Review Asus ROG 6 : Hape Gaming Terbaik Saat ini, Siapa Berani Nantang!!

GadgetSquad.ID – “For Those Who Dare” slogan provokatif tersebut, terpatri apik di bodi belakang hape anyar yang saat ini mendarat mulus di meja redaksi GadgetSquad. Berbalut warna dasar hitam dengan rangka bodi yang kokoh, hape baru ini memang seakan menantang untuk digeber performanya.

Kenalin sob, ini dia ROG Phone 06, generasi penerus hape gaming andalan Asus. Seperti di ranah laptop, dalam pertarungan hape gaming, keluarga Asus ROG Phone memang punya reputasi mentereng. Tak heran pihak Asus tetap memproduksi lini ROG Phone, walau bisnis hape Asus tak secemerlang lini laptop-nya.

Kembali ke Asus ROG Phone 06, rilisnya hape gaming ini diharapkan bisa membawa berbagai keunggulan baru, yang membuat para gamer semakin jatuh cinta dengan lini ROG Phone. Tanpa panjang lebar lagi, saatnya GadgetSquad menjawab tantangan Asus ROG Phone 6.

Desain
Ada dua varian Asus ROG Phone 6 yang edar di Indonesia. Kedua tipe itu yakni varian ROG Phone 6 dan ROG Phone 6 Pro. Tim GadgetSquad sendiri akan mengulik Asus ROG Phone 6 “reguler”. Lanjut ya sob, saatnya kenalan lebih dekat dengan Asus ROG Phone 6.

Secara tampilan Asus ROG Phone 6 itu gak banyak perubahan ekstrem di banding saudara tua terdekatnya, seri ROG Phone 5. Tampilan fisik ROG Phone 6, tetap terlihat kokoh dan “ganteng”, dengan membawa identitas DNA hape gaming Asus yang punya desain ikonik.

Asus ROG Phone 6 tampil futuristik dengan desain mewah pada bagian depan maupun belakang. Khusus pada bagian belakang, terdapat layar sebesar 2 inci yang mampu menampilkan gambar atau warna RGB yang bisa kamu atur sendiri.

Selain slogan “For Those Who Dare”, di area belakang juga terpatri kalimat “Dare To Play”. Kedua slogan tersebut menurut GadgetSquad menambah “macho”, tampilan Asus ROG Phone 6. Masih di sektor belakang, kamu juga akan menjumpai lensa kamera utama yang tersusun apik.

Bodi hape ini terbuat dari bahan kaca yang kokoh karena dilindungi Gorilla Glass 3. Bodi Asus ROG Phone 6 punya total dimensi 173 x 77 x 10.3 mm dengan bobot 239 gram. Merujuk data tersebut, tampilan fisik hape ini memang terlihat bongsor, beruntung masih nyaman digenggam dengan satu tangan.

Yang perlu diperhatikan, karena bodi nya berlapis kaca, hape ini jadi sedikit licin saat digenggam dan mudah tertihat kotor oleh jejak sidik jari. Sadar akan kondisi itu, pihak Asus mengatasinya dengan menyertakan hard case iconik, khas ROG Phone dalam paket penjualan. Di area sisi-sisinya terdapat berbagai tombol dan port standar hape masa kini. Menariknya hape ini masih menyertakan, port jack oudio 3,5 mm.

Layar
Sebagai sebuah hape gaming, otomatis sektor layar menjadi salah satu teknologi paling penting dalam menggoda maupun memanjakan para gamer. Tak ingin mengecewakan konsumen, pihak Asus sudah menyiapkan amunisi mumpuni, agar ROG Phone 6 bisa menjadi “raja” di segmen hape gaming. Dari segi ukuran, Asus ROG Phone 6 sudah dibekali layar bergaris tengah 6,78 inci.

