Yuk Lebih Sayangi Bumi, Melalui Gerakan “Blibli Cinta Bumi”

GadgetSquad.ID – Demi kondisi bumi yang lebih baik, Blibli melanjutkan komitmennya untuk menguranggi sampah plastik. Komitmen tersebut diwujudkan dalam gerakan “Blibli Cinta Bumi” bersama Liberty Society.

Hasil kolaborasi keduanya bisa kamu lihat dalam eksibisi bertajuk Langkah Membumi, yang berlangsung mulai 11 November hingga 4 Desember 2022, di ASHTA District 8, Jakarta Selatan.

Lisa Widodo, COO dan Co-founder Blibli memaparkan, selain berbagi pengalaman seputar langkah mencintai bumi, eksebisi juga menjadi ajang peluncuran Blibli Cinta Bumi Hub sebagai laman utama kurasi produk eco-conscious di aplikasi dan situs resmi Blibli.

Para pengunjung mall dapat melihat dan memiliki beragam produk ramah lingkungan yang telah dikurasi Blibli.

“Eksibisi ini sekaligus menjadi inisiatif ESG pertama di bawah naungan ekosistem Blibli Tiket, di mana Blibli bersama tiket.com dan Ranch Market mengusung visi bersama menjadi ekosistem e-commerce hijau pertama di Indonesia,” tambah Lisa.

“Kami menyadari bahwa untuk menyelesaikan pekerjaan besar ini, harus bersinergi dengan banyak pihak, mulai dari rantai produksi hingga para pelanggan kami untuk terlibat aktif. Kami percaya, jika terus dilakukan, setiap langkah kecil bisa jadi lebih besar manfaatnya bagi keberlanjutan di sekitar kita,” imbuh Lisa.

Sebagai pelopor ekosistem perdagangan dan gaya hidup omnichannel, Blibli optimis eksibisi ini dapat memperluas dan memperkaya pesan pelestarian lingkungan yang dikampanyekan, khususnya dalam pengelolaan sampah plastik dan kemasan yang memberi nilai lebih, tidak hanya untuk lingkungan, namun juga kehidupan masyarakat luas.

Blibli sendiri, belum lama ini, sukses mengumpulkan lebih dari 2.600 kilogram sampah daur ulang, dari berbagai acara musik dan festival yang berlangsung hingga akhir Oktober 2022.

Seluruh sampah daur ulang tersebut terdiri dari sampah plastik dan kemasan yang dikumpulkan dan melibatkan social enterprises Liberty Society untuk proses daur ulang secara ekonomi sirkular, dengan merangkul secara inklusif para konsumen, pelestari, dan pengepul sampah.

Tamara Gondo, CEO & Co-Founder Liberty Society, mengatakan, jima Sustainability dapat menjadi norma, bukan hanya tren, ketika sektor privat menggandeng bisnis sosial seperti kami.

“Dimana generation muda sangat peduli pada masalah lingkungan dan sosial, kami senang dapat mengedukasi dan membuat produk ramah lingkungan yang mengusung keberlanjutan manusia serta planet melalui kampanye ini. Dari konstruksi booth dan pembuatan merchandise, lebih dari 520 kilogram sampah plastik dan 240 kilogram rice husk telah diolah kembali.”

Lebih jauh, Di eksibisi Langkah Membumi ini, pengunjung disuguhkan dengan rangkaian talk show, workshop, dan edukasi cara memilah sampah hingga proses mendaur ulang sampah menjadi produk baru yang ramah lingkungan.

Pengunjung juga dapat berkontribusi menyumbangkan sampah botol plastik atau kardus yang dimiliki untuk ditukarkan dengan sejumlah reward, diantaranya merchandise Blibli dan tiket.com, serta voucher belanja dari Ranch Market.