Review Huawei FreeBuds SE : TWS Terjangkau Dengan Fitur Call Noise Cancelling

Huawei FreeBuds SE

Huawei cukup konsisten membawa produk wearable TWS nya ke pasar Indonesia, salah satunya adalah FreeBuds SE yang merupakan TWS terbaru Huawei yang dibanderol dengan harga terjangkau.

Dari segi tampilan perangkat ini mirip dengan seri sebelumnya. Tapi yang perlu dicatat adalah lewat TWS terbarunya ini, Huawei memperkenalkan fitur Call Noise Cancellation, penasaran ?! simak ulasannya berikut ini.

Desain 

Seperti yang kami sebutkan di awal, secara desain Huawei FreeBuds SE ini memiliki bentuk case yang mirip dengan generasi sebelumnya yakni, FreeBuds 3i. Case-nya berbentuk oval yang sangat ramping dan relatif kompak sehingga nyaman ketika dimasukkan ke kantong celana.

Huawei FreeBuds SE

Pada saat membuka tutup case dan mengambil serta meletakkan earbud kembali ke dalam case terasa sangat solid dan tidak terkesan ringkih. Huawei berikan magnet khusus sehingga ada efek ‘klik’ ketika earbud diletakkan di masing-masing posisi. Menurut kami hal kecil seperti ini adalah nilai jual yang patut diapresiasi, karena meski hadir dengan harga yang lebih murah, tapi tetap memberikan feel yang terasa premium. Sedangkan, material yang digunakan menggunakan bahan plastik polikarbonat dengan build quality nya yang cukup kokoh.

Baca juga: Huawei FreeBuds 3 Terbaru, Ini Keunggulan dan Harganya!

Desain earbuds juga senada dengan casingnya yang dilapisi tekstur glossy berwarna putih dengan sentuhan warna abu-abu di bagian eartips nya. Dengan model half in-ear, posisi earbuds tidak masuk hingga ke dalam lubang telinga tapi hanya menempel di sekitaran saja. Huawei berikan total tiga ukuran eartip yang dapat dipilih, sementara saya langsung cocok dengan eartip bawaan yang sudah terpasang.

Untuk pilihan warnanya hadir dengan dua varian warna yaitu, Distinct Blue yang menurut kami warna nya cukup unik dengan kombinasi hijau tosca dan White yang menampilkan kesan stylish dan elegan. Mengingat permukaannya glossy, kami menyarankan kepada pengguna agar hati-hati saat di genggaman tangan jika kondisi kulit sedang basah atau berminyak. Untuk pengguna yang tidak mau bodi case nya cepat kotor atau tergores, sangat disarankan sebaiknya mencari case pelindung.

Sedangkan di bagian depan bodi, terdapat LED indikator untuk petunjuk kapasitas baterai dan mode pairing. Port USB-C untuk charging terletak di bagian belakang, dan logo huawei ada di bagian atas atau cover penutup case. Di bagian dalam case terdapat satu tombol kecil untuk mengaktifkan proses pairing ke android ataupun ke iOS.

Konektivitas dan Kualitas Suara

Pada saat tutup casing dibuka, TWS ini langsung bisa terdeteksi di handphone Huawei yang secara otomatis akan memunculkan notifikasi untuk kemudian dilakukan pairing. Tapi jika pengguna ingin menyambungkan dengan perangkat lain, cukup hanya perlu menekan tombol kecil yang ada di bagian dalam case selama 2 detik untuk masuk ke mode pairing.

Berbicara soal kenyamanan pakai memang relatif, menurut kami TWS ini nyaman dipakai dan tidak mengganggu telinga. Selain itu, dengan berat setiap earbuds hanya 5,1 gram (earbud tunggal dengan eartip) yang cukup ringan, jadi lebih mudah dan nyaman ketika kami gunakan dalam waktu lama. Tapi kembali lagi, jika soal fitting pastinya setiap orang beda-beda.

