xiaomi-logo

gadgetsquad.id – Sukses menggebrak pasar lewat smartphone andalannya, Xiaomi pun kemudian merilis tablet, TV, dan wearable device. Tak berhenti sampai di situ, vendor asal Tiongkok ini kabarnya bakal membesut chipset miliknya sendiri. Benarkah?

Kabar yang beredar seperti dilansir GizChina, Xiaomi disebut tengah terlibat dalam pembicaraan dengan Leadcore Technology di Tiongkok dalam rangka mengambil alih perusahaan tersebut dengan membeli 51% saham.

Leadcore sendiri merupakan perusahaan semikonduktor terbesar keenam di Tiongkok dan pembelian perusahaan ini pun dianggap mudah bagi perusahaan sekelas Xiaomi.

Jika apa yang dikabarkan ini benar Xiaomi bakal memiliki chipset sendiri dan tidak bergantung pada SoC besutan pihak ketiga. Dengan demikian, diharapkan bakal terlihat adanya optimasi MIUI yang lebih baik dan mungkin harga perangkatny ajuga akan lebih murah.

Seperti diketahui sebagian besar produsen smartphone di dunia telah bekerja sama dengan sejumlah produsen SoC, semisal dengan Qualcomm, Mediatek, dan lainnya. Meski chipset besutan produsen pihak ketiga bisa diandalkan, namun ketergantungan dengan chipset milik pihak ketiga tidak selalu menjadi jalan terbaik untuk menghasilkan produk murah dan optimal.

Atas dasar itulah, mungkin Xiaomi kemudian berencana membuat chipset buatannya sendiri. [Joe]