GadgetSquad – Ooredoo Hutchison (IOH) kembali menghadirkan program menarik bagi anak muda, khususnya mereka yang ingin menyalurkan ide kreatifnya dalam bentuk film.

Kali ini IOH berkolaborasi dengan CGV, meresmikan program literasi digital Save Our Socmed (S.O.S), yang dikemas dalam kompetisi film pendek.

Lewat S.O.S, IOH berharap bisa menginspirasi anak muda Indonesia agar menggunakan internet untuk hal-hal produktif, kreatif, dan positif.

“Waspada Flex Culture, Stay Humble!” menjadi tema dalam S.O.S. Tema tersebut diangkat untuk menanggapi fenomena flexing, pasalnya banyak generasi Gen-Z makin kerap memamerkan kekayaan dan menyombongkan diri di medsos yang memberi dampak negatif.

Flexing sendiri, menyebabkan rasa fear of missing out (FOMO), kurang percaya diri, merusak mental pribadi, dan mempengaruhi produktivitas.

Director & Chief Regulatory Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Muhammad Buldansyah mengatakan, “Lewat program ini, kami ingin memberikan keterampilan digital dan mengajak anak muda untuk memanfaatkan media sosial sebagai sarana meningkatkan kreativitas dengan membuat konten positif. Sehingga, anak muda yang jadi pengguna terbesar internet bisa memamerkan kreativitas mereka alih-alih terbawa flex culture.”

Program ini ditujukan untuk pelajar, mahasiswa, dan umum dengan total hadiah Rp100 juta. Nantinya, setelah mendaftar dalam kompetisi film, peserta S.O.S akan menerima pelatihan pembuatan film pendek dan edukasi mengenai dampak negatif Flex Culture.

Adapun pelatihan tersebut rencananya, akan digelar di bioskop-bioskop CGV di 10 kota Indonesia. Film pendek yang dihasilkan, lantas dilombakan dan seluruh peserta akan diajak untuk bersama-sama menyaksikan karya-karya yang terpilih.

Sebagai info tambahan, Literasi Digital S.O.S dilaksanakan untuk meneruskan kesuksesan S.O.S pada tahun 2021 lalu.

Lewat kegiatan CSR pilar pendidikan digital ini, IOH membuat kompetisi dan webinar terkait cyber bullying, hoaks, dan kekerasan berbasis gender online (KBGO). Hasil seluruh karya dari peserta kompetisi tersebut berhasil disaksikan oleh 2,3 juta penonton.