Ukuran layar yang diusung ROG Phone 6, menurut GadgetSquad sudah lebih dari cukup untuk mendukung aktivitas mobile gaming. Namun bukan hanya ukuran yang jadi daya tarik. Layar ROG Phone 6 semakin mentereng, lantaran display hape gaming ini mengunakan panel Super AMOLED. Selain itu, layar tersebut juga memiliki refresh rate 165Hz, 1B colors, dan touch-sampling rate hingga 750Hz. ROG Phone 6 memungkinkan pengguna untuk bisa mengatur tingkat kegegasan layar secara manual, mulai dari 60 Hz, 90 Hz, 120 Hz, 144 Hz, dan 165 Hz

Gak cuma itu saja, layar ROG Phone 6 dilindungi oleh Gorilla Glass Victus dan memiliki sertifikasi IPX4 sehingga lebih kuat dan tahan lama. Merujuk komposisi yang diusung, teknologi layar ROG Phone 6 memang terbilang mewah. Bagaimana kualitasnya saat diuji? Saat diuji, bisa dikatakan, kerja keras pihak Asus di sektor layar tidak mengkhianati hasil.

Layar hape ini bisa memberikan sajian visual yang memanjakan mata, apalagi untuk keperluan gaming. Tampilan layar sangat tajam dengan kecerahan begitu natural, ditambah tingkat responsivitas yang tinggi. Selain itu, gerakan yang tersaji secara visual di layar juga begitu halus. Secara umum semua teknologi kalas atas di area layar, berbanding lurus dengan kualitas yang dihasilkan

Performa
Bagi kamu pencinta gaming termasuk para gamer, tentu menjadi sebuah bencana saat asik sedang menuntaskan misi, tapi hape yang digunakan kinerjanya lemot sering leg. Tidak mau menghancurkan reputasi lini ROG Phone, yang dikenal sebagai dalah satu hape gaming papan atas. Asus ROG Phone 6 pun sudah dipersenjati dapur pacu yang terbilang gahar.

ROG Phone 6 dibekali dengan spesifikasi mesin yang sangat tinggi. Chipset yang digunakan adalah Snapdragon 8+ Gen 1 (4 nm), menggunakan RAM sebesar 12GB, dan memori internal 256GB. Spesifikasi mesin tersebut menghasilkan skor AnTuTu Benchmark sebesar 1110172 sekaligus menjadikan ROG Phone 6 sebagai smartphone paling powerful di dunia.

Gak cuma menawarkan performa yang tinggi, ROG Phone 6 juga dibekali fitur pendukung yang berguna saat bermain game. Contohnya saja sistem pendingin yang terintegrasi dengan baik. Di bagian dalam terdapat Boron Nitride untuk mendinginkan mesin, sedangkan pada bagian luar terdapat aksesoris AeroActive Cooler 6 yang juga berfungsi sebagai pendingin mesin.

Selama proses pengujian, terutama saat digeber main beberapa gim populer seperti CODM Mobile, FIFA 2022, hingga permain yang banyak menguras performa hape sepert Genshin impact, manuver Asus ROG Phone 6 bikin tim GadgetSquad “full senyum”. Yup, tim GadgetSquad full senyum, lantaran selama diuji main gim hape ini lancar jaya gak ada leg.

Saat diuji main gim dalam waktu cukup lama, sekitar lebih dari 1 jam, harus diakui bodi hape agak sedikit panas, Beruntung ROG phone sudah dibekali teknologi pendingin, yang membuat suhu hape bisa lebih adem. Lebih detail soal teknologi pendingin di ROG Phone 6, akan GadgetSquad ulas di bagian tersendiri.

Amunisi Gaming
Sebagai hape gaming, wajib hukumnya Asus ROG Phone 6 dibekali amunisi khusus yang bisa membawa nge-gim jaug lebih menyenangkan, dibanding smartphone biasa. Lalu apa saja amunisi khusus gaming, yang bisa kamu maksimallkan saat beraksi ditemani Asus ROG Phone 6? Dari hasil penelusuran, amunisi gaming yang ditawarkan ROG Phone 6 memang terbilang melimpah.

