Belum Lama OPPO A55, Hadir Terbaru OPPO A57, Pilih Mana ?

GadgetSquad.id – Memasuki tengah tahun kedua, Oppo meluncurkan hape terbarunya di Indonesai. Kali ini giliran OPPO A57 yang ‘dilempar’ ke pasaran. Padahal belum lama ini, atau tepatnya menjelang bulan Ramadan yang belum lama ini berlalu OPPO juga meluncurkan Hp keluarga “A” Series terbaru, yaitu OPPO A55.

OPPO A57
OPPO A57

Bisa bikin bingung nih mau pilih yang mana, apalagi kedua Hp OPPO A Series terbaru ini sama-sama dibanderol dengan harga 2 jutaan. Biar gak bingung, coba simak perbandingan antara OPPO A55 dengan OPPO A57 berikut ini : 

 

Desain

Bodi OPPO A55 hadir dalam dua tipe warna, yakni Starry Black dan varian Rainblow Blue. Menambah kesan glamour, bodi belakangnya hape dibuat berkilau.  Lantaran bodi belakang dibuat berkilau, hape ini jadi mudah terlihat kotor oleh sidik jari. bodi OPPO A55 sudah memiliki sertifikasi IPX4. Sekedar mengingatkan, sertifikasi ini merujuk pada ketahanan ponsel terhadap percikan air.

OPPO A57 tersedia dalam pilihan warna glowing green dan glowing black. Hp OPPO terbaru ini hadir menggunakan desain retro modern dengan finishing OPPO Glow. Desain OPPO Glow tidak hanya menjadikan perangkat ini tampil berkilauan jika terkena cahaya, namun juga bebas sidik jari dan tahan terhadap goresan. OPPO menerapkan enduring quality pada perangkat ini yang berarti telah lolos 6 uji utama termasuk uji jatuh.  Untuk ketahanan cipratan air normal, tidak lupa OPPO melengkapinya dengan sertifikasi IPX4 Water Resistance.

hape oppo A55
OPPO A55

Layar

Layar OPPO A55 memiliki ukuran 6,51 inci. Layar ini mengusung teknologi IPS dengan resolusi HD+. Untuk keamanan layar, sudah dipersenjatai lapisan NEG T2X-1, serupa dengan Gorilla Glass. Layar OPPO A57 memiliki ukuran yang lebih luas, yaitu 6,56 inchi. Layar ini juga menggunakan teknolofi IPS dengan resolusi juga HD+ (720 x 1612 pixel).

Baca juga : Review OPPO A55 : Hanya 2 Jutaan, Fitur Lebih Kekinian, Kamera Makin Mantab!!

Kamera

Beralih ke sektor kamera. OPPO A55 dilengkapi dengan kamera utama yang sudah beresolusi 50MP dengan bukaan f/1.8. Kamera utama ini juga temani oleh 2 lensa lain, yakni optik 2MP untuk kebutuhan makro dan 2MP untuk kebutuhan depth of field. Tak ketinggalan, kamera depan untuk swafoto atau selfie dengan resolusi 16MP. OPPO A57 hadir dengan kamera belakang yang terdiri dari kamera 13 MP f/2.2 dan kamera dept 2 MP. Sedangkan kamera selfie nya memiliki resolusi 8 MP. 

OPPO a55
OPPO A55

Performa

OPPO membekali dapur pacu seri A55 dengan chipset prosesor Mediatek Helio G35. Chipset ini telah dilengkapi dengan HyperEngine Technology yang digadang mampu memberikan performa yang lancar, efisiensi daya dengan koneksi yang rendah latensi. Performa OPPO A55 juga didukung RAM 4GB, penyimpanan internalnya 64GB, plus slot eksternal microSD.

Performa OPPO A57 termyata juga mengandalkan chipset prosesor Mediatek Helio G35. Juga didukung  RAM 4GB, penyimpanan internalnya 64GB, plus slot eksternal microSD. Bedanya di OPPO A57 sudah dilengkapi fitur ekspansi RAM, yang bisa menambahkan kapasitas RAM hingga 4GB. 

Bahkan OPPO A57 juga sudah dilengkapi dengan fitur ekspansi ROM. Fitur ini berfungsi mengoptimalkan penyimpanan dengan secara otomatis menyimpan data aplikasi sistem dan beberapa data aplikasi media sosial langsung ke kartu Micro SD.

Perbedaan lainnya yaitu jika OPPO A55 masih mengadopsi sistem operasi ColorOS 11.1, di OPPO A57 membawa sistem operasi terbaru, ColorOS 12.1 berbasis Android 12 yang membawa fitur – fitur populer seperti Flexdrop yang dapat mempermudah multitasking dengan memperkecil layar aplikasi dan dapat dipindahkan posisinya, Three-finger Translate with Google lens dapat mempermudah menerjemahkan ke berbagai bahasa melalui tangkapan layar. Dan juga berbagai fitur privasi yang akan menjaga keamanan data pengguna. 

Baterai

Untuk daya tahan hidupnya, OPPO A55 dibekali baterai berkapasitas 5000 mAh. Hape ini juga sidah mengadopsi teknologi pengisian cepat atau fast charging 18W.

OPPO A57 juga sama-sama dibekali dengan kapasitas  baterai 5000 mAh. Namun bedanya, OPPO A57 sudah dibekali teknologi fast charging 33W SUPERVOOC, dan ini digunakan pertama kalinya pada lini seri A5. Dengan pengisian daya super cepat dan baterai besar 5000mAh yang tahan lama, OPPO A57 dapat diisi penuh hanya dalam kurun waktu 72 menit. Sementara, dengan melakukan pengisian daya 10 menit saja dapat menghasilkan waktu 2,8 jam untuk streaming Youtube.

Walau memiliki pengisian super cepat, pengguna tidak perlu khawatir karena OPPO A57 dilengkapi serangkaian fitur Charging Heat Technology, perlindungan over-voltage dan over-current voltage membuat metode pengisian daya 33W SUPERVOOCTM benar-benar aman meskipun daya yang dialirkan ke perangkat sangatlah besar. Optimized Night Charging akan mempelajari rutinitas pengguna untuk menghitung waktu yang tepat untuk memulai mengisi daya ponsel di malam hari. Sementara Super Nighttime Standby hanya akan mengurangi daya baterai 2% jika perangkat menyala semalaman.

Harga

OPPO A55 dijual dengan harga Rp. 2.699.000. Sedangkan OPPO A57 dibanderol seharga Rp2.990.000