GadgetSquad.ID – Kabar baik bagi pelaku startup di Tanah Air. Yup, di tengah pandemi Covid-19 ini, Telkom kembali membuka program inkubasi atau akselerasi startup digital

Berlabel “Indigo Creative Nation”, pendanaan startup di tengah pandemi ini dilakukan Telkom untuk mendorong ekonomi digital di Indonesia, khususnya membantu startup di masa-masa sulit seperti terjadi saat ini.

“Indigo Creative Nation ikut membantu memperkuat ekonomi Indonesia, khususnya terkait dengan ekonomi kreatif atau ekonomi digital. Turut mengembangkan inovasi, khususnya di bidang digital,” kata Direktur Digital Business Telkom Fajrin Rasyid.

Sebagai info, Indigo Creative Nation adalah program inkubasi/akselerasi startup yang mengusung prinsip kreativitas dalam berbisnis, mulai dari nurturing creativity hingga tahap Follow-on-Funding (FoF).

Program pemberdayaan startup oleh Telkom ini dilakukan sejak 2013 dan secara konsisten hadir dua kali di setiap tahunnya. Untuk tahun ini, Indigo Creative Nation sudah memasuki Batch ke 2.

Sebelumnya pada Indigo Batch 1 – 2020 yang sudah dimulai pada Mei 2020 lalu, setidaknya 201 startup mendaftar untuk ikut program ini.

Melalui pembukaan Batch ke-2 Indigo Creative Nation, Telkom mencari startup dari enam kategori untuk diinkubasi, akselerasi, hingga mereka dapat mengeksplorasi digital business yang berpotensi menjadi new engine of growth.

Adapun kategori yang jadi incaran adalah startup yang berkaitan dengan layanan logistik, keuangan, pendidikan, perjalanan & pariwisata, pertanian, dan kesehatan.

Seperti yang telah dilakukan pada batch-batch sebelumnya, Telkom juga menyediakan pendanaan hingga Rp 2 Miliar untuk Indigo Batch 2 – 2020. Pendanaan tersebut akan ditujukan untuk pertumbuhan dan tahap awal pengembangan startup.

Program ini telah membina 31.748 talenta digital tersebar di 17 DILo (Digital Innovation Lounge) di seluruh Indonesia. Setidaknya 177 startup digital telah masuk program inkubasi dan akselerasi market yang bertempat di 4 DiVa (Digital Valleys) yaitu di Jakarta, Bandung, Jogja, dan Makassar.