Perjalanan Inovasi Desain OPPO Reno Series dari Awal hingga Sekarang

GadgetSquad.id – OPPO Reno Series selalau membawa ciri khas yaitu mengombinasikan seni dan teknologi. OPPO Reno series merupakan lini smartphone yang mengunggulkan teknologi terkini dan dipadukan dengan desain berpenampilan mewah.

OPPO Reno Series

OPPO menyuguhkan sesuatu yang lebih terutama dari sisi desain tampilan smartphone Reno Series. Selain sudah memiliki desain yang mewah, OPPO mengemas tampilan Reno Series dengan sentuhan desain yang berbeda di beberapa serinya.

OPPO Reno & OPPO Reno 10x Zoom

OPPO Reno series pertama kali diluncurkan pada Juni 2019. Adalah OPPO Reno dan OPPO Reno 10x Zoom yang dirilis saat itu. OPPO Reno & OPPO Reno 10x Zoom membawa desain inovatif berupa kamera selfie berresolusi 16Mpix yang memiliki desain yang unik dan belum pernah ada di smartphone lainnya. Kamera depannya berdesain Pivot Rising Camera yang bisa bergerak timbul tenggelam secara otomatis begitu fitur kamera depan diaktifkan.

hp OPPO Reno Series

Kamera depan ini memiliki desain kemiringan 11 derajat. Di mana berdasarkan hasil riset OPPO, foto selfie memiliki golden angle yang bersumbu pada satu sisi dengan kemiringan 11 derajat. Makanya desain kamera depan dibuat miring. Pergerakan kamera depan ini juga terbilang cepat saat diaktifkan. Hanya butuh 0,8 detik untuk siap digunakan.

 

Oppo Reno2 dan Reno2 F 

Selang beberapa bulan kemudian, tepatnya pada Oktober 2019 OPPO kembali menambah koleksi Reno Series-nya, yaitu dengan merilis OPPO Reno2 dan Reno2 F di Indonesia . OPPO Reno2 dan Reno2 F terlihat menawan dengan bentuk di bagian bodinya yang membulat, sehingga terasa nyaman saat digenggam. Bisa dikatakan OPPO Reno2 bisa dibilang punya kualitas rancang bangun yang baik. Bisa terlihat dari penggunaan bingkai logam dan lapisan kaca Corning Gorilla Glass 5 di bagian belakang bodi Hp OPPO ini.

hp OPPO Reno Series 2

OPPO Reno2 dan Reno2 F juga didesain dengan bentuk inovatif, yaitu adanya kamera pop up rising kamera beresolusi 16 MP dengan bukaan lensa f/2.2 yang dilengkapi dengan fitur AI Beauty Camera.Hal yang menarik dari kamera selfienya ini adalah kamu bisa menambahkan efek untuk lampu led yang ada di sisi kamera apda saat kamera aktif. Caranya gampang banget, cukup ke menu seting dan pilih “ camera Pop-up Effect “ di sana kamu bisa mengganti warna led pop up camera sesuai dengan warna favorit kamu. Tidak hanya itu, kamu juga bisa pilih sound effectnya, ada 3 option yang bisa kamu pilih yaitu Technology, Mechanical dan Musical.

 

Oppo Reno3 & Reno3 Pro

Memasuki 2020, tepatnya pada periode April – Maret, OPPO kembali menambah deretan smartphone Reno Series. Yaitu dengan meluncurkan OPPO Reno3 dan Reno3 Pro. OPPO Reno3 dan Reno3 Pro mengusung desain mainstream seperti kebanyakan smartphone di masanya. Tidak ada lagi mekanisme kamera pop-up dan beralih menggunakan notch waterdrop atau poni kecil bergaya tetesan air.
hp oppo reno series 3

OPPO Reno3 dan Reno3 Pro punya kualitas rancang bangun yang baik. Bisa terlihat dari penggunaan bingkai logam. Bodi belakangnya  menampilkan warna menawan.  Pada bagian depan dan belakang OPPO membekali Hp ini dengan corning gorilla glass generasi ke 5 dengan metal frame yang bikin keliatan premium.

 

OPPO Reno4 & Reno4 F 

OPPO Reno4 hadir pada Agustus 2020. Hp ini hadir dengan desain yang sangat ramping dan trendi. Reno4 hadir dengan dua warna: Galactic Blue dan Space Black. Galactic Blue menawarkan sesuatu yang istimewa untuk pertama kalinya pada lini seri Reno OPPO dengan memperkenalkan teknik desain baru yang disebut “Reno Glow” yang memberikan sentuhan akhir dengan tekstur matte, detail kilauan sangat halus yang menyajikan nuansa premium. Penampang ini terdiri dari banyak lapisan dengan warna campuran biru. Warna biru tua terpancar dari bagian tengah ke atas, yang menghasilkan warna perak dengan transisi alami. 

