GadgetSquad.ID – Berawal dari rumor, akhirnya berubah menjadi kenyataan. Setelah lama digosipkan, Samsung resmi memperkenalkan revolusi baru di teknologi kamera hp.

Ya, Samsung mengumumkan sensor 200MP untuk kamera hape. Sensor bernama ISOCELL HP1 ini memiliki pixel berukuran 0,64μm. Dalam kondisi pencahayaan yang terang, sensor ini bisa digunakan untuk mengambil foto berukuran 200 MP.

Seperti dikutip dari Android Authority, pada kondisi minim cahaya, sensor ini akan memanfaatkan teknologi pixel-binning bernama ChameleonCell. Teknologi tersebut, memungkinkan sensor untuk menyatukan empat atau 16 pixel menjadi satu pixel besar.

Laporan yang sama menginfokan, kedua konfigurasi ini bisa mengubah ISOCELL HP1 menjadi sensor 50MP dengan pixel 1,28μm, atau sensor 12,5MP dengan pixel 2,56μm.

Samsung mengatakan konfigurasi 12,5MP ini bisa meningkatkan penyerapan dan sensitivitas cahaya yang meningkatkan pengambilan gambar di kondisi minim cahaya.

Lebih lanjut disebutkan, mode 50MP juga memungkinkan sensor ISOCELL HP1, merekam video berkualitas 8K. Samsung mengatakan sensor ini bisa mengambil video 8K/30fps tanpa di-crop.

Selain ISOCELL HP1, Samsung juga memamerkan sensor terbaru di lini GN yaitu ISOCELL GN5. Sensor terbaru ini tidak hadir dengan megapixel yang lebih besar, tapi justru fokus membawa peningkatan dalam autofokus.

Samsung mengatakan ISOCELL GN5 bisa membawa performa autofokus yang lebih cepat berkat penggunaan fotodioda yang lebih banyak. Sensor ini mengusung pixel 1,0μm, lebih kecil dari pixel 1,4μm yang digunakan di ISOCELL GN2.

Pertanyaan kapan revolusi kamera hape tersebut, mulai diaplikasikan Samsung?

Saat ini, belum diketahui kapan sensor ISOCELL HP1 dan GN5 akan mulai diproduksi secara massal dan hadir di ponsel komersial. Samsung sendiri sudah mengapalkan sampel kedua sensor ini kepada vendor ponsel.

Rumor yang sebelumnya beredar mengatakan Xiaomi akan menjadi vendor pertama yang meluncurkan ponsel dengan kamera 200MP di tahun 2022. Samsung juga dikabarkan akan menggunakan sensor 200MP untuk Galaxy S22 Ultra yang diluncurkan awal tahun depan.