Review OPPO Reno8 Z 5G, Kamera Kekinian Nyaman Untuk Harian

Review OPPO Reno8 Z 5GBelum lama ini OPPO baru saja memperkenalkan OPPO Reno8 series di Indonesia. Nah, model terakhir yang dirilis adalah OPPO Reno8 Z 5G.

Review OPPO Reno8 Z 5G

Ponsel ini Menghadirkan desain yang agak mirip dengan model lainnya, tapi dengan prosesor yang cukup bagus, yakni snapdragon prosesor Snapdragon 695 5G yang dipadukan dengan RAM 8 GB, plus memori internal 256 GB.

Desain

Secara desain OPPO Reno8 Z memiliki bahasa desain yang sama dengan OPPO Reno8 series. Tersedia dalam dua warna, yaitu Dawnlight Gold dan Starlight Black.

Dari produk yang kami pegang, Reno8 Z 5G sangat menarik perhatian dengan cover belakang berwarna Dawnlight Gold yang merupakan perpaduan warna gradasi berkilau tergantung dari pantulan sinar cahaya dan arah sudut pandang melihatnya.

Bodinya memiliki durabilitas yang cukup baik karena tahan terhadap goresan dan tidak mudah tertempel debu atau noda sidik jari. Namun begitu pada permukaan belakang terasa cukup licin ketika dipegang.

Beruntungnya OPPO menyediakan softcase dari paket penjualannya pada bagian belakang OPPO Reno8 Z 5G, yang bisa membuat tangan tidak licin saat dipegang dengan satu tangan.

Beralih pada sisi kiri bodinya tersedia slot kartu hybrid kartu SIM dan microSD dengan tombol volume yang disusun secara vertikal. Sementara pada bagian kanannya terdapat tombol Power.

review desain OPPO Reno8 Z 5G

Baca juga: Resmi! OPPO Reno8 5G dan OPPO Reno8 Mulai Dijual, Tawarkan Banyak Keuntungan!

Disebelah bawahnya, ada port jack audio 3,5mm, port USB Type-C, dan lubang speaker. Pada bagian belakangnya terdapat Dual Orbit Light yang mengeliling kamera belakangnya.

Beralih pada bodi belakang, Reno8 Z membawa 3 kamera yang diletakkan pada posisi yang unik.

Ada dua lingkaran besar ditata dalam posisi berdampingan atas bawah, sementara satu kamera lagi diletakkan di sisi kirinya, tepat di posisi bersebrangan dengan lampu flash LED.

Yang unik adalah pada Kamera besar tersebut tersedia notifikasi dual orbit light pada dua bezel kamera belakang.

Layar AMOLED

review layar OPPO Reno8 Z 5G

HP ini dibekali layar 6,43 inci jenis AMOLED. Layar ini memiliki resolusi Full HD+ (2400 x 1080 piksel) dengan refresh rate 60Hz. Ukurannya cukup memenuhi bagian depan dengan punch hole di bagian kiri atas yang menjadi lokasi kamera depan. Dengan layar dan teknologi didalamnya membuat ponsel ini dapat menampilkan konten dengan terang dan jernih.

Untuk interfacenya, OPPO Reno8 Z 5G membawa interface ColorOS 12.1 yang berjalan pada sistem operasi Android 12 OPPO juga menjanjikan update interface ke ColorOS 13 pada bulan Desember 2022 nanti.

Interface ini membawa banyak fitur seniut saja screenshot dengan 3 jari, translate dengan 3 jari, Dark Mode, App Cloner, dan Split Screen. Pada OPPO Reno8 Z 5G saya dapat mengambil screenshot hanya dengan melakukan swipe atau menyapu layar dari bagian atas ke bawah menggunakan gesture 3 jari.

Layar ini juga masih didukung dengan Widevine L1 yang dapat menampilkan video streaming dari Netflix dan Prime Video dengan kualitas tinggi atau HD (High Definition).

Selain itu OPPO juga membawa sensor biometrik fingerprint di dalam layarnya. Ketika dicoba memindai sidik jari pada layar terbilang sangat responsif.

Tiga Kamera Belakang 

OPPO Reno8 Z 5G hadir dengan dukungan tiga kamera belakang yang memiliki kombinasi kamera utama 64 MP, makro 2 MP, dan depth 2 MP. Sedangkan kamera depannya memiliki resolusi 16 MP.

HP ini juga dilengkapi dengan beberapa fitur fotografi yang disempurnakan dengan kecerdasan buatan. Beberapa fitur tersebut seperti AI Portrait Retouching dan Bokeh Flare Portrait. Selain itu ada juga fitur HDR, AI Palettes, AI Color Portrait, Night Mode, dan Extra HD yang memaksimalkan resolusi sampai 108 MP.

Hasil foto terlihat tajam, jernih, dan kaya warna. Sementara kecerdasan buatan atau Artificial Intelligece (AI) yang hadir pada aplikasi kamera bawaannya bisa memberikan sugesti Scene yang paling pas ketika membidik suatu obyek.

