Home News Review Infinix Zero X Pro : Tak Sekedar Jago Foto Bulan!!!

Review Infinix Zero X Pro : Tak Sekedar Jago Foto Bulan!!!

GadgetSquad.ID – Kamera memang masih menjadi salah satu fitur utama yang dicari konsumen saat mencari hape baru. Karenanya jangan heran dalam mengembangkan hape baru, vendor selalu memiliki perhatian khusus pada fitur kamera, seperti yang dilakukan Infinix kepada jagoan anyarnya.

Yup, Infinix baru saja merilis produk anyar berlabel “Zero X Pro”, dimana salah satu fitur andalannya yakni di sektor kamera. Pihak Infinix mengadang fitur kamera di seri Zero X Pro, mampu membidik keindahan langit di malam hari dengan apik. Bahkan kabarnya, bisa mengambil foto bulan dengan detail.

Jujur dengan segala promosi yang dilakukan pihak vendor, GadgetSquad manjadi sangat penasaran dengan kualitas imaging Infinix Zero X Pro. Nah tanpa banyak basi lagi, kebetulan Infinix Zero X Pro sudah berlabuh ke meja redaksi GadgetSquad. Cus, langsung aja kita ulik lebih dalam Infinix Zero X Pro.

Desain
Kamera memang menjadi daya tarik Infinix Zero X Pro, namun sebelum menyetuh fasilitas imaging. Daya tarik desain Infinix Zero X Pro juga begitu menggoda untuk dieksplor lebih jauh. “Mempesona” itulah satu kata yang terlintas saat pertama kali melihat dan menggenggam Infinix Zero X Pro.

Alih-alih merilis hape dengan bodi yang melengkung di setiap tepi dan sudut, Infinix Zero X Pro justru punya konsep desain kotak. Dari sektor ini sudah sangat terasa, penyegaran yang disajikan Infinix Zero X Pro kepada pada konsumen. Keindahan bodi Infinix Zero X Pro, semakin terasa saat mengeksplor bagian belakang.

Bodi belakang hape ini hadir dengan nuansa galaxy yang begitu furutistik. Perangkat ini memiliki tiga warna, yakni Nebula Black, Starry Silver dan Tuscany Brown. Setiap pilihan warna memiliki filosofinya masing-masing.

GadgetSquad sendiri menguji Infinix Zero X Pro dengan pilihan warna Nebula Black yang berkosep ‘Malam Berbintang’ yang terinspirasi oleh elemen terberat di luar angkasa.

Bodi belakang Infinix Zero X Neo berlapis material kaca dengan teknologi nanolitografi yang membuat rancang bangun hape ini begitu presisi. Masih di area belakang, selain tertanam logo Infinix di sudut bawah, kamu juga akan menemukan panel kamera yang menjadi salah satu senjata utama hape ini.

3 kamera tersusun apik dalam bingkai kotak, lengkap dengan lampu kilat LED. Sementara pada bagian sisinya terdapat berbagai tombol, port dan slot standar hape masa kini. Secara umum tampilan harus diakui sangat menggoda hati untuk mengenalnya lebih jauh.

Kalau pun ada sedikit sisi minus, karena pemilihan material kaca, bodi Infinix Zero X Pro jadi lebih licin saat digenggam dan mudah kotor oleh sidik jari.

Beruntung dalam kotak penjual disediakan soft case yang berguna melindungi bodi hape dari benturan, sekaligus menambah daya cengkram saat kamu menggegam hape ini

Layar
Tipis-tipis sob, sebelum mengulik kamera ada baiknya sektor layar Infinix Zero X Pro yang coba diukas terlebih dahulu. Hadir dengan layar tipe AMOLED, bergaris tengah 6,67 inci, menurut GadgetSquad kombinasi tersebut sudah lebih dari cukup untuk memanjakan mata.

Lebih detail soal layar, merujuk data yang ada display-nya sudah mendukung kontras warna 400000:1 dan kecerahan puncak 700nits. Tak cukup sampai disitu, tingkat sampling sentuh layar Infinix Zero X Pro mencapai 120Hz, plus kecepatan refresh 90Hz.

