Diadu realme GT 2 Pro Vs Xiaomi 12 : Duel Sengit Hape Flagship 9 Jutaan

GadgetSquad.ID – Terlepas dari kualitasnya, Xiaomi dikenal hape murah dengan spek tinggi di kelasnya. Sedangkan realme dikenal sebagai hapenya anak muda yang dibekali dengan amunisi mumpuni, untuk bersaing di segmen menengah. Konsisten dengan taktik yang diusung, kedua vendor itu terbilang berhasil di Tanah Air.

Dalam prosesnya, baik realme dan Xioami seakan mencoba naik kelas. realme yang punya target jadi vendor hape no 1 di Indonesia, mencoba mewujudkan misi tersebut salah satunya dengan cara merilis hape flagship. Di sisi berlawanan, gak mau kalah dari kompetitornya, Xiaomi pun mencoba mengubah image dengan mulai merilis hape flagship.

Nah, dalam waktu hampir bersamaan, hape flagship dari kedua vendor tersebut rilis di pasaran, yakni realme GT 2 Pro dan Xiaomi 12. Mana paling superior saat berhadapan satu lawan satu? Berikut ulasannya.

Desain
Sektor desain menjadi wilayah pertama yang coba GadgetSquad ulas. “Mencoba memberikan bodi hape yang compact”, bisa dikatakan itulah konsep utama dari desain Xiaomi 12. Yup, hape ini memiliki bodi compact dengan total dimensi 152,7 x 69,9 x 8,2 mm, plus bobot 179 gram.

Kenyamanan menggenggam Xiaomi 12 juga dipengaruhi oleh layar ponsel tersebut yang kedua sisinya melengkung (curved). Cangkang ponsel ini sendiri mengadopsi material yang memiliki kesan kesat apabila disentuh, namun tidak terlalu licin. Bodinya juga tidak mudah kotor oleh jejak sidik jari.

Bodinya yang compact memang membuat Xiaomi 12 nyaman saat dibawa berbagai aktivitas. Selebihnya, selain bodi yang compact, menurut GadgetSquad konsep desain Xiaomi 12 tidak berbeda jauh dengan tampilan hape Xiaomi lain yang sudah terlebih dahulu rilis.

Bagaimana dengan realme GT 2 Pro?

Dari segi ukuran, realme GT 2 Pro memang lebih bongsor dengan total dimensi, 163.2 x 74.7 x 8,2 mm, plus bobot 189 gram. Walau lebih bongsor rancang bangun realme GT 2 Pro masih terbilang proporsional, sehingga tetap nyaman digenggam dalam waktu lama. Keistimewaan realme GT2  Pro di sektor desain, terlihat dari material bodinya.

realme GT 2 Pro terdiri dari dua pilihan yakni Steel Black dan opsi warna Paper White seperti yang saat ini GadgetSquad tes. Mengusung tema “Paper Tech Master Design”, realme masih menggandeng desainer Jepang Naoto Fukasawa untuk mendesain rancang bangun seri GT 2 Pro.

Bodi belakangnya dibuat mirip replika material kertas. Di sini kamu akan menemukan salah satu daya tarik dari desain realme GT 2 Pro. Seperti halnya kertas, bagian belakang hape ini bisa digambar sesuka hati dengan pensil dan kemudian dihapus. Konsep bodi belakang realme GT 2 Pro, bisa dikatakan tidak mengikuti tren, tapi keren.

Apiknya lagi, material bodi belakang realme GT 2 Pro diklaim ramah lingkungan. realme mengklaim GT 2 Pro menggunakan material jenis bio polimer yang disebut ramah lingkungan, karena menghasilkan 35,5 persen lebih sedikit emisi karbon. Dari sisi desain, bisa terlihat jelas mana hape yang berani memberi terobosan. Tentu saja realme GT 2 Pro unggul untuk urusan desain dibanding Xiaomi 12.

Layar
Persaingan realme GT 2 Pro dengan Xiaomi berlanjut ke area layar. Layar realme GT 2 Pro tampil mewah dengan panel AMOLED teknologi LTPO 2.0. Layarnya bergaris tengah 6,7 inci dengan resolusi 1440x3160p WQHD+. Ketika diuji layar realme GT 2 Pro mampu memanjakan pandangan dengan tampilan layar yang tajam serta nyata.

