10 Alasan Redmi 10 Layak Disebut Jagoannya Smartphone Entry Level !

0
362

Keberadaan Redmi 10 pada pertengahan September lalu tidak bisa dianggap remeh. Smartphone besutan Xiaomi ini memiliki tampilan yang menarik dan mendukung spesifikasi yang mumpuni dengan beragam fitur yang biasanya dijumpai di smartphone kelas menengah ke atas.

Ada beberapa pertimbangan yang bisa dijadikan sebagai acuan, bahwa smartphone ini layak digunakan sebagai daily driver untuk berbagai keperluan. Berikut 10 poin penting yang bisa kami sampaikan untuk menjadikan Redmi 10 sebagai ponsel idaman entry level.

Desain Premium

Redmi 10 membawa desain yang secara keseluruhan berbeda dari generasi sebelumnya. Perubahan tampilannya cukup signifikan, sehingga terlihat dan terasa seperti ponsel premium dengan desain modul kamera yang mirip dengan Mi 10 Series dan Redmi Note 10 Series. Selain itu, ponsel anyar entry level besutan Xiaomi ini memiliki bodi yang cukup tipis dan ringan. Bobotnya hanya 181 gram dengan dimensi 161.95 x 75.53 x 8.92mm dan ketebalan hanya 8.92 mm yang membuat Redmi 10 ini semakin nyaman untuk digenggam.

Meski hadir dengan bingkai dan cover bodi plastik, kesan murahan tidak tampak pada Redmi 10 ini. Menurut kami, secara tampilan Xiaomi berhasil mengemas ponsel ini dengan sangat baik. Sedangkan untuk pilihan warnanya, Redmi 10 hadir dengan tiga varian warna yakni, Sea Blue, Carbon Gray dan Pebble White yang dijadikan sentuhan akhir pada cover bodi belakang yang membuat tampilannya semakin stylish.

Layar 90 Hz

Layar adalah salah satu komponen terpenting dalam sebuah smartphone, untuk menampilkan visual pada smartphone ke mata pengguna dan menerjemahkan perintah dari pengguna ke smartphone. Menurut kami Redmi 10 memiliki kualitas layar yang cukup baik dikelasnya dengan membawa fitur-fitur menarik guna meningkatkan pengalaman lebih baik saat digunakan.

Redmi 10 memiliki ukuran yang terbilang ideal yang mengusung bezel tipis di tepian layarnya. Hadir dengan 6,5 inci FHD+ (2340 x 1080 piksel) Dot Display beresolusi 1080p yang memberikan tampilan yang terang dan kaya warna. Tidak hanya itu, layar Redmi 10 telah dibekali dengan refresh rate 90 Hz dengan Adaptive Sync yang membuat Gerakan scrolling layar jauh lebih smooth. Sehingga saat kami coba untuk menikmati beragam aktivitas multimedia semakin nyaman dan menyenangkan.

Selain itu, dengan dukungan refresh rate yang tinggi memberikan kenyamanan untuk bermain game, yang membuat pergerakan dan kontrol game melalui layar akan lebih lancar. Apalagi, layar tersebut juga dibekali dengan sederet fitur yang mampu membuat mata kita betah berlama-lama menatap layar, seperti Sunlight Display 2.0, Reading Mode 3.0 yang membantu mata pengguna menjadi lebih rileks dan tidak mudah lelah ketika membaca atau menonton film favorit. Tidak lupa untuk perlindungan, panel layar juga sudah dilapisi dengan Corning Gorilla Glass 3. Meskipun bukan generasi yang terbaru, tapi setidaknya bisa melindungi pada area layar dari goresan dan terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

Fitur Face Unlock dan Fingerprint dan yang responsif

Sedangkan untuk keamanannya Redmi 10 dibekali dengan fitur Face Unlock untuk membuka layar. Pada fitur Face Unlock di ponsel ini cukup bisa diandalkan, dengan catatan kondisi penerangan tidak terlalu gelap. Di bagian sisi kanan Xiaomi turut menyematkan teknologi pemindai sidik jari side Arc Fingerprint untuk membuka dan menutup perangkat. Selain penempatan fingerprint yang berada di samping bodi lebih terasa ergonomis, fingerprint scanner ini memiliki tingkatan responsivitas yang cepat untuk membuka kunci layar dalam waktu 0,22 detik saja.

Performa Andal MediaTek G88

Untuk sektor dapur pacu, Redmi 10 menjadi smartphone pertama di dunia yang ditenagai MediaTek Helio G88. CPU octa-core-nya memiliki dua CPU Arm Cortex-A75 yang beroperasi hingga kecepatan 2.0GHz. Menariknya lagi, selain menjadi yang pertama menggunakan chipset ini, MediaTek Helio G88 merupakan SoC ponsel kelas menengah yang pertama kali disematkan dalam perangkat entry-level. Redmi 10 hadir dengan dua pilihan penyimpanan 4/64 dan 6/128 GB RAM/ROM. Pada unit yang kami uji kali ini merupakan varian tertinggi yakni, yakni 6/128 GB RAM/ROM.

