Fitur Keamanan Berlapis Oppo, Siap Lindungi Pengguna Dari Kebocoran Data

GadgetSquad.ID – Soal keamanan data pribadi semakin menjadi isu penting. Apalagi di Indonesia yang beberapa kali, diterpa kabar kebocoran data pribadi dari berbagai instansi.

Nah, di era digital ini hape menjadi salah satu gadget yang punya peranan penting, untuk menjaga keamanan data pribadi. Hape tak ubahnya sebuah brankas, tempat kamu menyimpan berbagai data.

Soal keamanan di hape, sangat diperhatikan oleh Oppo. Agar tidak ada isu soal keamanan data yang dialami pengguna hape Oppo, pihak vendor pun sudah menghadirkan berbagai inovasi penting.

Kelihaian vendor ini memberikan pengamanan berlapis, tak lepas platfrom bawaan Oppo, yakni ColorOS yang selalu di upgrade. Berbagai menu keamanan anyar itu, bisa dirasakan hape Oppo dengan platfrom ColorOS 12 maupun ColorOS 13

Apa saja fitur keamanan tinggkat tinggi yang sudah dikembang Oppo?

1. Payment Protection
Pada sebagian besar hape OPPO, terdapat pengaturan keamanan yang disarankan untuk digunakan, yakni fitur Payment Protection. Fitur ini akan memberi pengaman ekstra saat kamu, berbelanja online atau melakukan transaksi perbankan menggunakan hape Oppo.

Smartphone OPPO akan dengan cerdas mengetahui aplikasi apa yang memerlukan perlindungan pembayaran dan akan diaktifkan secara default. Untuk mengetahui aplikasi apa saja yang sudah dilindungi, pengguna dapat melihat pemberitahuan yang mengatakan ‘Secure Payment’ di bagian atas laya

2. Privacy Dashboard
Oppo meningkatkan perlindungan privasi pengguna terdapat Privacy Dashboard yang dapat membantu pengguna mengelola keamanan privasi. Privacy Dashboard akan mencatat semua izin dari setiap aplikasi di smartphone dan akan membantu memeriksa serta mengelola semuanya dengan mudah.

3. Keamanan Mikrofon dan Kamera
Indikator mikrofon dan kamera pada ColorOS adalah perlindungan privasi tinggi yang mencegah aplikasi untuk melihat atau mendengarkan tanpa persetujuan pengguna.

4. Approximate Location Sharing
Fitur Approximate Location Sharing berguna untuk meningkatkan privasi pengguna dengan tidak membagikan lokasi secara akurat pada berbagai aplikasi, melainkan hanya lokasi ‘perkiraan’.

5. Security Certification
Oppo meningkatkan kemampuan ColorOS untuk mengamankan hape dan data pengguna dengan memasangkan beberapa lapis perlindungan dan enkripsi setiap saat. Semua data akan diamankan oleh teknologi keamanan terdepan di industri seperti ePrivacy dan ISO27001.

6. Security Patch Update
Oppo menjamin smartphone lini seri Find dan Reno untuk menerima security update selama 4 tahun ke depan setelah diluncurkan. Sementara itu, smartphone lini seri A akan menerima peningkatan security update selama 3 tahun ke depan sejak diluncurkan.

Selain meluncurkan pembaruan security update pada sistem operasi ColorOS, OPPO juga bekerja sama dengan pengembang chipset untuk penelitian dan pengembangan bersama guna menambal berbagai celah keamanan.

Baca juga : Kenali Fitur Keamanan Data dan Privasi di Sistem Operasi ColorOS 12 dan ColorOS 13

Sederet fitur keamanan di atas tak ayal akan memberi rasa nyaman ekstra bagi para pengguna, maupun mereka yang ingin membeli hape racikan Oppo.

Adapun salah satu hape terbaru Oppo memiliki proteksi data tingkat tinggi adalah Oppo Reno8 Series. Dibanderol dengan harga Rp7,999 juta untuk Oppo Reno8 5G dan Rp4,999 juta untuk Oppo Reno8, kedua perangkat ini sudah tersedia secara online maupun offline.