GadgetSquad.id – Ponsel cerdas modular belum berfungsi sebagaimana mestinya dan hape yang dapat dilipat menjadi lebih populer meskipun diluncurkan beberapa tahun setelah pengenalan ponsel modular. Hanya ada beberapa perusahaan yang meluncurkanny, Motorola dengan seri Moto Z dan Fairphone yang berbasis di Belanda.

Sebagaimana dilaporkan Gizmochina, sekarang, tampaknya Xiaomi dapat mengerjakan smartphone modular karena telah dianugerahi paten. Perusahaan asal Cina itu telah mengajukan paten ke Kantor Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat (USPTO) untuk ‘perangkat elektronik’.

Dokumen yang terungkap beberapa minggu lalu, menggambarkan hape yang terbuat dari modul berbeda dengan fungsi berbeda. Gambar 3D konsep hape dalam aplikasi paten telah dibuat oleh Pembuat Konsep untuk LetsGoDigital.

Pada dasarnya ada tiga modul, pertama berisi motherboard dan sistem kamera, kedua untuk baterai, sedangkan ketiga adalah yang membentuk bagian bawah telepon. Dua dari tiga modul itu memiliki fitur layar dan ketika keduanya dihubungkan bersama, akan membentuk panel tampilan besar tanpa jahitan yang terlihat. Modul dapat dipasang dan dilepas melalui mekanisme geser seperti rel. 

Xiaomi telah menunjukkan dan menjelaskan dua jenis modul kamera. Salah satunya adalah sistem kamera berbentuk persegi dengan pengaturan tiga kamera dan lampu kilat LED, desain yang mirip seperti Redmi 9C.

Ada juga konfigurasi kamera vertikal dengan pengaturan quad-camera. Lensa di bagian bawah memiliki desain berbentuk persegi, menandakan kamera zoom periskop. 

Sedangkan untuk kamera depan, dokumennya tidak banyak terungkap. Saat ini, kemungkinan akan menjadi lekukan lubang pada layar untuk menampung kamera depan, tapi perusahaan juga dapat menggunakan teknologi kamera di bawah layar untuk ini. 

Co-founder dan CEO Xiaomi Lei Jun telah membagikan beberapa foto telepon modular Xiaomi Magic Cube di Weibo beberapa tahun yang lalu. Meski ponsel itu tidak dirilis di pasaran, tampaknya perusahaan masih bermain-main dengan idenya dan bisa meluncurkan smartphone dengan konsep serupa di masa mendatang.