GadgetSquad – Xiaomi mengajukan banyak paten desain smartphone lipat, tapi hingga saat ini tidak ada yang terungkap, bahkan sejak prototipe ponsel lipat pertama bocor, perusahaan asal Cina itu tidak lanjut untuk mengenalkannya. Tapi sekarang paten baru mengungkapkan bahwa Xiaomi sedang mencoba desain lain yang mirip dengan Samsung.

Paten baru itu ditemukan oleh LetsGoDigital, dan Xiaomi Mobile Software Co Ltd mengajukannya awal tahun ini, 2 Januari, ke China National Intellectual Property Administration (CNIPA). Paten tersebut telah dipublikasikan pada 20 Oktober, dari tampilannya, dan deskripsi di situs CNIPA, sudah pasti smartphone itu bisa dilipat, seperti dikutip Gizmochina, 20 Oktober.

Anehnya, desainnya terlihat sangat mirip perangkat lipat Samsung Galaxy dengan desain lipat ke dalam. Selain itu, penutup depan memiliki layar sekunder dan pengaturan tiga kamera belakang. Ponsel pintar itu mirip dengan Galaxy Fold generasi pertama tahun 2019.

Selain itu, engsel vertikalnya juga sangat mirip dengan Fold, tapi dengan desain yang lebih datar. Konon, perbedaannya akan terlihat di bagian dalamnya. Layar yang lebih besar end-to-end dan tidak memiliki potongan di pojok kanan atas seperti Galaxy Fold.

Namun, ada garis vertikal di sisi kanan layar lebar. Mungkin untuk sensor kamera dengan lampu flash atau pemindai wajah. Garis ini menyerupai salah satu paten sebelumnya dari Xiaomi. Hal yang menarik dari desain ini adalah layar besarnya terletak tepat di dalam bingkai yang mengelilinginya, dan membuatnya terlipat dan rata, tidak seperti Galaxy Fold masih menyisakan lubang kecil.

Namun, tidak ada info lain tentang desain tersebut, dan mengingat ini adalah paten, sehingga hanya akan menatap skema 3D-nya saja.

Samsung saat ini menjadi pemimpin smartphone lipat dan Galaxy Z Fold 2 terbaru menjadi titik referensi bagi banyak orang. Sehingga, perusahaan seperti Xiaomi dan Huawei telah mengikuti jejak mereka dengan mematenkan desain serupa. Sementara Huawei sudah mengenalkannya dengan Mate X, dan Mate Xs, sedang desain Xiaomi belum melewati pengujian dan belum mendapatkan terobosan.