OPPO Reno4  Space Black memiliki penampang belakang warna gelap, tapi tetap akan terlihat mengilap ketika terkena efek cahaya. Penampang bagian belakang perangkat ini diperkuat dengan kaca Corning® Gorilla® Glass 3.

hp oppo reno series 4

Tambahan huruf ‘F’ pada OPPO Reno4 F menjadi ciri khas smartphone ini yang mengunggulakn tampilannya yang Fashionable. OPPO Reno4 F dibuat dengan menggunakan mainboard yang dioptimalkan, baterai, dan komponen yang ditempatkan pada bodi yang sangat ramping. 

OPPO Reno4 F hadir dengan warna Shiny Matte, dimana pada penutup belakangnya dilapisi dengan lapisan anti sidik jari, menggunakan teknik lapisan optik baru yang meningkatkan kedalaman lapisan dari 250 nanometer menjadi 400 nanometer. Lapisan ini jika terkena transmisi pantulan cahaya akan menghasilkan warna yang bervariasi saat ponsel digenggam pada sudut yang berbeda.

Ponsel yang lebih tipis sering kali menghasilkan sudut yang tajam pada tepian frame, yang dapat mengganggu kenyamanan saat digenggam. Untuk mengatasi hal ini, desainer OPPO menggunakan teknik desain dengan tepi membulat pada sudut 220°. Menghasilkan tepian perangkat dengan tampilan sisi yang tipis sekaligus menawarkan kenyamanan digengam dengan satu tangan.

OPPO Reno5 & Reno5 5G & Reno5 F

OPPO Reno5 dirilis Januari 2021 yang kemudian disusul Reno5 5G pada Februaei 2021. OPPO mengedepankan desain Reno5 dengan menggunakan teknik Reno Glow yang sebelumnya diperkenalkan pada Reno4. Tekstur Reno Glow pada Reno5 terlihat lebih mendetail, apalagi pola potongan acak pada Reno5 terlihat lebih jelas ketika dilihat melalui mikroskop. Hal ini kemungkinan Hp OPPO Reno 5 dapat menghasilkan refleksi dan gradasi warna yang lebih halus dan lebih menarik.

Menariknya, walau nampak glowing sentuhan tekstur di bodi belakang, membuat Reno5 tetap nyaman digenggam, lantaran tidak licin. Berdasarkan data yang didapat, Reno5 memang melanjutkan DNA OPPO Reno sebelumnya, dimana selalu hadir desain bodi tipis, ringan, dan mudah digunakan.

hp oppo reno series 5

OPPO Reno5 F hadir di Indonesia pada Maret 2021. Perangkat ini memiliki posisi yang sangat berbeda dengan saudaranya yakni, OPPO Reno5 dan OPPO Reno5 5G. Secara tampilan, OPPO Reno5 F memiliki bodi yang cukup ramping, sehingga ponsel jadi lebih mudah untuk disimpan di dalam saku tanpa khawatir mengganggu. Ukuran ini juga membuat perangkat tetap terasa nyaman saat berada dalam genggaman. Ketika digunakan dalam waktu yang sangat lama, tentunya tidak akan menyebabkan kelelahan tangan.

Sementara pada bagian casingnya, hadir desain 3D yang memberikan kesan tampilan premium dan elegan. Menariknya, warna glossy akan memberikan efek gradasi yang indah ketika kena pantulan cahaya. Perpaduan warna ungu, hijau, dan biru membuat tampilan OPPO Reno5 F semakin ciamik. 

OPPO Reno6 & Reno6 5G & Reno6 Pro 5G

OPPO Reno6 diluncurkan Juli 2021. Hp ini masih membawa bahasa desain yang sama dengan suksesornya, mengaplikasikan Reno Glow, OPPO berupaya meningkatkan teknik ini pada perangkat Reno6 dengan 5 (lima) lapisan Diamond Spectrum, setidaknya perangkat ini dapat memancarkan jutaan warna, berkali lipat dari ribuan warna yang dihasilkan dari 3 (tiga) lapisan Diamond Spectrum pada OPPO Reno5. Mengimbangi gaya hidup anak muda modern sebagai targetnya, perangkat ini juga tampil tipis, stylish dan elegan,” ujar Aryo Meidianto A, PR Manager OPPO Indonesia.