Saat diuji, semua teknologi yang tertanam di layar hape ini bekerja dengan baik. Ketika dicoba menonton video, maupun streaming film berkualitas HD, layarnya mampu memberikan sajian gambar yang nyata dan tajam. Saat GadgetSquad menguji dengan nge-gim dengan kualitas grafik tinggi, layar tetap tajam dengan tingan respon yang baik.

Selain itu hadirnya tampilan berkualitas tinggi dengan TÜV Rheinland Low Blue Light Certification Eyes Care, membuat hape ini memberikan 80% lebih sedikit cahaya biru dibandingkan kompetitor. Imbasnya memudahkan mata pengguna saat melihat layar hape, baik saat sedang di bawah sinar matahari maupun kegelapan malam.

Kamera
Ok biar kamu gak penasaran lagi, saatnya GadgetSquad menelusuri fitur imaging Infinix Zero X Pro. Pihak vendor mengklaim Infinix Zero X Pro, mampu menghadirkan keserbagunaan, kemudahan, dan kinerja yang dialami pengguna dengan kamera digital ke dalam kenyamanan perangkat smartphone

Untuk mewujudkan itu semua, hape ini dipersenjatai fitur kameranya dengan teknologi mutakhir. Ketangguhan menu imaging Infinix Zero X Pro, bertumpu kepada tiga kamera belakang dengan spesifikasi yang menjanjikan. Kamera utama Zero X Pro didukung lensa wide berkemampuan 108MP dengan fitur PDAF dan OIS.

Dua kamera lain masing-masing memiliki kemampuan 8MP lensa telephoto periskop dengan fitur PDAF, 5X optical Zoom, serta 8MP lensa ultrawide. Bagi GadgetSquad teknologi kamera tersebut sudah cukup menjanjikan. Bagaimana dengan kualitas?

mode normal

Untuk mengabadikan momen dengan cahaya normal hasil foto sangat memuaskan. Ujian sesungguhnya, ketika GadgetSquad mencoba berburu foto malam dengan cahaya minim, menggunakan Infinix Zero X Pro. Ternyata hasilnya tidak mengecewakan. Hape ini mampu menghasilkan foto berkualitas dalam kondisi cahaya minim.

mode bokeh

Kamera utama 108 MP jelas menawarkan kemampuan mengabadikan gambar dengan resolusi dan detail yang sangat baik. Lensa periskop moonshot 8MP yang diengkapi zoom optik 5X dan zoom hibrida 60X, plus lensa ultra-lebar & makro 120° FOV 2MP, juga bekerja apik dalam memberikan pengalaman fotografi yang lebih atraktif.

mode malam
mode malam

Asiknya lagi, fitur fotografi di hape ini juga memiliki menu tambahan yang lengkap. Salah satunya kemampuan hape ini dalam mengabadikan keindahan langit di malam hari, menggunakan “Mode Super Moon”.

mode super moon
mode super moon

Saat Mode Super Moon aktif, secara otomatis teknologi periskop moonshot 60X seri Zero x Pro dan Galileo Algorithm Engine langsung bekerja. Alhasil hape ini bisa mengambil foto jarak jauh dengan hasil yang begitu detail. Bahkan foto bulan pun bisa terekam dengan baik.

mode pro/manual

Untuk mengambil foto bulan yang menakjubkan, geser dari bawah ke atas pada antarmuka kamera, tekan zoom lebih dari 25 kali untuk memastikan bulan cukup besar di layar. Disarankan untuk memeriksa fase bulan sehingga kamu bisa mendapatkan bentuk yang bagus, seperti bulan sabit atau fullmoon.

Hal lain yang perlu diperhatikan gunakan tripod, untuk memastikan stabilisasi smartphone sehingga bulan terlihat tajam dan jernih. Jika semua sudah siap tinggal arahkan hape ke langit malam, ikon bulan akan ditampilkan di gambar yang merupakan tanda pasti bahwa kamera siap untuk mengambil foto.

Bagaimana hasil foto bulannya? Asal kamu bersabar dan memperhatikan teknis yang GadgetSquad infokan, foto bulan hasil bidikan Infinix Zero X Pro, tidak mengecewakan.
Sementara untuk keperluan selfie, kamera depan 16MP dengan fitur AR Shot, Super Night, Portrait Mode, dan menu keren standar kamera selfie masa kini.