Hal terpenting lainnya, mata tidak cepat lelah saat menatap layar realme GT 2 Pro dalam waktu lama. Teknologi lain yang bakal kamu rasakan di sektor ini yakni, refresh rate layar yang mencapai 120Hz dengan touch sampling rate 1000Hz, ini jadi bekal terbaik untuk pengalaman gaming di realme GT 2 Pro.

Tak perlu ragu dengan daya tahan layar terhadap goresan benda keras, lantaran layar realme GT 2 Pro sudah dilapisi Corning Gorilla Glass Victus. Beralih ke Xiaomi 12. Tubuh compact Xiaomi 12, secara otomatis mereduksi ukuran layar jagoan Xiaomi ini dibanding kompetitor,

Xiaomi 12 memiliki panel AMOLED berukuran 6,28 inci dengan resolusi Full HD Plus, refresh rate 120 Hz, dan touch sampling rate 480 Hz. Refresh rate yang ditawarkan Xiaomi 12 terbilang tinggi. Layarnya sendiri mendapat dukungan teknologi HDR10+, soal keamanan display Xiaomi 12 sudah dilapisi Corning Gorilla Glass Victus.

Walau memiliki ukuran layar yang lebih kecil, tapi jika merujuk kepada teknologi ataupun amunisi Xiaomi 12 di area display, bisa dikatakan performa jagoan Xiaomi tidak kalah tangguh dengan kompetitor.

Kamera
Sebagai hape yang bergelar flagship, wajib hukumnya memiliki kualitas menu imaging di atas rata-rata. Yup, kamera sejauh ini memang masih menjadi fitur paling ampuh untuk menggoda konsumen, apalagi buat hape flagship. Apakah realme GT 2 Pro maupun Xiaomi 12 bisa memberikan, kualitas hape flagship di sektor imaging?

realme GT 2 Pro memiliki tiga kamera belakang dengan komposisi, lensa utama menggunakan sensor premium 50MP, Sony IMX766 mendukung teknologi OIS dengan bukaan lensa f/1.8, sehingga begitu mumpuni untuk pemotretan malam hari. Masih di bagian belakang, tersedia pula kamera “mikroskop” dengan sensor 3MP.

Untuk mengabadikan gambar jarak dekat berkualitas, kamera mikroskop jelas lebih jago ketimbang lensa makro. Di area yang sama terdapat satu lagi kamera 50MP buatan Samsung tipe ISOCELL JN1 dengan bukaan f/2.2, serta kemampuan ultrawide 150 derajat.

Optik ultra wide 150 derajat, kabarnya menjadi yang terlebar saat ini dan realme GT 2 Pro, konon menjadi hape pertama yang menggunakannya. Beralih ke kamera depan, hape flagship ala realme GT2 Pro mengusung kamera 32MP. Di sisi bersebrangan, Xiaomi 12 mencoba memberikan teknologi kamera yang tak kalah menjanjikan.

Sama seperti jagoan realme, Xiaomi 12 juga mengadirkan 3 kamera di bodi belakang yang berbeda adalah komposisinya. Kamera utama Xiaomi 12, bertumpu kepada lensa 50MP yang menggunakan optik Sony IMX 766 sensor 1/1.56 inci, yang diklaim dapat menangkap cahaya 51 persen lebih banyak.

Kemudian Xiaomi 12 juga memiliki kamera 13MP ultra-wide angle 123 derajat dan kamera telemakro 5MP. Sedangkan pada bagian depan, ponsel ini dibekali dengan kamera selfie 32MP. Sejatinya kedua hape memiliki hasil bidikan berkualitas. Hanya saja jika menilik lebih dalam, komposisi kamera belakang realme GT 2 Pro lebih superior.

Selain komposisi lensa yang lebih besar, kamera belakang realme GT 2 Pro juga punya kemampuan jauh fariatif. Mulai dari kemampuan lensa mikroskop hingga optik ultrawide 150 derajat, membuat kamu lebih mudah menghasilkan foto yang jauh lebih atraktif. Sedangkan untuk kamera depan terbilang sama kuat.

Performa
Namanya juga hape flagship, malu dong kalau performanya sampai nge-lag. Nah untuk memanjakan kamu dengan performa terbaik, dapur pacu realme GT 2 Pro sudah dipersenjatai teknologi tergahar di kelasnya saat ini. Yup, dapur pacu realme GT 2 Pro sudah dibekali chipset flagship terbaru saat ini, yakni Snapdragon 8 Gen 1.

