Review Infinix ZERO 5G : “Rookie” Terbaik Hape 5G 3 Jutaan? Cocok Untuk Hari Raya

GadgetSquad.ID – Walau pandemi Covid-19 belum usai, akhirnya dengan berbagai syarat yang diberikan, pemerintah memberi lampu hijau bagi masyarakat untuk melakukan aktivitas mudik Idul Fitri tahun ini. Lalu apa hubungannya dengan aktivitas jual beli hape dengan mudik?

Jelas ada bro, jika melihat tradisi di Indonesia selama ini, biasanya bulan Ramadan yang disusul Idul Fitri, dijadikan salah satu momen bagi konsumen untuk meng-update hape lawas dengan produk baru. Dari hasil pantauan GadgetSquad, cukup banyak vendor merilis hape baru menyambut momen special tersebut, Infinix salah satunya.

Nggak main-main sob, Infinix menghadirkan hape 5G untuk konsumen yang ingin mencari hape baru di hari raya. Perkenalkan Sob, ini dia Infinix ZERO 5G. Mengusung label 5G, Infinix ZERO 5G tentu sangat menggoda. Tapi apakah hanya 5G yang jadi keunggulannya? Biar kamu nggak penasaran berikut review Infinix Zero 5G.

Desain
Apakah hanya 5G yang jadi keunggulan Infinix ZERO 5G? Menjadi hape 5G pertama dari keluarga besar Infinix, keistimewaan Zero 5G tak hanya dari teknologi komunikasi generasi kelima saja. Pihak vendor menggabungkan fashion dan fungsionalitas dalam mengembangkan Infinix ZERO 5G.

Itu artinya, selain 5G desain menjadi salah satu daya tarik Infinix ZERO 5G. Berbicara desain, Zero 5G dirancang dengan konsep “less is more” sebagai identitasnya. Rancang bangunnya, dikembangkan untuk terlihat dan terasa seperti hape masa depan.

Saat ditelusuri lebih jauh, konsep desain Uni-curve hape ini, membuat ZERO 5G nampak begitu ramping dengan lekuan bodi yang begitu estetik. Bodinya sendiri menggunakan material menyerupai kaca. Wah jadi licin dong saat digenggam?

Tenang sob, walau bodinya bermaterikan bahan menyerupai kaca, kamu akan tetap nyaman dan tak mudah terlepas genggaman tangan. Hal tersebut tak lepas dari, desain lekukan pada panel yang dibuat begitu ergonomis, serta rancang bangunnya yang menurut GadgetSquad begitu proporsional.

Infinix ZERO 5G terdiri dari tiga pihan warna, Cosmic Black, Skylight Orange dan Horizon Blue. Dalam eksplorasi kali ini, GadgetSquad berkesempatan mengulik versi Cosmic Black yang representasi sisi misterus, elegan serta keindahan galaksi jauh.

Hal lain yang menarik dari desain Infinix ZERO 5G, terletak pada penempatan lensa kamera. Tata letak kamera belakang, dibuat secara mulus menyatu dengan desain panel belakang perangkat, menghindari desain lekukan dan patahan agresif.

Secara umum, sektor desain hape ini mempu merefleksikan konsep tampilan dari identitas Infinix, yaitu pure and progressive. Satu lagi, keindahan tampilan Infinix menurut GadgetSquad bisa menambah sisi percaya diri, saat kamu menjadikannya sebagai tandem melewati keseruan Hari Raya.

Layar
Masih terkait soal tampilan, review infinix ZERO 5G berlanjut ke area layar. Konsep kece dari desain pure and progressive ala Infinix Zero 5G, nampak semakin berkelas berkat pemilihan layar yang tertanam di hape 5G ini. Hape ini digadang memberi pengalaman yang mulus, kala kamu berinteraksi dengan layar Infinix Zero 5G.

Berbicara spesifikasi, Infinix Zero 5G hadir dengan layar Ultra-Smooth 6.78. Layar tersebut memiliki refresh rate 120Hz dan touch sampling rate 240Hz menghadirkan pengalaman responsif. Komposisi teknologi layar yang ditawarkan Infinix Zero 5G, terbilang begitu menjanjikan.

Begitu GadgetSquad mengujinya, layar Infinix Zero 5G mampu memberikan sajian yang memanjakan mata. Selain itu, tampilan di layar juga terbilang impresif dengan respon yang begitu mulus ketika dieksplor.

Kamera
Jika boleh sedikit mundur ke belakang, dalam beberapa kali kesempatan mengekplor hape Infinix, GadgetSquad cukup terpukau dengan kualitas menu imaging yang ditawarkan vendor ini. Apakah serupa bakal GadgetSquad dapatkan, ketika mengeksplor kamera Infinix Zero 5G.

Sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya mengenal lebih dekat dengan komposisi kamera yang dimiliki Infinix Zero 5G. Hape 5G perdana dari Infinix ini, mencoba menggoda pelanggan dengan kamera utama 48MP, 13MP lensa portrait, 2MP optik virtual dan kamera depan 16MP.

Spesifikasi kamera yang diusung terbilang OK, tapi kecanggihan yang dimiliki menu imaging Infinix Zero 5G tak berbenti disitu. Demi memberikan pengalaman, serta kemudahan konsumen dalam berkreasi menghasilkan foto artistik, pihak vendor sudah memberikan berbagai menu tambahan.

Sebut saja fitur Golden Portrait focal section, yang serupa dengan lensa portrait profesional 50mm dan 2X optical zoom. Saat diuji, fitur ini mampu memberikan kedalaman tampilan gambar lebih dinamis. Ada juga fitur “Pro Night Style”.

Ketika GadgetSquad mengujinya, fitur “Pro Night Style” bisa dengan mudah menghasilkan berbagai kreasi foto malam yang artistik, layaknya fotografer pro. Eksploasi di sektor imaging masih berlanjut, kali ini giliran kemampuan zoom yang coba diuji.

Perlu diketahui, lensa utama 48MP dihape ini memiliki kemampuan zoom hingga 30X. Nah saat diuji, optik zoom tersebut, bisa menangkap objek dari kejauhan dengan detail sangat baik. Hal ini tentu memudahkan kamu, saat menangkap momen yang tidak biasanya terlihat, mendekatkan aksi, bahkan dari jarak yang jauh.

Bagaimana soal kemampuan lensa selfie Infinix Zero 5G? Kamera depan ZERO 5G sangat ideal untuk pecinta selfie, dilengkapi pencahayaan flash ganda dan teknologi artificial intelligence memungkinkan pengguna menangkap hasil terbaik di segala titik fokus, tanpa menghiraukan sudut dan kondisi pencahayaan.

Tak hanya mampu menghasilkan foto mumpuni, menu imaging Infinix Zero 5G juga bisa dihandalkan untuk memproduksi konten video. Selain fitur standar, menu video di hape ini juga memiliki kemampuan merekam gambar super slow-motion dengan 960FPS untuk momen spektakuler.

Super night mode

Hasil foto Infinix ZERO 5G

Super night mode
Normal
Zoom 1x normal
Modus normal
modus normal
Mode potrait/bokeh

Performa
Hape 5G perdana dari Infinix ini, selama pengujian menurut GadgetSquad mampu memberikan performa yang prima. Semua itu tidak lepas amunisi yang disiapkan Infinix ZERO 5G di sektor dapur pacu.

“Jeroan” dapur pacu Infini ZERO 5G dikomandoi chipset Dimensity 900 5G, yang dibangun dari arsitektur 6nm serta integrasi modem 5G New Radio (NR) sub-6GHz. Chipset tersebut, dilengkapi komputasi 8 inti terdiri dari, dua inti Arm Cortex-A78 berkecepatan 2.4GHz dan enam inti Arm Cortex-A55 cores 2GHz.

Penopang kinerjanya, rangkaian prosesor mendapat dukungan RAM 8G. ZERO 5G menghadirkan teknologi Extended RAM, sehingga hape ini dapat meningkatkan kapasitas RAM sebesar 5GB dalam satu klik – dari 8GB menjadi 13GB. Terdapat juga ruang penyimpanan data internal 128GB dan slot eksternal memory microSD.

Kamu dapat mengakses pengaturan Extended RAM pada bagian -”Storage”-“MemFusion”. Extended RAM adalah fitur sangat baik dan cocok bagi pengguna untuk memberikan daya ekstra mendorong ZERO 5G hingga batas maksimal.

Dari hasil pengukuran, Infinix ZERO 5G mencatatkan skor Antutu Benchmark 486,136 poin dengan layar 120Hz menyala sepanjang tes. Hal ini tentu sangat menjanjikan bagi para gamers.

GadgetSquad sendiri menguji ketangguhan dapur pacu hape ini dalam berbagai skenario, salah satunya digeber nge-gim secara stimultan.

Bisa dikatakan, skor yang muncul di Antutu Benchmark, berbanding lurus dimana kinerja hape ini memang mulus jadi tandem nge-gim, menunggu waktu berbuka.

Asiknya lagi, ZERO 5G dilengkapi teknologi HyperEngine 3.0, dimana chipset Dimensity 900 dapat membagikan koneksi perangkat tanpa mempengaruhi performa game.

Secara umum bisa dikatakan, ZERO 5G tak hanya cantik luarnya saja, namun juga memiliki performa yang bertenaga.

Koneksi 5G berkualitas
Dari awal sudah disinggung jika ZERO 5G sudah mengadopsi teknologi 5G. Pertanyaan seperti spesifikasi 5G yang diboyong hape ini? Apakah sudah kompartibel dengan koneksi 5G di Indonesia?

