3 Tips Mudah Agar Hape Sejutaan Tidak Lemot

GagdetSquad.id – Hape sejutaan biasanya dianggap memiliki kinerja yang ‘kurang nendang’. Ini karena sering kali hape sejutaan dibandingkan dengan hape yang harganya lebih mahal yang tentunya memiliki spesifikasi yang lebih tinggi.

hape sejutaan Samsung Galaxy A03_A03s_A03 Core (1)

Tapi jangan khawatir, meski kamu punya hape sejutaan jika bisa ‘mengakalinya’ maka kamu juga bisa merasakan kinerja yang kenceng dari hape tersebut. Berikut ini ada beberapa tips untuk mengoptimalkan hape sejutaan agar tetap bisa ‘ngebut’. Dan untuk kali ini akan menggunakan hape Samsung Galaxy A03 yang belum lama ini diluncurkan di Indonesia.

1. Hapus Chace Memori 

Mungkin seringkali kita mengeluh hape yang digunakan terasa lemot akibat memori penuh. Ini tentunya bisa mengganggu saat sedang asyik menggunakan hape untuk berbagai kepentingan. Meskipun sudah memiliki memori internal yang cukup besar, tapi karena ada banyak file dan aplikasi yang disimpan, maka memori jadi penuh.

Agar kinerja hape sejutaan tetap maksimal, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menghapus data cache dari aplikasi. Ini membuat memori yang tersedia jadi lebih optimal dalam memaksimalkan kinerja hape. Berikut cara menghapus data cache yang perlu kamu lakukan secara rutin :

  • Masuk ke Pengaturan, lalu pilih Aplikasi
  • Setelah muncul beberapa aplikasi yang sering digunakan, kita bisa pilih misalnya aplikasi YouTube
  • Setelah itu, klik menu Penyimpanan
  • Lalu pilih Hapus Memori
  • Setelah itu maka bisa dilihat bahwa memori dari aplikasi YouTube ataupun aplikasi lain yang bisa kita pilih menjadi kosong.

Untungnya, Samsung Galaxy A03 hadir dengan memori internal hingga 128GB yang bisa ditambah dengan memori eksternal hingga 1TB. Jadi, kamu tak perlu khawatir ruang penyimpanan jadi cepat penuh.

 

2. Update Sistem Operasi (OS) di Hape Sejutaan

Selain menghapus data cache, cara lain yang bisa dilakukan untuk menjaga hape sejutaan makin lancar buat multitasking adalah rajin update sistem operasi. Dengan memperbarui software hape, kita akan mendapatkan fitur baru yang meningkatkan kenyamanan penggunaan perangkat, security patch terbaru yang menjaga keamanan perangkat dari virus dan malware, hingga perbaikan berbagai bug yang membuat kinerja perangkat jadi lebih lancar.

Baca juga : Samsung Galaxy A03 Rilis di Indonesia, Ini Speknya!!

Selain itu, ada baiknya hindari pengaturan auto-download di aplikasi WhatsApp, jadi smartphone kamu tidak terbebani dengan banyaknya foto dan video yang otomatis diunduh dan disimpan di memori internal perangkat.

 

3. Tetap Hemat Baterai 

Keuntungan punya hape dengan baterai berkapaitas besar yaitu bisa menikmati konten lebih lama, mulai dari main game, streaming hingga menonton video. Seperti di Samsung Galaxy A03 yang dibekali dengan baterai berkapasitas 5.000mAh. Apalagi hape sejutaan ini juga mengadopsi OS Android 11 Go Edition yang bisa menghemat konsumsi baterai.

Tapi agar hape sejutaan ini bisa tetap optimal kinerjanya, penting juga untuk menjaga umur baterai dalam jangka panjang. Misalnya, ada baiknya kamu juga tidak main game atau nonton sambil mengecas supaya perangkat tidak cepat panas dan baterai tidak cepat bocor. Selain itu, cukup cas perangkat sampai di kisaran 80%–85%.

Nah, di Samsung Galaxy A03 Series telah dilengkapi dengan fitur baterai adaptif yang akan membatasi penggunaan baterai untuk aplikasi yang jarang kamu gunakan, jadi umur baterai bisa lebih awet. Kamu bisa mengaktifkan fitur baterai adaptif dengan cara berikut ini:

  • Masuk ke Pengaturan, lalu pilih Perawatan Perangkat dan Baterai
  • Setelah itu, pilih menu Baterai
  • Klik Pengaturan Baterai Lainnya
  • Lalu aktifkan baterai adaptif

 

Harga Samsung Galaxy A03

Samsung Electronics  meluncurkan 3 jenis hape sejutaan Samsung Galaxy A03 Series , yaitu Samsung Galaxy A03, Galaxy A03s, dan Galaxy A03 Core. Kamu bisa membeli Galaxy A03 Series di toko pnline ataupun toko retail. Berikut detail harga dan pilihan warna dari Galaxy A03 Series:

  • Galaxy A03 varian baru 4GB/128GB di harga Rp1.999.000 dengan pilihan warna Biru, Hitam, dan Merah. Juga tersedia varian 4GB/64GB di harga Rp1.799.000.
  • Galaxy A03s dengan varian 3GB/32GB di harga Rp1.599.000 dengan pilihan warna Biru dan Hitam.
  • Galaxy A03 Core dengan RAM 2GB dan memori 32GB di harga Rp1.249.000 dengan pilihan warna Biru dan Hitam.

Samsung pun menawarkan berbagai promo Awesome untuk pembelian Galaxy A03 Series di seluruh channel. Nikmati harga spesial untuk paket data Telkomsel sebesar 96GB selama 6 bulan, cicilan 0% untuk uang muka dan bebas biaya admin untuk pembelian menggunakan Samsung Financing dan Home Credit, serta voucher Grab senilai Rp61.000. Promo berlaku selama periode 20 Mei – 31 Juli 2022. Informasi lebih lanjut tentang Galaxy A03 Series bisa dilihat di www.samsung.com/id atau news.samsung.com/id.