GadgetSquad.ID – Setelah melalui proses seleksi ketat, ajang DigiHackAction yang diselenggarakan oleh Telkomsel, akhirnya sampai juga ke tahap puncak.

DigiHackAction yang mengusung tema “The 1st Adtech and Martech Hackathon in Indonesia” pada tahun ini menerima sebanyak 300 ide.

Ratusan ide tersebut datang dari para peserta dengan berbagai latar belakang yang di antaranya 68 persen tim independen, 24 persen startup, 27 persen pengembang, dan 11 persen perusahaan digital.

Berdasarkan jumlah ide yang masuk, 46 persen di antaranya memilih tema Advertising and Marketing Direct Solution, 28 persen memilih Digital Advertising Product, dan 26 persen memilih Advertising and Marketing Support Solution.

Ratusan ide tersebut kemudian dikurasi hingga tersaring 137 ide (Top 100) yang diumumkan pada 14 Agustus 2021.

Para juri kemudian mulai mengambil alih peran dalam mengkurasi ide-ide tersebut untuk dipilih menjadi 10 ide terbaik (Top 10) untuk dipresentasikan pada Demo Day.

Dalam Demo Day, 10 finalis mempresentasikan langsung ide-ide terbaik mereka di depan para dewan juri secara virtual. Hasilnya 3 ide terbaik, resmi menjadi jawara gelaran Telkomsel DigiHackAction tahun ini.

SVP Digital Advertising & Banking Telkomsel Ronny W. Sugiadha mengatakan, ajang ini merupakan momentum bagi Telkomsel dalam memperkuat peran kami sebagai society enabler yang mampu membuka peluang lebih luas bagi talenta digital unggul di seluruh Indonesia untuk lebih berkembang dengan memberikan solusi teknologi yang inovatif dan bermanfaat bagi pelaku bisnis di Indonesia, khususnya UMKM.”

“Semoga DigiHackAction dapat lebih banyak menciptakan beragam inovasi dalam solusi dan ide bisnis yang lebih customer-centric untuk memenuhi berbagai kebutuhan digital marketing di Indonesia sehingga mampu #BukaSemuaPeluang yang akan berkontribusi pada kemajuan industri digital advertising di Indonesia,” tegasnya.

Berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan dan melalui penilaian yang objektif, dewan juri pun memilih Cek Toko Sebelah App dengan ide Real Time Product Comparison, berhasil menjadi juara 1.

Kemudian juara ke 2, diraih oleh TIM Deadliner dengan ide Comment Robot Marketing. Sementara posisi ke 3, menjadi milik tim “StoriAI” dengan ide AI Assistant for Persuasive Writing.

Setiap pemenang, berhak mendapatkan hadiah dan membuka peluang kolaborasi dengan Telkomsel DigiAds dalam tahapan proses inkubasi dan akselerasi selanjutnya.

“Selamat kepada Cek Toko Sebelah App, TIM Deadliner, dan StoriAI atas semua ide inovatif dan revolusioner untuk menghadirkan lebih banyak solusi digital masa depan di sektor digital marketing dan digital advertising yang telah dicurahkan melalui DigiHackAction,” ucap Ronny

“Dengan ini DigiHackAction juga akan menjadi pintu bagi unit bisnis Telkomsel DigiAds dalam menginspirasi hadirnya lebih banyak talenta berdedikasi yang memiliki solusi terbaik berbasis customer and market centric untuk dapat dikembangkan menjadi aset dan engine baru, sekaligus menjadi salah satu upaya Telkomsel dalam memperkuat digital trifecta yang meliputi Digital Connectivity, Digital Service, dan Digital Platform,” tukasnya.