Proses Pengolahan Gambar dari Kamera OPPO Reno7 Hingga Hasilnya Menakjubkan

GadgetSquad.id –  OPPO Indonesia  telah meluncurkan berbagai Hp terbaru yang menjadi jagoan di tahun ini, salah satunya yaitu OPPO Reno7 Series. Ada 3 Hp terbaru Reno Series yang dirilis, yaitu OPPO Reno7 4G, Reno 7 5G dan OPPO Reno 7 Z 5G.

OPPO Reno7 4G

Ketiga OPPO Reno7 Series tersebut sama-sama mengunggulkan fitur kamera yang mampu menghasilkan foto dan video dengan hasil yang menjaubkan termasuk foto portrait atau foto bokeh yang tidak kalah dengan hasil dari kamera profesional. 

Canggihnya Kamera OPPO Reno7 Series

Bagaimana kamera di OPPO Reno7 Series bisa menghasilkan foto berkualitas tinggi, ini dia prosesnya : 

Pada dasarnya pengolahan gambar hasil jepretan kamera merupakan kerja bareng antara sensor kamera, prosesor, prosesor pengolah gambar (NPU) dan sistem pengolahan gambar. Kinerja ketiganya ‘diolah’ dengan bantuan teknologi Artificial Intelligent (AI) atau kecerdasan buatan yang sudah tertanam di dalam smartphone.

Proses pengolahan yang dilakukan oleh teknologi AI didasarkan pada algortima penggabungan dari beberapa jenis teknologoi AI, antara lain :  

  • Adaptive Brightness Enhancement : Eksposur Otomatis (AE) Adaptive Gain digunakan untuk memastikan rasio sinyal terhadap noise berada pada level optimalnya

kamera OPPO Reno7

 

  • Adaptive Dynamic Range : Penggabungan beberapa tingkatan frame dengan teknologi HDR

 

  • Adaptive Noise Reduction : Teknologi Pemisahan Gambar Untuk Pengurangan Noise

kamera OPPO Reno7

Di OPPO Reno7 Series kemampuan pengolahan gambar berbasis teknologi AI tersebut makin ditingkatkan. Seperti dengan penggunaan sensor kamera Sony IMX 709 dimana sensor ini  mampu meningkatkan sensitivitas cahaya dan pengurangan noise sebesar 35% dibandingkan seri Reno6 Pro.

Pada Reno7 Z 5G, hasil tangkapan kamera sudah ditingkat dimana hasil potret yang biasanya didapatkan melalui kamera DSLR dengan lensa bukaan besar, kini sudah bisa dihasilkan oleh kamera Reno7 Z 5G.

Baca juga : Ini Bukti Hasil Foto Portrait Kamera Hape OPPO Reno 7 Series Memang Keren!

Portrait Expert mode pada Reno7 Z 5G dapat mensimulasikan 25 tingkatan ukuran diafragma yang dapat disesuaikan mulai dari F0.95 hingga F16. Selain itu OPPO juga menghadirkan efek bokeh flare untuk mencapai efek bokeh layaknya produksi video profesional dengan menggunakan lensa bukaan lebar dan menggunakan sebuah smartphone.

Kemampuan tersebut tidak lepas dari keandalan kamera yang dibawa OPPO Reno 7 Z 5G. Hp OPPO terbaru ini dilengkapi dengan triple camera di bagian belakang, yang terdiri dari Kamera Utama 64MP F/1.7 + Kamera Bokeh 2MP F/2.4 + Kamera Makro 2MP F/2.4. Sedangkan kamera depannya berkekuatan resolusi 16MP F/2.4.

Baca juga : Menilik Hasil Foto Selfie Portrait OPPO Reno Terbaru Dengan Sensor Sony IMX 709

Sedangkan untuk kamera selfie Oppo Reno7 4G juga dilengkapi dukungan algoritma AI pada fitur Bokeh Flare Portrait, yang dapat meniru efek bokeh yang sama seperti hasil potret kamera DSLR melalui algoritma software. Untuk OPPO Reno7 4G sudah dibekali dengan tiga kamerayaitu kamera utama 64 MP, kamera mikro 2 MP, dan kamera makro 2 MP.

OPPO Reno7 Series juga telah didukung dengan berbagai fitur kamera mumpuni, seperti Bokeh Flare Portrait, Selfie HDR, AI Palette, Ultra-Clear 108 MP Image, AI Scene Enhancement, dan Flash Snapshot.