Chipset Snapdragon 8 Gen 1 tersebut memiliki pabrikasi 4nm, dimana menjanjikan peningkatan performa CPU hingga 20% dan GPU 30% lebih tinggi dari generasi sebelumnya. Hasil pengujian realme GT 2 Pro sendiri, menunjukan skor yang tergolong tinggi.

Lebih jauh soal amunisi dapur pacu realme GT 2 Pro, chipset Snapdragon 8 Gen 1 di hape ini mendapat tandem RAM jumbo 12GB dengan GPU Andreno 730. Sementara untuk ruang penyimpanan data, sudah tersedia internal memori 256GB.

Bermodal amunisi tersebut, hape ini lancar jaya digeber main gim berat seperti Genshin Impact di kualitas grafis paling tinggi. Bagaimana dengan performa Xiaomi 12? Dalam upaya memberi pengalaman terbaik, dapur pacu Xiaomi 12 disokong chipset Snapdragon 8 Gen 1, RAM 8GB LPDDR5, GPU Andreno 730 dan memori internal 256GB.

Biasa dikatakan kedua hape yang tarung kali ini, memiliki kualitas dapur pacu yang sama kuat untuk bertarung di segmen flagship. Kalau pun ada perbedaan, terletak dari kapasitas RAM 12GB milik realme GT 2 Pro yang lebih besar, berbanding RAM 8GB yang tertanam di dapur pacu Xiaomi 12.

Baterai
realme GT 2 Pro memiliki kapasitas baterai 5.000 mAh dan fitur pengisian cepat SuperDart Charge 65W. Di pengujian baterai PCMark for Android tercatat daya tahannya bisa mencapai sekitar 16 jam hingga kapasitasnya menyentuh 20 persen. Hasil daya tahan tersebut dipastikan berbeda dari penggunaan sehari-hari setiap orang.

Contoh, saat GadgetSquad menguji baterai hape ini dengan menonton streaming film, musik, nge-gim, serta aktivitas multitasking lainnya, kurang lebih 2 jam nonstop. Kapasitas baterai realme GT 2 Pro, berkurang sekitar 20 persen. Hasil ini menunjukkan bahwa konsumsi daya dari performa realme GT 2 Pro sangat efisien.

Sementara itu untuk bertarung dengan flagship realme, daya tahan Xiaomi mengadopsi baterai berkapasitas 4.500 mAh. Baterai tersebut mendukung teknologi pengisian daya cepat 67W dan bisa mengisi daya cepat nirkabel 50W.

Bisa dikatakan di sektor ini pertarungan sama kuat, soal kapasitas baterai realme GT 2 Pro jauh lebih besar dibanding Xiaomi 12. Di sisi lain, Xiaomi sudah mendukung pengisian cepat 67W, serta mampu mengisi daya cepat nirkabel 50W. Sedangkan realme GT Pro hanya mendukung pengisian cepat SuperDart Charge 65W.

Kesimpulan
Sama-sama dibekali kemampuan mengakses koneksi cepat 5G, baik realme GT 2 Pro maupun Xiaomi 12 menurut GadgetSquad, mampu memberi warna baru dalam pertarungan hape flagship. Apalagi realme GT 2 Pro maupun di Xiaomi 12, harganya affordable hanya 9 jutaan. Meski begitu, saat disandingkan tetap ada perbedaan diantara keduanya.

Jika merujuk dari beberapa indikator di atas, jelas realme GT 2 Pro unggul dari sektor desain yang jauh lebih keren. Amunisi kamera realme GT 2 Pro juga lebih lengkap, dibanding Xiaomi 12. Sementara di sektor performa, kapasitas RAM 12GB milik realme GT 2 Pro membuat dapur pacunya lebih bertenaga, dibanding RAM 8GB milik Xiaomi 12.

Sedangkan di area layar serta baterai, keduanya terbilang sama kuat. Tapi untuk ukuran desain premium, disini realme GT 2 Pro jauh unggul dibanding Xiaomi 12. Berdasarkan hasil eksplorasi tersebut, bisa terlihat mana lebih unggul. Di luar hal tersebut, baik realme GT 2 Pro maupun Xiaomi 12, sejatinya layak mendapat label hape flagship, tak sekedar julukan belaka.