Catatan lain yang Gadget temui saat menguji kamera Infinix Zero X Pro, yakni saat mencoba membuat konten video. Hadirnya sensor OIS, sangat berguna ketika digunakan untuk mengabadikan video. Goncangan atau getaran ketika mengambil video akan jauh berkurang dan terlihat lebih stabil.

Performa
Dari segi performa, Infinix Zero X Pro mengandalkan MediaTek Helio G95 yang hadir dengan fabrikasi 12 nm. Prosesor mencakup dua unit Gortex A76 (2.05 GHz) serta enam unit hemat daya Cortex A55 (2.0 GHz). Prosesornya mendapat dukungan RAM 8GB, berjenis LPDDR4x Dual Channel dengan frekuensi 2133 MHz.

Sedangkan pada memori internalnya, tersedia opsi kapasitas 128 GB dan 256 GB pada standar UFS 2.2. Anda pun dapat meningkatkan kapasitas penyimpanan ini dengan microSD pada slot eksternal hingga 512 GB. Sedangkan untuk keperluan grafis, dibekali GPU Mali G76 MC4.

Ponsel yang beroperasi pada XOS 7.6 berbasiskan Android 11 ini dapat meraih skor benchmark cukup tinggi, seperti yang dilansir dari nanoreview. Pada benchmark Geekbench 5, ponsel ini meraih 447 (single core) dan 1164 (multi-core). Sedangkan untuk pengujian AnTuTu v8.3.4, ponsel mendapatkan skor 305.602.

Pertanyaannya, apakah Infinix Zero X Pro mampu berikan performa mantab ketika di uji main gim online? Jika hanya untuk bermain PUGB Mobile atau gim sejenisnya, performa Infinix Zero X Pro tidak ada masalah, berjalan lancar jaya tanpa ada leg.

Fitur tambahan
Agar dapat menunjang aktivitas multimedia lebih baik terutama di sektor audio, Infinix Zero X Pro akhir dibekali dengan stereo speaker. Grille speakernya diletakkan di bawah, sedangkan earpiece di atas bezel dahi juga sekaligus berfungsi sebagai speaker kedua.

Selain tawarkan speaker ganda, ponsel ini juga dibekali dengan port 3.5mm jack audio port agar penggunanya tidak perlu lagi repot menyiapkan adapter saat mau mencolokkan earphone.

Untuk masalah keamanan, hape ini menaruh pemindai sidik jari di dalam layar, disandingkan dengan sensor biometrik Face Unlock. Sayang Infinix Zero X Pro yang GadgetSquad uji, belum mendukung 5G. Selebihnya, menu tambahan yang dijumpai di Infinix Zero X Pro gak berbeda jauh dengan kompetitor di level yang sama.

Baterai
Infinix Zero X Pro, hadir dengan baterai berkapasitas 4500 mAh. Menurut GadgetSquad kapasitas baterainya tidak terlalu besar, jadi disarankan bagi kamu yang aktif sebaiknya membawa powerbank sebagai energi cadangan.

Tapi kamu gak perlu takut mengisi baterai hape ini akan lama, pasalnya Infinix Zero X Pro sudah mendukung pengisian cepat 45W dan dilengkapi dengan TÜV Rheinland Safe Fast-Charge System. Alhasil perangkat pun disinyalir dapat meraih 40 persen dalam waktu 15 menit.

Kesimpulan
Keberanian Infinix menghadirkan Zero X Pro, menjadi bukti jika pabrikan yang satu ini masih konsisten dengan pasar hape di Tanah Air. Tak sekedar konsisten, Zero X Pro juga bukti Infinix berani memberikan sesuatu teknologi yang berbeda di banding kompetitor.

Contoh di sektor kamera. Kualitas kamera dengan sederet fitur pendukung yang berkelas dan inovatif, menjadikan menu imaging Zero X Pro, bisa membuat kompetitor ketar-ketir.

Selain itu, dari segi tampilan serta performa Infinix Zero X Pro, juga tidak dianggap remeh. Jika kamu memang sendang mencari hape di rentang 4 jutaan, Infinix Zero X Pro dengan segala daya tariknya, layak dijadikan salah satu kandidat