Perbedaan ColorOS 12 di OPPO Reno7 dan Reno7 Z 5G

GadgetSquad.id – OPPO Reno7 dan Reno7 Z 5G merupakan Hp terbaru yang belum lama ini diluncurkan di Indonesia. Keduanya sama-sama dibekali dengan sistem operasi ColorOS 12. ColorOS 12 merupakan versi sistem operasi paling baru yang dibuat oleh OPPO sendiri.

review OPPO Reno 7 4G (3)

Namun ternyata ada perbedaan dari ColorOS 12 yang disuntikan kedua Hp OPPO ini.  Ada berbagai fitur baru yang dibawa ColorOS12, salah satunya tampilan user interface atau tampilan menu di Hp yang terlihat sederhana dan ikon yang enak dilihat. Hal ini akan memudahkan saat mengakses berbagai aplikasi di Hp OPPO Reno7 atau Reno7 Z 5G.

ColorOS 12 Vs ColorOS 12.1

Meski begitu, ternyata ada perbedaan antara ColorOS 12 di OPPO Reno7 dan Reno7 Z 5G. Perbedaannya yaitu OPPO Reno7 Z 5G mengadopsi ColorOS 12 berbasis Android 11, sedangkan ColorOS12 di Reno7 sudah menggunakan versi Android 12 (ColorOS 12.1). Sekilas perbedaan ini memang tidak terlalu kelihatan, tapi tetap ada bedanya di beberapa detil fitur.

– Wallpaper

Pada ColorOS 12 berbasis Android 12 menyediakan 30 pilihan wallpaper statis atau gambar diam. Berbeda dengan ColorOS12 versi Android 11, yang jumlah gambar wallpaper yang disediakan ‘hanya’ 18 wallpaper.

Tapi jika merasa kurang puas dengan wallpaper yang disediakan, kedua versi ColorOS12 sudah menyediakan menu More Wallpaper yang akan menampilkan lebih banyak wallpaper lagi dari Theme Store milik OPPO.

ColorOS 12 c

– Audio Recording

Seperti diketahui Recorder merupakan aplikasi bawaan yang fungsinya untuk merekam suara. Ternyata ada sedikit perbedaan pada aplikasi Recorder ini. Pada ColorOS12 (Android 12) hasil rekaman audio bisa disimpan dalam mp3 atau aac. Sedangkan di Android 11, Cuma bisa menyimpan rekaman audio dalam format mp3.

Di dalam aplikasi Recorder terdapat fitur Mark on Recording yang memungkinkan untuk memberi tanda pada waktu perekaman (detik atau menit ke berapa) yang dinilai merupakan rekaman suara yang penting. Ini sangat membantu dan memermudah saat ingin mendengarkan ulang dimana tidak perlu untuk memutar rekaman dari awal , cukup pada rekaman yang sudah ditandai.

Baca juga : 7 Fitur baru ColorOS 12 Wajib Dicoba di HP OPPO Kamu

Di fitur Mark on Recording inilah yang juga menjadi pembeda antara ColorOS12 berbasis Android 11 dan 12. Pada ColorOS12 versi Android 12, selain memberikan tanda pada waktu perekaman tertentu, juga bisa menambahkan foto pada tanda waktu tersebut. Sedangkan di Android 11 hanya bisa menandai waktu saja.

ColorOS 12 b

– Privacy Dashboard

Privacy Dashboard adalah fitur bawaan dari Android 12. Fitur ini berfungsi untuk mencegah pengaksesan secara sembarangan berbagai fitur di hape, seperti kamera, lokasi, kontak, mikrofon, dan lainnya. Caranya dengan memunculkan pesan meminta izin penggunaan berbagai fitur tersebut. Tapi kamu juga bisa mematikan fitur Privacy Dashboard ini. Sayangnya fitur Privacy Dashboard ini tidak tersedia di sistem operasi Android 11.

ColorOS 12