Untuk kamera depan dapat menghasilkan foto selfie yang baik dengan wajah yang mulus dan natural. Adapun fitur Bokeh Flare Portrait dapat diterapkan pada kamera depan dan belakang untuk menghasilkan foto dengan subyek yang terlihat jelas, namun latar belakang memiliki efek bokeh berpola bulat.

Pada hasil kamera depannya pun terdapat fitur AI Color Portrait dapat menghasilkan foto dengan subyek yang berwarna asli, namun latar belakangnya hitam putih.

Baca juga: Resmi Meluncur di Indonesia, Ini dia Harga OPPO Reno8 dan Reno8 5G

Performa Mumpuni

OPPO Reno8 Z 5G diperkuat chipset Qualcomm Snapdragon 695 5G. Chipset ini yang dibuat dari fabrikasi 6nm ini memiliki kecepatan Octa-Core 2,2 GHz.

Ponsel ini masih dikombinasikan dengan RAM 8 GB dan penyimpanan 256 GB, apabila kapasitas internalnya kurang, maka kita dapat menambahkan microSD pada slot yang disediakan.

HP ini masih dibekali fitur RAM Expansion yang dapat meminjam kapasitas kosong dari penyimpanan internal untuk menyediakan RAM Virtual dengan pilihan 2 GB, 3 GB, hingga 5 GB.

Didukung pula dengan GPU Adreno 619, sehingga Reno8 Z 5G diklaim OPPO mampu menghadirkan kinerja yang lancar untuk menjalankan aplikasi dan game secara multitasking.

Hasilnya Reno8 Z 5G dapat menjalankan berbagai aplikasi tersebut secara multitasking dengan lancar. Hal ini bisa terjadi memang berkat dukungan Qualcomm Snapdragon 695 dan kapasitas RAM utama yang besar ditambah kehadiran RAM Virtual.

Tak ketinggalan, beberapa game juga dapat dijalankan dengan lancar seperti Call of Duty Mobile atau Mobile Legends.

Baca juga: OPPO Buka Pre-Order Reno8 Pro 5G dan Reno8 Z 5G Tawarkan Banyak Keuntungan

Baterai SuperVOOC 33W

Untuk daya tahan baterai, Reno8 Z 5G ditunjang dengan baterai 4.500mAh, OPPO membawa chipset yang menggunakan daya secara efisien yang didalamnya terdapat Super Power Saving Mode. Ponsel ini juga memiliki teknologi pengisin daya SuperVOOC.

Sementara untuk pengisian daya SuperVOOC-nya ponsel ini menerapkan daya 33W, yang memungkinkan kita mengisi daya ponsel dari nol sampai 100% dalam kecepatan sekitar 1 jam 15 menit saja.

Harga

Baru Rp 7.999.000

Bodi

Dimensi 161.2 x 74.2 x 7.3 mm; Berat: 183 gram
Quality IPX4, dust and water resistant, RGB ring lights around the cameras (notifications, charging progress)

Layar

Jenis / Ukuran 6.4 inci FHD+ AMOLED.
Resolusi 1080 x 2400 pixels, 20:9 ratio (~409 ppi density)
OS Android 12, ColorOS 12

Kamera

Belakang 64 MP, f/1.7, 26mm (wide), PDAF 2 MP, f/2.4, (macro) 2 MP, f/2.4, (depth), Features LED flash, HDR, panorama
Depan 16 MP, f/2.4, 27mm (wide), 1.0µm
Video [email protected]

Performa

Prosesor / CPU Qualcomm SM6375 Snapdragon 695 5G (6 nm); Octa-core (2x2.2 GHz Kryo 660 Gold & 6x1.7 GHz Kryo 660 Silver); GPU Adreno 619
RAM / Memori 128GB 8GB RAM; UFS 2.2

Baterai

Kapasitas Li-Po 4500 mAh, non-removable; Fast charging 33W, 31% in 15 min, 100% in 63 min (advertised); Reverse charging; USB Power Delivery

Koneksi

Bluetooth 5.2, A2DP, LE, aptX HD
GPS Yes, with A-GPS, GLONASS, BDS, GALILEO, QZSS
NFC Yes
Jaringan 3G, 4G/LTE, 5G
REVIEW OVERVIEW
Desain
8.5
Layar
8.5
Performa
8.5
Baterai
8.5
Interface
9
Previous articleUnboxing OPPO Reno8 Z 5G – Hp Terbaru Harga Rp 6 Juta
Next articleXL Axiata dan Huawei Terapkan Teknologi Terbaru Perbesar Kapasitas Jaringan
oppo-reno8-z-5gSelain elegan, performa hp ini sangat lancar saat digunakan. Untuk itu kamu dapat menggunakan ponsel ini untuk kegiatan sehari-hari karena baterai yang irit. Begitu juga fitur kamera yang diberikannya sangat andal ketika digunakan dalam segala kondisi cahaya. Gimana cara mendapatkannya? OPPO Reno8 Z sudah bisa didapatkan secara online di seluruh jaringan e-commerce terkemuka Indonesia, secara offline dapat dibeli di OPPO Gallery, OPPO Store, dan partner retail resmi OPPO di seluruh Indonesia dengan harga Rp5.999.000,-