Review OPPO Reno 7 4G – Desain Elegan Dengan Kamera Menawan

GagdetSquad.id – Sempat diumumkan pada awal Maret lalu, Oppo Reno 7 4G akhirnya hadir di Indonesia. Ponsel penerus Reno6 ini merupakan anggota terakhir dari jajaran Reno7 series, dimana sebelumnya OPPO sudah mengumumkan kehadiran Reno7 5G dan Reno7 Z 5G, di Indonesia. Dan ini dia review OPPO Reno 7.

review OPPO Reno 7 4G (5)

Review OPPO Reno 7

Oppo Reno7 4G sendiri menawarkan harga yang lebih terjangkau. Dibekali beragam fitur unggulanyang diantaranya diadopsi dari Reno7 5G dan Reno7 Z 5G. HP ini juga memiliki fitur Microlens di kamera belakangnya. Seperti apa review OPPO Reno 7 ? Berikut selengkapnya.

  • Desain 

Oppo Reno7 membawa desain yang agak beda dengan beda dibandingkan kedua seri jajaran Reno7 series lainnya, Reno7 5G dan Reno7 Z 5G. Oppo merancang bagian belakang Oppo Reno 7 dengan Fiberglass-Leather Design. Seperti lapisan tekstur kulit leci dan penutup pelat yang mengintegrasikan bagian belakang ponsel dengan bingkai tengah. 

Baca juga : Review OPPO Reno 7 5G – Jagokan Kamera Untuk Foto/Video Bokeh

Desain Retro Ultra-Slim menampilkan gaya bingkai tengah datar yang hadir dengan berat total sekitar 175 g dengan ketebalan 7,54 mm untuk Sunset Orange dan 7,49 mm untuk Cosmic Black, yang memberikan ponsel ini tampilan ramping dan minimalis.

OPPO Reno7 sendiri tersedia dalam dua pilihan warna yakni Sunset Orange dan Cosmic Black. Reno7 Cosmic Black, menampilkan desain OPPO Glow yang ikonik dengan warna hitam nan elegan dan premium. Sedangkan Reno7 Sunset Orange hadir dengan warna oranye cerah dan desain kulit fiberglass yang diterapkan pertama kalinya pada perangkat smartphone. 

  • Layar

Pada bagian depan, OPPO Reno7 menggunakan layar AMOLED 6,4 inci dengan kecepatan refresh rate 90Hz menghadirkan tampilan visual yang halus dan nyaman. Dengan kualitas layar yang dimilikinya mata tidak akan sakit meski berlama-lama memandang layar.

Layar ini bersertifikat Netflix HDR, Amazon HDR dan YouTube HD untuk memutar video berkualitas tinggi. Saat digunakan untuk menonton film streaming dan bermain game, tampilannya terlihat tajam dan jernih. 

  • Baterai 

OPPO Reno7 dilengkapi baterai berkapasitas besar, yakni 4.500mAh. Ditambah dengan penggunaan prosesor Snapdragon® 680 4G yang mampu menghadirkan kinerja cepat pada Reno7 sambil memberikan konsumsi daya rendah, membuatnya tahan lama untuk digunakan seharian.

OPPO Reno7 memiliki dukungan teknologi Super Voltage Open Loop Multistep Constant-Current Charging (SuperVOOC) 33 Watt, membantu Oppo Reno7 mengisi daya baterai dalam waktu yang singkat.

review OPPO Reno 7 4G (8)

Dengan yang dimilikinya Oppo Reno7 4G diklaim hanya butuh waktu 60 menit untuk mengisi daya baterai 100%, dari keadaan kosong. Dengah baterai tersebut menawarkan 1,68 jam pemutaran film dengan pengisian daya 5 menit.

Teknologi SuperVOOC sejatinya kerap ditemukan pada lini ponsel flagship Oppo Find series. Namun, Oppo mulai mewariskan kemampuan tersebut untuk pertama kalinya pada lini ponsel kelas menengah Reno6, dan kini kembali digunakan pada Reno7 series.

  • Performa

Perangkat Reno7 hadir dengan spesifikasi performa yang tidak kalah canggih. Untuk Prosesornya menggunakan Snapdragon™ 680 4G. Didukung pula dengan konfigurasi RAM LPDDRX 8 GB dan media penyimpanan UFS 2.2 berkapasitas 256 GB yang bisa diekspansi hingga 1 TB menggunakan microSD. Dengan konfigurasi ini maka Reno7 mampu diajak main game kelas atas.

Jika RAM dirasa kurang, OPPO Reno7 dilengkapi teknologi Ekspansi RAM yang memberikan tambahan perluasan memori mulai dari 2GB, 3GB, atau 5GB. Tambahan memori ini memungkinkan perangkat untuk menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan tanpa mengalami perlambatan.

review OPPO Reno 7 4G (4)

  • ColorOS 12

Dari sisi interface Reno7 sudah menggunakan ColorOS 12 yang memberikan pengguna kenyamanan dan kelancaran perangkat. Desain inklusif dan ikon 3D di ColorOS 12 menawarkan cara yang lebih intuitif dan simpel bagi pengguna. 

Di ColorOS 12 juga sudag mendukung AI System Booster yang dapat mengoptimalkan alokasi sumber daya dan mengurangi fragmentasi memori untuk memastikan Reno7 berjalan lebih lancar dan lebih cepat. Fitur-fitur Quick Startup, Game Focus Mode, AI Frame Rate Stabilizer, dan Ultra Touch Response juga bekerja sama agar pengguna mendapatkan pengalaman baru dalam menggunakan OPPO Reno7.