Diamond Spectrum merupakan salah satu teknik pewarnaan yang dapat memproyeksikan jutaan warna jika dilihat dari sudut yang berbeda. Lima lapisan Diamond Spectrum pada OPPO Reno6 memiliki peranan berbeda, di antaranya lapisan reflektif yang dapat menghasilkan rangkaian warna layaknya pelangi, lapisan lensa fresnel yang dapat memproyeksikan spektrum warna beragam, atau lapisan akhir transparan yang dapat memperkuat berbagai refleksi warna pada lapisan sebelumnya.

Hp oppo reno series 6

Selain itu, OPPO juga menerapkan efek Reno Glow pada perangkat OPPO Reno6. Dengan proses Diamond Spectrum sebagai dasarnya, OPPO memberikan sentuhan akhir Reno Glow untuk menciptakan efek visual warna yang berkilauan dan juga efek gradasi warna yang lebih halus. 

Sentuhan efek terbaru ini melalui sebuah ukiran laser lebih padat yang menciptakan banyak sudut reflektif pada penampang belakang. Yang menjadi pembeda dengan generasi sebelumnya, kini Reno Glow diterapkan pada dua warna perangkat OPPO Reno6 yakni Aurora dan Stellar Black yang menciptakan dua perangkat dengan penampang belakang bebas sidik jari.

 

OPPO Reno7 & Reno7 Z 5G & Reno7 5G

OPPO Reno7 Series diluncurkan sekitar Maret 2022. Ada tiga hape dari lini OPPO Reno7 Series yang rilis di Indonesia, yakni Reno7 5G, Reno7 Z 5G, dan Reno7. 

OPPO Reno7 5G

Bodi belakang Hp Oppo Reno terbaru ini dibuat dengan mengadopsi teknologi OPPO Glow plus Laser Direct Imaging, ini membuat tampilan OPPO Reno7 terlihat lebih menarik karena warna bodinya seolah-olah bisa berubah-rubah saat terkena sinar dan digerak-gerakan.

hp oppo reno series 5 5g

OPPO Reno7 5G hadir material penampang belakang yang dibuat melalui proses Laser Direct Imaging (LDI). Teknik LDI ini diterapkan untuk meniru jejak bintang dan menciptakan pola yang terdiri dari 1,2 juta raster mikro serta diproduksi dengan tingkat presisi 20 mikron. LDI juga menerapkan teknologi laser engraving pada lapisan yang terletak di atas OPPO Glow. Lapisan OPPO Glow menghasilkan gradasi warna yang dapat berubah secara dinamis dan diperkuat sehingga tahan terhadap goresan. Oppo mengklaim ini merupakan ponsel pertama yang menggunakan teknologi ini.

 

OPPO Reno7 Z 5G

OPPO Reno7 Z 5G mengajak bernostagia dengan konsep desain Ultra-Slim Retro Design yang mengusung bingkai samping datar. Desain tersebut mewarisi tampilan yang diusung oleh OPPO Reno6 5G.

Oppo Reno 7 Z 5G

Yang lebih menarik lagi, perangkat ini juga memiliki fitur unggulan berupa material penampang belakang yang dibuat dengan proses Laser Direct Imaging (LDI). Teknik LDI diterapkan untuk meniru gambaran jejak bintang dan menciptakan pola yang terdiri dari 1,2 juta raster mikro serta diproduksi dengan tingkat presisi 20 mikron. Teknik ini menerapkan teknologi laser engraving pada lapisan yang terletak di atas OPPO Glow sehingga menghasilkan gradasi warna yang dapat berubah secara dinamis dan diperkuat agar tahan terhadap goresan. OPPO Reno7 Z 5G hadir dalam 2 pilihan warna, yaitu Rainbow Spectrum dan Cosmic Black.

 

OPPO Reno7 4G

Oppo Reno7 membawa desain yang agak beda dengan beda dibandingkan kedua seri jajaran Reno7 series lainnya, Reno7 5G dan Reno7 Z 5G. Oppo merancang bagian belakang Oppo Reno 7 dengan Fiberglass-Leather Design. Seperti lapisan tekstur kulit leci dan penutup pelat yang mengintegrasikan bagian belakang ponsel dengan bingkai tengah. 

OPPO Reno7 4G

Desain Retro Ultra-Slim menampilkan gaya bingkai tengah datar yang hadir dengan berat total sekitar 175 g dengan ketebalan 7,54 mm untuk Sunset Orange dan 7,49 mm untuk Cosmic Black, yang memberikan ponsel ini tampilan ramping dan minimalis.