Salah satunya yang sudah sempat disinggung adalah fitur pendingin. ROG Phone 6 dibekali teknologi pendingin Thermoelectric AI Cooling System yang diklaim dapat mendinginkan chipset ponsel secara menyeluruh (360 derajat). Jika kamu nge-gim dalam waktu lama, hape ini bisa disematkan fasilitas AeroActive Cooler 6 yang menyertakan siste pendingin aktif bertenagakan AI.

Fitur gaming lainnya adalah tombol AirTrigger. Asus mengklaim bahwa fitur AirTrigger telah berevolusi, memberikan lebih banyak jenis kontrol dan kemudahan yang membuat pengalaman gaming semakin seru. Kini saat fitur AirTrigger aktif, kamu dapat menikmati motion control yang mendukung hingga sebanyak 10 gerakan yang berbeda.

Kamu bisa menggeser ponsel ke kiri dan kanan untuk bergerak, menggesernya ke depan, memiringkannya ke kiri, kanan, atas, dan bawah, serta merotasikannya ke kiri dan kanan dan mengguncangnya secara vertikal. Masing-masing gerakan ini bisa diatur untuk mengakses kontrol tombol pada layar.

Fitur pendukung lainnya di Asus ROG Phone 6 dan Asus ROG 6 Pro ini adalah spaker ganda, tiga mikrofon, audio spasial Dirac Virtuo, colokan audio 3,5 mm, tingkat ketahanan terhadap air dengan sertifikasi IP rating IPX4. Tidak hanya menggembor-gemborkan kekuatan hardware, ROG Phone 6 juga alami peningkatan dari sisi software.

Hape ini menghadirkan sistem operasi Android 12 out-of-the-box dengan antarmuka ROG UI. Tidak hanya menawarkan tampilan tema yang kental akan nuansa gaming, pengguna juga dapat membuat antarmuka ponsel ini tampil secara simpel dan terlihat seperti HP lain kebanyakan, menggunakan tema Classic ZenUI.

Tampilan-tampilan antarmuka di ROG Phone 6 sangat customizable dan menawarkan navigasi-navigasi praktis demi kenyamanan penggunaan. Selain itu, tersedia juga beragam fitur yang dapat meningkatkan pengalaman bermain gim, seperti Armoury Crate, sebuah portal gaming yang menyuguhkan antarmuka khusus untuk membuka gim kesukaan.

Baca Juga : Review Asus ROG Phone 5s : Masih Jadi Hape Gaming Kelas Wahid, Tapi!!!

Armoury Crate ini bisa dianggap setara dengan Steam. Bedanya, Armoury Crate tidak dapat digunakan untuk membeli gim. Armoury Crate menyediakan opsi penyetelan grafis, kontrol, refresh rate, dan sebagainya untuk masing-masing gim yang kamu pilih. Misalnya, kamu bisa mengatur gim tertentu (seperti PUBG Mobile, misalnya) untuk memiliki sensivitas slider yang lebih tinggi ketimbang gim lainnya.

Kamera
Jati diri semua seri Asus ROG Phone, termasuk seri ROG Phone 6 memang menjadi hape gaming. Hanya saja bukan berarti kamu tak bisa memaksimalkan hape ini, saat ingin memuaskan hasrat fotografi. Yup ROG Phone 6 tetap punya fitur kamera yang tak boleh dianggap remeh kualitasnya. Apalagi jika melihat amunisi yang diusung, hape ini termasuk dalam kategori flagship.

Untuk aspek fotografi ROG Phone 6, mengandalkan tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 50 MP (sensor Sony IMX766), kamera ultrawide 13 MP, dan kamera makro 5 MP. Tidak lupa, Asus turut menyematkan sebuah kamera selfie 12 MP dengan sensor Sony IMX663 untuk memenuhi kebutuhan foto selfie dan video call.

