunakan ponsel, pengguna bisa menangkap foto tampilan dinding area di belakang televisi.

Kemudian tampilan tersebut diaplikasikan ke layar, sehingga televisi dan dinding belakangnya serasi dan seolah menyatu. Selain tampilan jadi menarik, Samsung membuat Ambient Mode lebih memikat dengan menambahkan informasi suhu, berita dan informasi lainnya.

Samsung turut menyertakan Direct Full Array yang memungkinkan televisi mengontrol tingkat kontras secara dinamis dsn akurat sehingga tampilan hitam kelam dan putih terlihat lebih jelas. Selain itu QLED TV mampu menampilkan volume warna 100% yang dapat mengekspresikan lebih dari satu miliar warna secara akurat.

“Jajaran QLED TV terbaru Samsung akan menghadirkan pengalaman menonton yang lebih nyata dari sebelumnya,” klaim Ubay.

Samsung menghadirkan QLED TV dalam ukuran layar 49 inch hingga 88 inch. Harganya mulai dari Rp 13 juta hingga Rp 175 juta.