Review Infinix XE20 : Debut TWS Perdana yang Menjanjikan

GadgetSquad.ID – Infinix menjadi salah satu vendor hape terbaru yang ikut meramaikan pasar perangkat AIoT di Tanah Air. Memulai debutnya di bisnis produk AIoT di Indonesia, Infinix resmi menghadirkan produk True Wireless Stereo (TWS), berlabel XE20.

Dalam peluncuran produk tersebut, Sergio Ticoalu, Country Marketing Manager Infinix Indonesia, mengungkapkan, bahwa sesuai dengan visi Infinix untuk meng-empower generasi muda, XE20 TWS hadir untuk menjadi opsi terbaik bagi anak muda dalam menunjang kreativitas tanpa batas mereka ke tingkat yang lebih tinggi.

Menurut GadgetSquad, keputusan Infinix merilis TWS untuk memulai debutnya di bisnis produk AIoT terbilang tepat. Pasalnya TWS saat ini memang sedang tren di Tanah AIr. Seperti apa kualitas Infinix XE20? Kebetulan TWS Infinix XE20 sudah mendarat mulus di meja redaksi GadgetSquad. Saatnya kita eksplor ketangguhan Infinix XE20

Desain
Dalam balutan warna dasar putuh, kotak penjualan Infinix XE20 mendarat di meja redaksi GadgetSquad. Secara tampilan, kotak penjualan TWS perdana Infinix ini terbilang tak jauh beda dengan kompetitor lainnya.

Ketika kotak penjual dibuka, mata ini langsung tertuju dengan desain casing Infinix XE20. Desain casing TWS ini punya rancang bangun oval, layaknya sebuah batu alam. ukuran casingnya terbilang mini, sehingga nyaman digenggam dan tak mengganggu mobilitas saat diletakkan dalam saku celana.

Infinix XE20 hadir dalam dua pilihan warna, yakni putih dan hitam seperti yang GadgetSquad uji. Material casingnya berbahan plastik padat dengan sentuhan glossy yang membuat tampilannya Infinix XE20 semakin mewah.

Secara tampilan luar, bisa dikatakan tampilan Infinix XE20 sangat menggoda dan kekinian. Kalau pun ada sisi minus, sentuhan glossy membuat bodi casing Infinix XE20 mudah kotor oleh sidik jari. Saat Infinix XE20 keluarkan dari casingnya, kamu akan mendapati sebuah TWS berdesain sangat ergonomis.

Infinix XE20 dibuat dengan konsep desain semi-in-ear. Desain semi-in-ear sendiri sejauh ini telah teruji dalam memberi pengalaman yang lebih maksimal. Hal tersebut lantaran, desain semi-in-ear dibentuk agar sesuai dengan lekukan alami telinga manusia dengan nyaman.

Sentuhan tangkai di bodi TWS ini, seakan menjadi pengunci yang membuat Infinix XE20 tak mudah lepas, saat tersemat ditelinga kamu. Bobot earphone yang ringan, membuat telinga tak cepat lelah jika harus menggunakan TWS perdana Infinix ini dalam waktu lama.

Kerennya lagi, perangkat ini pun telah dibekali dengan sertifikat IPX4 yang membuktikan bahwa telah tahan dari cipratan air dan keringat sehingga dapat digunakan juga untuk aktivitas olahraga santai, seperti walking, running, cycling, maupun jogging.

Mudah digunakan
Infinix XE20 mengusung teknologi Bluetooth 5.0, koneksi tersebut menurut GadgetSquad sudah sangat mumpuni. Saat di uji, proses singkronisasi Infinix XE20 ke perangkat lain, dalam hal ini smartphone juga terbilang cepat. Jika Bluetooth di hape sudah aktif, ketika casing dibuka secara otomatis proses singkronisasi dimulai.

Seperti produk TWS kekinian lainnya, berbagai menu tambahan yang membuat Infinix XE20 semakin mumpuni juga sudah tersemat. Seperti fitur gesture yang memungkinkan kamu, bisa mengontrol TWS ini hanya dengan sedikit sentuhan lembut.

Fitur gesture terdiri dari One Click, dapat digunakan untuk melanjutkan atau menghentikan musik yang sedang diputar. Gesture ini juga dapat digunakan untuk menjawab panggilan telepon. Sementara Double tap pada earphone bagian kanan dapat berpindah ke musik selanjutnya.

Sedangkan Long Tap selama 1 detik untuk menolak panggilan telepon atau mengaktifkan asisten suara. Terakhir, Long Tap selama 7 detik dapat mengaktifkan atau mematikan Infinix XE20. Bisa dibilang fitur gesture akan memudahkan pengguna untuk menjalankan fungsi tertentu secara cepat.

Kualitas Audio
Demi memanjakan konsumen dengan kualitas audio kelas wahid, TWS perdana Infinix ini sudah disematkan teknologi komponen Graphene Diaphragm. Teknologi Graphene Diaphragm, diklaim diklaim Infinix dapat menghasilkan suara yang jernih.

Klaim Infinix jika XE20 mampu menghasilkan suara yang jernih, ternyata bukan isapan jempol belaka. Saat GadgetSquad mengujinya dengan musik bergenre EDM, hentakan audio terdengar begitu jernih. Situasi serupa juga GadgetSquad rasakan saat menggeber TWS ini dengan alunan musik rock ala band cadas, “Rage Against the Machine”.

Suara sang front man Zack de la Rocha, terdengar begitu apik berpadu dengan raungan gitar Tom Morello dan personel lainnya. Tak sekedar kencang, Infinix XE20 mampu menghadirkan komposisi audio yang seimbang dan tentunya nyaman ditelinga.

Produk ini juga mempunyai latensi sangat rendah hanya 60ms saja sehingga pengguna dapat mendengarkan suara game, video, maupun musik streaming dari handphone secara lancar.

Baterai
Mengusung tagline #JelasOnTerus, Infinix mengklaim bahwa perangkat ini mampu bertahan selama seminggu dalam kondisi siaga di dalam charging case bawaan. Apabila digunakan untuk mendengarkan musik secara nonstop, maka earbud bagian kiri dan kanannya masing-masing dapat bertahan selama 4 jam.

Saat dimasukkan ke dalam charging case, earbud dapat terisi dari kondisi 0% ke 100% hanya dalam waktu 2 jam. Selama pengujian, klaim Infinix seputar daya tahan baterai XE20 bisa dikatakan tidak meleset.

Kesimpulan
Dipatok pada kisaran 200 ribuan, kehadiran Infinix XE20 sudah pasti menambah panas persaingan TWS di Tanah Air. Dari hasil pengujian yang dilakukan, menurut GadgetSquad TWS perdana dari Infinix ini mampu memberi pengalaman audio yang berkualitas.

Dengan segala kualitas yang dimiliki, menurut GadgetSquad Infinix XE20 tak akan sekedar numpang lewat dalam persaingan TWS di Tanah AIr. Infinix XE20 bisa menjadi pesaing tangguh bagi perangkat TWS lain direntang 200 ribuan!!!