Baca juga: Segera Rilis, Ini Dia Sederet Keunggulan TWS Huawei FreeBuds 4!!

Bagi anda yang sering beraktivitas di luar ruangan, Huawei FreeBuds SE sudah memiliki rating IPX4 yang artinya tahan cipratan air atau keringat. Pengoperasian TWS ini cukup mudah dengan model sentuh yang cukup presisi. Ketuk earbuds dua kali untuk stop dan memutar musik, atau menerima telepon masuk dan mengakhiri panggilan. Karena Earphone kiri (L) dan kanan (R) Huawei FreeBuds SE sama-sama memiliki mikrofon jadi bisa digunakan salah satu nya dengan fitur yang sama, misalnya untuk menerima atau mereject panggilan telepon.

Selanjutnya, untuk mengintegrasikan HUAWEI FreeBuds SE dengan smartphone dan perangkat lainnya juga sangat mudah. Pengguna hanya perlu menginstal AI Life yang bisa ditemukan secara gratis di Huawei App Gallery. Dari aplikasi tersebut, kita juga bisa lebih leluasa melakukan pengaturan agar TWS ini agar dapat menunjukan performanya dengan maksimal.

Bicara soal kualitas audionya sendiri, setelah mencoba TWS ini selama satu minggu, dengan beberapa lagu dari genre berbeda, hentakan suara bass nya cukup kuat dengan vokal yang terdengar jernih. Baik High, Mid, ataupun Low juga bisa terdengar dengan baik. Dengan dibekali sebuah driver powerful berukuran 10mm. Impresi awal kami saat mendengarkan musik menggunakan Huawei FreeBuds SE ini adalah karakter suaranya yang warm dan bass yang cukup mendalam walaupun bisa sekuat hentakan bass pada seri FreeBuds 4i yang tentu dibanderol dengan harga yang lebih mahal.

Fitur

Menariknya, Huawei FreeBuds SE ini dibekali dengan fitur Call Noise Cancellation yang mampu meredam suara dari kebisingan sekitar dengan tingkat akurasi yang tinggi. Tidak hanya itu, dengan dukungan teknologi beamforming mic ganda pada setiap earphone mampu membedakan suara target dari kebisingan sekitar.

Saat kami coba melakukan panggilan telepon di dalam kereta, fitur dari Call fitur noise cancelling ini cukup membantu mengusir suara sekitar. Walaupun masih sedikit terdengar suara noise yang masuk, hal tersebut sangat  bisa di maklumi mengingat harga TWS ini cukup terjangkau. 

Baterai

Soal daya tahan hidupnya, Huawei FreeBuds SE diklaim bisa tahan sampai 24 jam untuk pemutaran musik. Sedangkan masing-masing earbuds dengan daya yang terisi penuh dapat bertahan selama 6 jam pemutaran musik. Untuk pengisian daya case nya sudah didukung dengan fitur fast charging yang bisa mengisi daya dalam waktu Sekitar 1,5 jam untuk earbud (dalam wadah pengisi daya) dan 2 jam untuk casing pengisi daya (berkabel, tanpa earbud).

Kesimpulan

Dibanderol dengan harga Rp. 469,000 menurut kami TWS terbaru Huawei FreeBuds SE ini cocok dan bisa jadi rekomendasi bagi pengguna yang sedang mencari perangkat baru dengan model Half in-ear. Mulai dari desain yang cantik, kualitas audio yang cukup baik dan mampu menawarkan pengalaman menelepon lebih jernih berkat fitur Call Noise Cancellation.

Harga tersebut telah mendapatkan diskon sebesar Rp230.000 dari harga asli yaitu Rp699.000 Selama periode 18 Mei hingga 24 Mei 2022. Selama masa periode ini pelanggan dapat melakukan add to cart. Sementara itu, check out dapat dilakukan pada periode first sale dari 26 Mei sampai 6 Juni 2022 dengan penawaran casing gratis serta gratis Vidio VIP 1 bulan untuk 1000 pelanggan pertama.