Baca juga : Review OPPO Reno 7 Z 5G – Si Jago Foto Portrait Dengan Kejutan Menarik

Fitur lainnya yang menari di ColorOS 12 adalah Air Gestures memungkinkan pengguna untuk menjawab panggilan, menonaktifkan panggilan, atau menggulir ke atas dan ke bawah pada halaman media sosial dengan menggerakkan tangan di udara. 

Sementara itu, Adaptive Sleep membuat layar tetap menyala saat pengguna menatap layar perangkat OPPO Reno7. Fitur unik Smart Notification Hiding membantu melindungi privasi pengguna saat orang lain berupaya melihat ke layar. ColorOS 12 juga menjamin keamanan dan privasi data pengguna, yang telah disertifikasi oleh ISO, ePrivacy, dan TrustArc.

  • Kamera

Kaunggulan utama Reno7 adalah pada sektor kamera. HP ini hadir dengan kamera selfie 32 MP yang didukung sensor Sony IMX709 RGBW. Sensor yang diproduksi oleh Sony itu mampu menangkap 60 persen lebih banyak cahaya daripada sensor RGB standar, sekaligus mengurangi noise hingga 35 persen.

Dengan kombinasi lens aini maka Oppo Reno7 dapat menghasilkan foto yang jernih dan terang, meski pada kondisi minim cahaya sekalipun.

review OPPO Reno 7 4G (6)

Sedangkan untuk kamera selfie Oppo Reno7 4G juga dilengkapi dukungan algoritma AI pada fitur Bokeh Flare Portrait, yang dapat meniru efek bokeh yang sama seperti hasil potret kamera DSLR melalui algoritma software.

Sementara fitur Selfie HDR diklaim mampu meningkatkan kecerahan, ketajaman, serta memberikan kesan alami pada hasil foto selfie di semua kondisi cahaya baik terang atau gelap.

Sedangkan pada kamera belakangnya Oppo juga membekali Reno7 4G dengan kamera belakang yang canggih. Ada tiga kamera yang dipasang bagian belakang ponsel ini, yaitu kamera utama 64 MP, kamera mikro 2 MP, dan kamera makro 2 MP.

Kamera depan ini dilengkapi fitur Ultra-Sensing Selfie hasil kolaborasi OPPO dengan Sony. IMX709 memiliki sensor red, green, blue, dan white (RGBW) dengan algoritma quadra binning hasil pengembangan OPPO. Lewat sensor ini, Reno7 mampu menangkap 60 persen lebih banyak cahaya dibandingkan sensor red, green, and blue (RGB). Sensor tersebut juga dapat membantu mengurangi noise hingga 35%. Dengan begitu, kamera dapat memberikan gambar yang lebih jelas dan cerah pada kondisi minim pencahayaan.

Kehadiran sensor IMX709 pada kamera swafoto beresolusi 32 MP dengan sensor kelas atas ini semakin melengkapi OPPO Reno7 yang juga telah didukung dengan berbagai fitur kamera mumpuni, seperti Bokeh Flare Portrait, Selfie HDR, AI Palette, Ultra-Clear 108 MP Image, AI Scene Enhancement, dan Flash Snapshot.

  • MicroLens

Yang paling menarik adalah kemampuan Microlens. Fitur ini menawarkan pengambilan foto atau video dengan perbesaran 15-30 kali. Jadi kamu dapat merekam dunia mikroskopis yang tak terlihat dengan mudah, ketika Microlens diaktifkan. Nantinya skala milimeter muncul secara otomatis pada layar, sehingga membantu memahami lebih baik perspektif baru dunia mikro.

Kamera Mikrolens membutuhkan cahaya yang terang. Maka dari itu, ponsel OPPO yang menggunakan fitur Microlens, selalu dilengkapi dengan cahaya disekitar kameranya. Tentunya hal ini dapat membantu menerangi objek, sehingga bisa mengambil bidikan gambarnya. 

review Oppo reno 7 b (1)

Untuk itu OPPO Reno7 memberikan beberapa tools yang mempermudah pengambilan foto mikro, seperti Orbit Light. Saat mengaktifkan fitur Mikrolens, Orbit Light yang mengelilingi Microlens juga akan menyala. 

Cahaya pada Orbit Light ini berfungsi sebagai cahaya pengisi untuk menghasilkan gambar yang terang secara merata. Dengan begitu, Orbit Light membantu menerangi objek agar lebih mudah di foto serta skala milimeter serta layout bulat yang juga membantu pengguna untuk lebih fokus ke objek.

Dual Orbit Light juga mampu memancarkan cahaya warna biru dalam berbagai gerakan ketika ada notifikasi yang masuk atau saat ponsel sedang melakukan pengisian daya (charger). Misalnya saat ada panggilan masuk, Dual Orbit Light akan memancarkan kedipan cahaya berwarna biru.

Fitur Microlens sebenarnya bukan fitur yang baru, karena sebelumnya seri ini hadir pada ponsel flagship Oppo Find series. Jadi Oppo Reno 7 4G menjadi ponsel kelas menengah pertama yang mengadopsi fitur Microlens.

Harga OPPO Reno7

OPPO Reno7 dibanderol dengan harga Rp5.199 juta. Dengan harga segitu kamu alan mendapatkan keuntungan spesial mulai dari Bundling operator Telkomsel berupa paket data hingga 192GB, diskon pembayaran hingga Rp800 ribu, dan cashback sebesar Rp100 ribu untuk pembelian bundling OPPO Watch Free.

reviewed & photos by Mirza