Memory Extension

Untuk meningkatkan performa perangkat yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan pengguna, Redmi 10 dibekali dengan fitur Memory Extension. Fitur Memory Extension pada Redmi 10 dapat menambah 1GB untuk perangkat 4GB+64GB dan 2GB untuk perangkat 6GB+128GB. Saat diaktifkan, secara otomatis fitur ini akan mengalokasikan sejumlah ruang dari penyimpanan internal untuk digunakan sebagai RAM virtual.

Sehingga dengan adanya RAM virtual ini tentunya bisa memperlancar penggunaan secara multitasking yang dilakukan di smartphone. Dengan hal tersebut, tentu saja fitur ini sangat istimewa di kelasnya dengan banderol harga mulai dari Rp 1,9 jutaan saja.

Game Turbo

Tak lupa, untuk pengguna yang gemar bermain game online, Redmi 10 menurut kami terbilang cukup bisa diandalkan. Hal ini lantaran Redmi 10 sudah dilengkapi dengan fitur khusus gaming yakni, fitur Game Turbo yang berfungsi mengoptimalkan dan efektif merespons games supaya berjalan lebih cepat.

Terlepas dari hal tersebut, dengan adanya fitur ini tentu saja terbilang sangat istimewa, karena bisa hadir di kelas smartphone entry level  dengan banderol harga mulai dari Rp2 juta.

MIUI 12.5

Sedangkan untuk operasi sistem Redmi 10 dilengkapi dengan sistem operasi baru, MIUI 12.5 berbasis Android 11 terbaru. Pada OS terbaru ini kami suka dengan tampilan desain UI nya yang memiliki desain lebih minimalis, bentuk ikonnya juga dirombak menjadi lebih elegan dan sangat mudah dikenali.

Mode Kamera 50 MP

Salah satu nilai jual utama pada ponsel ini berada pada sektor kameranya. Bagi pengguna yang hobi fotografi Redmi 10 ini bisa menjadi rekomendasi dan pilihan yang menarik. Meski dijual di harga Rp2 jutaan, ponsel ini unggul di kemampuan fotografi lewat empat kamera di belakangnya yang sudah dibekali dengan lensa 50MP f/1.8. Selain itu konfigurasi kamera lainnya terdapat lensa ultrawide 8MP FOV 120°, f/2.2, kemudian lensa macro 2MP f/2.4, dan kamera depth sensor beresolusi 2MP f/2.4.

Secara total, jumlah kamera utama yang melengkapi Redmi 10 ini ada 4 sensor. Jumlah ini meningkat dibandingkan pendahulunya yakni, Redmi 9 yang hanya memiliki 3 sensor kamera utama saja. Dan menurut kami, keberadaan empat kamera ini menjadikan Redmi 10 sebagai perangkat yang ideal untuk memotret di berbagai kondisi.

Dual Speaker

Untuk mendapatkan pengalaman musik dan media yang imersif, Redmi 10 dibekali dengan dual speakers yang terletak di bagian bawah dan atas layar. Saat kami coba untuk menonton film streaming dalam posisi landscape, speaker memproduksi suara dari dari sisi kiri dan kanan yang menciptakan ilusi perspektif audio multiarah. Dengan sumber audio yang berbeda arah membuat pendengaran akan lebih mendalam dan menyenangkan.

Baterai 5.000 mAh dengan 9W reverse wired charging

Redmi 10 menjadi salah satu smartphone entry level yang dibekali dengan baterai berkapasitas besar. Redmi 10 dibekali dengan baterai berkapasitas 5000 mAh yang memiliki waktu siaga hingga 34 hari.

Dengan daya tahan yang dimiliki, cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari pengguna tanpa khawatir harus membawa powerbank atau mencari charger. Menariknya, Baterai tersebut juga sudah mendukung pengisian cepat 18W dan 9W reverse wired charging sehingga bisa menjadi power bank.

Harga Bersahabat

Dengan menawarkan spesifikasi dan fitur yang sangat menarik, namun harga Redmi 10 tetap terjangkau yang dibanderol mulai dari Rp. 1,9 Jutaan untuk varian RAM 4/64 GB dan Rp 2.399.000 untuk varian 6 GB/128 GB. Menurut kami, ponsel ini cocok bagi pengguna yang ingin upgrade smartphone entry-level. Dan lagi-lagi, Xiaomi berhasil menarik perhatian besar dan menjadikan standar baru untuk segmen smartphone entry-level.