Komposisi yang ditawarkan terbilang menjanjikan. Ketika diuji, kualitas hasil bidikan kamera hape ini menurut GadgetSquad terbilang memuaskan. Dalam kondisi cahaya normal, baik kamera belakang maupun depan, hasil jepretannya sama-sama memanjakan mata. Hasil foto nampak tajam dengan saturasi warna yang terbilang natural, tingkat noisenya juga terbilang minim.

Sedangkan saat digeber mengambil onjek dalam kondisi minim cahaya, hasil bidikannya tidak terlalu istimewa namun masih dalam kategori baik. Agar hasil foto malam bisa lebih maksimal, serta variatif kamu bisa memanfaat berbagai menu tambahan salah satunya mode “light trail”. Fitur ini bisa kamu maksimalkan saat ingin, mengabadikan foto malam dengan sentuhan cahaya lampu yang ikonik.

Sedangkan pada sektor perekeman gambar bergerak. ROG Phone 6 dilengkapi HDR10+ yang mampu merekam video dengan kualitas [email protected], [email protected], [email protected], dan [email protected]

Hasil Foto Asus ROG Phone 6

Baterai
Sebagai smartphone yang ditujukan untuk kebutuhan gaming, ROG Phone 6 dibekali dengan baterai yang dijamin awet. Kapasitasnya adalah 6000mAh dan sudah mendukung teknologi fast charging 65W. Pihak produsen mengklaim smartphone ROG Phone 6 mampu mengisi penuh baterai hanya dalam waktu 42 menit saja. Kamu dijamin bakal puas banget bermain game menggunakan smartphone ini.

Serupa dengan pendahulunya, kedua smartphone gaming ini dilengkapi dengan dua lubang port charging, masing-masing terletak di sisi kiri dan bawah smartphone.

Kesimpulan
Ada pepatah “mempertahankan lebih sulit dari pada merebut”, nah hal menurut GadgetSquad berlaku bagi Asus ROG Phone 6. Yup, ROG Phone 6 bisa mempertahankan, kualitas hape gaming kelas atas yang selama ini sudah dipegang keluarga ROG Phone.

Tak sekedar menpertahankan, peningkatan berarti juga dibawa oleh ROG Phone 6. Salah satunya, ROG Phone 6 tidak gampang panas seperti pendahulunya. Performa dapur pacunya, juga membawa peningkatan signifikan.

Soal desain masih tetap menawan, bahkan semakin berkelas. Secara keseluruhan, apa yang diusung Asus ROG Phone 6, membuat hape gaming ini masih sulit untuk dicari lawan sebanding di kelas hape gaming.

REVIEW OVERVIEW
Desain
9
Layar
8.5
Performa
9
Baterai
8.5
Interface
8.5
Previous articleBidik Para Gamer, Tecno Pova Debut 17 Oktober, Begini spesifikasinya!!
Next articleBebas Ribet, Fitur ini Bikin Kamu Nyaman Beraktivitas Ditemani OPPO Enco Air2 Pro
review-asus-rog-6-hape-gaming-terbaik-saat-ini-siapa-berani-nantangAda pepatah “mempertahankan lebih sulit dari pada merebut”, nah hal menurut GadgetSquad berlaku bagi Asus ROG Phone 6. Yup, ROG Phone 6 bisa mempertahankan, kualitas hape gaming kelas atas yang selama ini sudah dipegang keluarga ROG Phone. Tak sekedar menpertahankan, peningkatan berarti juga dibawa oleh ROG Phone 6. Salah satunya, ROG Phone 6 tidak gampang panas seperti pendahulunya. Performa dapur pacunya, juga membawa peningkatan signifikan. Soal desain masih tetap menawan, bahkan semakin berkelas. Secara keseluruhan, apa yang diusung Asus ROG Phone 6, membuat hape gaming ini masih sulit untuk dicari lawan sebanding di kelas hape gaming.