Merujuk data di kotak pembelian, tidak dijelaskan secara detail koneksi 5G di Infinix ZERO 5G, mengadopsi teknologi serta mampu bermanuver pada frekuensi berapa. Berdasarkan konfirmasi yang GadgetSquad dapat dari pihak Infinix, disebutkan koneksi 5G di ZERO 5G langsung aktif dengan koneksi 5G milik Telkomsel.

Namun perlu dicatat, pastikan terlebih dahulu sim card Telkomsel milik mu, sudah aktif fitur 5G-nya. Untuk mengaktikan sim card 5G tersebut, info lengkapnya bisa kamu lihat disitus resmi Tekkomsel.

Sebagai info, sejak tahun lalu walau masih terbatas di wilayah tertentu, sejauh ini setidaknya ada 3 operator di Indonesia yang sudah mengkomersilkan koneksi 5G. Ketiga operator tersebut adalah Telkomsel, XL Axiata dan Indosat Ooredoo Hutchison.

Terbaru, Smartfren kabarnya tahun ini, akan mulai menggelar layanan koneksi 5G secara terbatas. Nah, dalam paket pembelian Infinix ZERO 5G sendiri, sudah bundling dengan kartu perdana Smartfren.

Terlepas dari masalah teknologi maupun operator, dari pengalaman GadgetSquad menguji jaringan 5G. Harus diakui koneksi 5G memang memberi kenyaman tingkat tinggi, saat kamu melakukan berbagai aktivitas yang membutuhkan koneksi internet. Tidak ada delay, semuanya terasa realtime.

Satu hal yang perlu dicatat, chipset Dimensity 900 di ZERO 5G mampu menghadirkan fitur SIM 5G ganda. Artinya memungkinkan pengguna untuk menikmati akses internet tanpa batas dari kedua koneksi kapanpun dibutuhkan.

Keunggulan lainnya
Dari hasil review Infinix ZERO 5G, GadgetSquad mendapati jika hape ini tak hanya cantik dan powerful, namun software yang dimiliki juga sangat cerdas. Pengguna dapat menikmati pengalaman maksimal tanpa pengaturan rumit, ZERO 5G akan secara pintar memonitor, mengatur, dan menstabilkan performa.

Seperti menu Heat Pipe Thermal Module 2.0, fitur ini membuat ZERO 5G bisa memonitor temperaturnya sendiri, sehingga pengguna dapat secara imersif berlarut dalam sesi permainan yang lama tanpa khawatir overheating.

Hape ini sendiri, menggunakan platfrom bawaan Infinix, yakni XOS 10, berbasis Androi 11. Platfrom tersebut hadir dengan UI yang atraktif, membuat kamu betah beraktivitas dengan hape ini dalam waktu lama.

Baterai
Review Infinix ZERO 5G merangsek ke sektor daya tahan. Tak ingin membuat aktivitas kamu terganggu akibat baterai yang cepat habis, pihak vendor sudah membenamkan baterai 5000 mAh di bodi mulus Infinix ZERO 5G.

Memang bukan ukuran baterai yang terbesar, tapi untuk pemakaian normal kapasitas baterai 5000 mAh, sudah lebih dari cukup menopang aktivitas keseharian kamu. Hape ini mendukung pengisian cepat 33W.

ZERO 5G juga dilengkapi dengan teknologi pengaman TÜV Rheinland untuk mengoptimalkan dan mengamankan proses pengisian daya.

Berdasarkan hasil pengujian lab Infinix, hape ini bisa tahan 9,4 jam dalam bermain game, 27 hari siaga, 22 jam menelepon, dan 152 jam memutar musik. Data dari lab Infinix tersebut, tidak berbeda jauh dengan hasil pengujian yang dilakukan GadgetSquad.

Kesimpulan
Hadirnya Infinix ZERO 5G, tentu membuat ekosistem serta pilihan konsumen untuk membeli hape semakin beragam. Sebagai hape 5G perdana kreasi Infinix, apa yang diberikan ZERO 5G bisa membuatnya menjadi “bintang baru” dalam persaingan hape 5G di kelas menengah.

Dari hasil eksplorasi GadgetSquad, ZERO 5G terbilang hape 5G paket lengkap. Tak hanya mampu menyajikan keunggulan teknologi 5G, ZERO 5G juga punya fitur nan lengkap dengan performa mumpuni, dan semua itu dibungkus dalam desain hape yang begitu stlyish.

So! Jika lebaran nanti kamu ingin berganti hape lawas dengan ponsel 5G direntang 3 jutaan, Infinix ZERO 5G sangat layak menjadi salah satu target utama.

Soal harga dan ketersedian, ZERO 5G akan tersedia di Indonesia pada tanggal 7 April 2022 pada tahap First Sale eksklusif di Shopee dengan harga Rp3.399.000,-